KLONING POWER QUASI BTL ROTEL

Skema sederhana dari ROTEL 610Q bisa kita jadikan Kloning Power Quasi BTL dengan melakukan beberapa sentuhan menggunakan software dan praktek di meja kerja.

Saya melakukan kloning untuk powre ROTEL 610 ini dan selanjutnya saya beri nama 610Q karena rangkaian ini menggunakan teknik Quasi, yakni hanya menggunakan transistor sejenis pada blok Transistor Final Power.

SKEMA

Skema asli rangkaian Power ROTEL 610 ini anda bisa cari di dalam artikel saya yang lain.

Pada skema aslinya, transistor Final Power menggunakan nomer 2Sc1030 yang memiliki kemampuan power hingga 50 Watt (DATASHEETS).

Transistor ini berbentuk jengkol TO-3.

Namun dalam kloningan power ini saya bikin menggunakan transistor pasangan nomer 2SC5200 / 2SA1943 yang terkenal di negeri kita.

Sepasang transistor ini memiliki kemampuan daya hingga 150 Watt.

Rancangan kali ini adalah kita menggunakan 2 pasang Transistor power untuk satu kanal dan menjadi total 4 pasang transistor pada mode BTL.

skema KLONING POWER QUASI BTL rotel

Rangkaian power ini telah terlengkapi dengan fitur Servo driver, yakni transistor yang bertugas untuk membatasi arus idle bagi transistor FInal Power pada saat Ready.

LAYOUT

Berikut ini adalah hasil layout PCB pada kloning Power Quasi BTL merk ROTEL ala Yohan From Indonesia.

PCB KLONING POWER QUASI BTL rotel

PCB ini memerlukan lebar 20cm dan ini pas untuk menempel pada pada pendingin 20cm yang umum beredar di toko elektro di kota anda maupun toko online.

Untuk hasil optimal, gunakanlah pendingin dengan tebal lebih dari 2mm agar kerja power kloning anda lebih stabil.

3D

Penampakan Power akan seperti gambar di bawah ini.

3d KLONING POWER QUASI BTL rotel

Dengan PCB berisikan komponen padat, maka anda tidak memerlukan PCB yang terlalu lebar untuk menghasilkan Audio dengan Power Output besar.

Semisal anda melakukan kloning pada rangkaian ini, maka anda paling tidak akan mengeluarkan biaya untuk membeli 4 pasang transistor Final yang biayanya hampir separuh dari modul power ini.

CATATAN

X

Skema ROTEL lainnya CEK SINI.

Skema ROTEL di blog YOHAN yang lainnya DI SINI.

ROTEL dalam SKEMAYOHAN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment