KLONING POWER BTL AKAI 600 WATT

Kali ini saya menulis tentang rancangan sebuah Power lawas bergaya BTL yang saya ambil dari Power merk AKAI AAV1030 55V dengan nama KLONING POWER BTL AKAI.

Daya keluaran adalah 600 watt pada mode BTL dengan dasar transistor Final yang terpasang adalah 4 pasang transistor buatan TOSHIBA yang masing masing adalah 2 pasang di setiap kanalnya.

Dengan tegangan supplai 55VDC, maka harapannya power ini akan menghasilkan daya audio sebesar 272 Watt setiap kanal atau 550 Watt mode BTL beban 8 Ohm.

SKEMA

Berikut adalah skema KLONING POWER BTL AKAI yang merupakan Power kembar dan menjadi mode BTL untuk mencapai daya output 4 kali lebih besar.

skema KLONING POWER BTL AKAI

Jika kita melihat skema di atas, maka penentu sinyal BTL adalah sebuah transistor yang terpasang di awal rangkaian, yaitu Q21.

Sinyal untuk kanal pertama menggunakan input yang berasal dari kolektor Q21, sedangkan Power Amplifier kanal kedua menggunakan input yang berasal dari emitor Q21.

2 sinyal yang berasal dari kolektor dan emitor ini adalah saling berselisih 180 derajat.

Pada skema ada tertulis 2Sc2457. Namun anda bisa menggantinya dengan transistor andalan anda seperti C945,C2240,C829 dan lainnya berjenis NPN kemasan TO-92.

Blok rangkaian ini adalah mulai dari Preamplifier, Penguat tegangan sinyal ganda, Driver Amplifier dan terakhir adalah Final Power.

Anda bisa menaikkan kepekaan rangkaian ini dengan menurunkan nilai resistor input ke Ground yang terhubung seri dengan elco pada basis transistor preamplifier ( R10 dan R32 ).

Resistor penentu DCO ( R6 dan R7, R28 dan R29 ) nilainya tidak ada di pasaran. anda bisa menggantinya dengan melakukan seri R2K7 dengan R150 Ohm.

Pada rangkaian ini tidak menggunakan fitur Servo Driver.

LAYOUT

Berikut adalah layout dari Power BTL kloningan AKAI AA1030.

PCB KLONING POWER BTL AKAI

Semua Elco menggunakan tegangan kerja 50VDC.

Gunakan pendingin 20cm dan usahakan memakai pendingin tebal untuk mempercepat pendinginan transistor anda.

CATATAN

PCB power amplifier ini telah tersedia di toko online

BLOGSPOT skema AKAI LIHAT SINI.

Skema audio merk AKAI lainnya BACA SINI. Atau lihat di SKEMAYOHAN.

Skema AKAI AAV1100 SINI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment