MENAMBANG TURTLECOIN DENGAN RX580 4GB

Artikel ini menulis tentang bagaimana cara menambang sebuah cripto coin bernama TURTLECOIN dengan menggunakan sebuah Kartu Grafis buatan AMD seri RX580 yang memiliki video memori hanya 4GB.

BACA

Pada suatu hari saya sedang melakukan cek perkembangan harga koin-koin alternatif yang menggunakan algoritma Cryptonight.

Artikel ini saya ketik sekitar bulan Pebruari 2021. Pada saat itu BITCOIN berada pada level 550 Juta Rupiah setiap 1 BTC. Sungguh pencapaian yang sangat tinggi. Pertama saya kenal BITCOIN, harganya masih sekitar 200 Juta, yakni ketika BTC sedang meroket pada akhir 2017 lalu.

Kali ini karena penasaran , maka saya juga cek berapakah harga koin-koin yang lainnya. Untuk melihat perkembangan konversi hasil tambang dengan GPU, maka saya melihat di 2 website ini: WHATTOMINE dan CRYPTUNIT.

Kalau Whattomine mengkalkulasikan hasil tambang dengan berbagai kartu grafis dengan berbagai Algoritma penambangan, sedangkan Cryptunit mengkalkulasikan hasil penambangan kartu grafis dan CPU dengan Algoritma Cryptonight saja. Cryptonight sendiri telah terpecah menjadi macam-macam algoritma turunan.

MELIHAT PELUANG VGA RX580 DI CRYPTUNIT.COM

Ketika kita masuk ke website Cryptunit.com, maka website meminta untuk memasukkan berapa Hashrate yang mampu keluar VGA ini.

Karena yang saya punya adalah kartu Grafis bertype RX580 dengan Memori Grafis sebesar 4GB, maka berarti Hashrate untuk Algo CN normal adalah sektar 800 hingga 900. Catatan: Kartu VGA masih belum di modif pada BIOS nya.

Jika seorang Miner ahli berhasil mengedit BIOS dari Kartu Grafisnya, maka tentu saja kemampuan Grafisnya akan naik hingga 50% dari rate yang telah Pabrik berikan.

Akan tetapi resikonya adalah jika ada kesalahan sedikit saja dalam setting maupun sistim pendingin, maka tentu saja kita akan kehilangan Kartu Grafis kesayangan kita.

Itulah kenapa Kartu grafis bekas mining selalu tidak laku di pasaran barang bekas. Tentu saja sang penjual yang curang selalu mengaku bahwa Kartu VGA nya bukan bekas mining, akan tetapi bekas GAME. Sungguh memalukan orang yang curang.

Kembali ke website peng-hitung laba tambang algo Cryptonight di cryptunit. Dengan memasukkan angka 900 pada kolom isian, maka setelah kita klik tombol Calculate akan kedapatan hasil sebagai berikut.

Koin TURTLECOIN kali ini lebih menjanjikan daripada koin HAVEN yang telah kita coba tambang beberapa hari lalu. Dengan Kartu Grafis yang sama, maka kita akan mendapatkan hasil yang berbeda jika algo yang kita pakai juga berbeda.

KEMBALI KE AWAL

BACA JUGA:

POWER SUPPLY MINER MENGGUNAKAN POWER SUPPLAY CCTV, APA BISA?

ERGO, KOIN YANG MELESAT 350% DALAM SEMINGGU

BERAPA TAGIHAN LISTRIK MINER SAYA SEBULAN?

MENELITI KOIN TURTLECOIN

Di dalam blog ini saya juga telah memberikan penjelasan soal cara memanfaatkan RX580 untuk mencangkul di penambangan digital. Link untuk itu bisa klik judul artikel di bawah sini:

Sedangkan untuk mengetahui banyak hal tentang koin jenis TURTLECOIN ini bisa membaca pada web officialnya di sini:

https://turtlecoin.lol/

MENELITI ALGO ARGON2 CHUKWA V2

Menurut cryptunit, algo Chukwa ini adalah

BACA JUGA: MENGGALI RAVENCOIN DENGAN RX580 4GB

DOWNLOAD SRBMINER

Silahkan memulai download scriptnya disini.

https://github.com/doktor83/SRBMiner-Multi/releases

kalau langsungan donlot bisa ambil DISINI. kalau yang tanpa pakai CPU bisa donlot DISINI.

Dengan menggunakan RX580 dan alat penambang menggunakan SRB Miner, maka kedapatan bisa hingga 21 kH/s tanpa modifikasi BIOS.

Andaikata BIOS di modif, maka kemungkinan akan lebih cepat lagi, akan tetapi kalor yang dihasilkan lebih panas dan membutuhkan sistim pendingin yang lebih baik. Dengan melakukan modifikasi BIOS, maka dimungkinkan akan bisa meningkatkan performa kartu grafis menjadi lebih cepat, walaupun berefek samping kalor yang dihasilkan akan cepat panas.

Kita harus memastikan suhu ruangan yang bagus untuk menerapkan miner ini dari kepanasan.

DOWNLOAD DENGAN XMRIG

Menurut official dari HEROMINERS, menambang di POOL mereka juga bisa menggunakan software yang bernama XMRIG. XMRIG konon bisa untuk Windows, Linux dan menggunakan CPU.

Berikut ini adalah link untuk donlot file software link nya DISINI

Untuk XMRIG saya belum berhasil menemukan script yang tepau untuk mining koin jenis TURTLECOIN ini. Terakhir saya mencoba masih berhasil kalau memakai CPU saja.

Jika ada waktu maka akan saya berikan contoh script nya ya?

BACA JUGA:

MENAMBANG EVOX COIN

MASARI DAN XMR STAK

MENAMBANG CONTENTCOIN

EKSKLUSI ANTIVIRUS

File hasil download hampir selalu dianggap sebagai virus oleh Windows Defender dan Antivirus. Karena itu, file hasil Download ini harus segera diungsikan ke sebuah Folder yang dikecualiakan / dieksklusi oleh Windows Defender maupun Antivirus untuk tidak diganggu.

Pada Artikel ini , semua file download yang berhubungan dengan Mining saya letakkan pada direktori C:\MINING. File yang ada di C:\USERS\nama_akun_anda\Download kita klik untuk di move ke drive C:\MINING tadi.

KEMBALI KE AWAL

PENAMBANGAN TURTLECOIN

UJICOBA MINER

CPU YANG KEPANASAN

Ketika miner berhasil bekerja, maka akan nampak laporan hasil kerja dari miner ini. Mulai dari informasi port, alamat pool, fitur mesin, nomer tugas hinggahasil yang kita dapat.

Secara default, miner ini akan memanfaatkan segala sumber daya komputer kita, termasuk Prosesor yang terlibat pada komputer kita.

Pada saat artikel ini saya ketik, Miner yang saya pakai adalah Miner dengan menggunakan sebuah KOmputer dengan Prosesor i5 generasi-4 yang memiliki 4 core prosesor.

Dari 4 prosesor yang ada di dalam 1 prosesor i5 saya, rupanya Software mengambil 1 buah prosesor saja untuk menjadi pekerja. Lumayan.

Akan tetapi permasalahannya adalah : terjadi lompatan panas yang sangat tinggi dalam prosesor. Buzzer pada komputer berderit-derit. Ini ada masalah dalam prosesor.

Setelah saya cek dengan Aplikasi Core Temp, maka saya mendapatkan informasi bahwa Prosesor sangat kepanasan karena bekerja 100% untuk memecahkan kode Algoritma jenis Argon2Chukwa ini.

Ini tidak baik.

Sebagai solusi, maka dengan terpaksa saya harus mendisable CPU saya. Murni menggunakan “cangkul” dari Kartu Grafis.

EDIT SCRIPT UNTUK MENDISABLE CPU

Menurut manualnya dari Official SRBMiner ini, maka untuk mendisable CPU, kita harus menambahkan sebuah script dalam file cmd nya untuk tujuan mendisable pemakaian CPU.

Caranya adalah: kita masuk ke Folder C:\MINING tadi

BERANGKAT LAGI

KEMBALI KE AWAL

CEK HASIL MINING

MELIHAT POOL TURTLECOIN DI HEROMINERS

BACA JUGA:

BERAPA HASHRATE VGA RX560 4GB MILIK ANDA?

MENCOBA UPLEXA COIN DENGAN RX580 4GB

MENAMBANG ERGO DENGAN VGA CARD LAWAS APA MASIH BISA?

GNTL COIN CANGKUL DENGAN RX580 4GB

MELIHAT STATISTIK MESIN TAMBANG

MENAMBANG TURTLECOIN DENGAN RX580 4GB

HASIL PENAMBANGAN SETELAH 12 JAM

Betulkah mesin miner kita bekerja? untuk melihatnya, usahakan setiap 6 jam sekali untuk melihat perkembangan mesin kita. Kawatirkan apabila kita tidak begitu mengawasi, maka kita akan kehilangan peluang. Jangan- jangan ketika kita sedang tidak ada dalam ruangan, mesin minernya mati?

Nah berikut ini adalah gambar ketika miner kita bekerja setelah 15 jam.

MENAMBANG TURTLECOIN DENGAN RX580 4GB
MENAMBANG TURTLECOIN DENGAN RX580 4GB

Penjelasan dalam gambar ini bahwa miner kita telah bekerja dengan baik 12 jam kebelakang.

Anda telah mendapatkan 18939 TRTL atau setara 0,98 USD. Akan tetapi angka ini belum bisa dikirim ke wallet karena anda telah mensetting ini ke angka 20000 TRTL. Total paid masih 0 karena koin yang kita dapat masih bawah angka setting.

SETTING NILAI MINIMAL PAYOUT

Kok 20000 TRTL? Memang tidak bisa di custom ya? Jawabnya adalah: BISA. Kita bisa melakukan custom setting untuk angka minimal Payout untuk koin yang telah kita tambang.

Pada Dashboard POOL, kita masuk ke menu SETTINGS> SETTINGS> Carilah tulisan MINIMUM PAYOUT> dan isikan dengan angka yang anda inginkan.

Pada artikel ini ceritanya saya ubah ke angka 20000TRTL atau setara hampir 1 USD.

Kita juga mendapatkan fitur untuk informasi pengiriman koin ke wallet kita melalui Email yang kita miliki.

BETULKAH POOL SETOR

Setelah Miner ini bekerja 18 jam, maka saya mencoba untuk lakukan cek lagi, apa benar sudah tercapai angka 20000 TRTL.

Dan benar, POOL melaporkan bahwa ia telah melakukan pengiriman koin hasil mencangkul ini senilai 21000 TRTL pada pukul 10.22 pagi.

POOL juga menyertakan bukti transaksi atau kwitansi digital. Ini bisa menjadi barang bukti atau resi digital ketika POOL mengirim koin ke wallet di Exchanger yang saya miliki ( di TRADEOGRE ).

MENAMBANG TURTLECOIN DENGAN RX580 4GB

CEK HASIL KIRIMAN DI TRADEOGRE

Untuk membuktikan apakah benar koin ini terkirim ke wallet, maka kita bisa membuka wallet kita yang tersediakan pada TradeOgre.

Setelah kita LOGIN, maka kita bisa melihat di menu DEPOSIT HISTORY.

MENAMBANG TURTLECOIN DENGAN RX580 4GB
MENAMBANG TURTLECOIN DENGAN RX580 4GB

Di halaman ini menyebutkan bahwa ada kiriman masuk dari luar pada waktu yang sama, yakni sekitar pukul 10.23 AM dengan nilai 21000 TRTL.

Di situ juga terlihat nomer kwitansi atas transaksi pengiriman, identik dengan nomer transaksi yang berasal dari POOL.

Bahwa status konfirmasinya adalah masih PENDING, karena masih terkonfirmasi 101 dari total 150 konfirmasi. Biasanya tidak seberapa lama akan terkorfirmasi seluruhnya dan kita bisa menikmati koin hasil penambangan ini.

Informasi terakhir ketika artikel ini saya tulis adalah kiriman telah terkonfirmasi penuh pada pukul 11.35. Jadi kita harus menunggu sekitar 72 menit untuk menerima dengan penuh kiriman koin ini.

Selanjutnya koin ini bisa kita tukar dengan koin lain ataupun kita jual menjadi uang, tentunya dengan beberapa proses.

KESIMPULAN MENAMBANG TURTLECOIN DENGAN RX580 4GB

Menambang koin jenis TURTLECOIN lebih potensial dari koin jenis cryptonight lainnya pada waktu- waktu ini. Akan tetpi ia terus bergerak harga USD nya. Jadi memerlukan kecermatan dalam melihat peluang koin-koin yang bisa ditambang dengan menggunakan kartu grafis RX580 ini.

Seorang miner yang professional selalu mengikuti pergerakan nilai koin koin untuk ditambang. Karena mereka memiliki kartu grafis yang lebih mempuni dari pada RX580.

Awas panas. Karena kalau saya perhatikan, dengan kipas yang memutar maksimal, suhu dari VGA masih menunjukkan angka 63°C. Jika terus dibiarkan dalam jangka panjang, maka bukan tidak mungkin akan terjadi artifact pada layar monitor anda karena ada yang cacat pada isi dalam chipset kartu grafis ini.

BACA JUGA:

MENAMBANG CONCEAL

MENAMBANG HAVEN PROTOCOL

MENCOBA BITTUBECASH

BACA LAGI

yohan Indrawijaya

Share

3 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment