AMPLI SANKEN NPN 2SC XXXX SAJA

Ini hanya skema ikon. Skema yang lebih jelas ada di dalam tulisan ini

Sebenarnya membikin ampli hanya bermodalkan transistor SANKEN NPN saja sebagai transistor Final adalah bisa karena banyak produsen Ampli di dunia membikin skema seperti judul di atas.

Seorang penghobi elektronika yang baru berkecimpung dalam dunia ampli pasti mengalami kasus Transistor finalnya terbakar pada sisi PNP saja atau NPN saja , sehingga pasangan transistor final satunya yang NPN/PNP akhirnya tidak bisa terpakai.

Di beberapa toko elektro biasanya menjual Transistor Final yang asli biasanya dalam bentuk satu pasang, yakni sebuah transistor 2SC dengan 2SA, maupun 2SD dengan 2SB, yang membuat si audiophiller ini kesulitan mencarikan pasangan transistornya yang terbakar tadi.

Di Indonesia, merk transistor Final untuk audio yang terkenal antara lain:

  1. TOSHIBA
  2. SANKEN
  3. SGS-THOMSON
  4. MOTOROLA

Transistor buatan TOSHIBA lebih terkenal di dunia power amplifier Indonesia karena mampu melayani tegangan catu daya lebih dari 75Volt.

SANKEN terkenal juga karena suara yang mereka hasilkan konon katanya lebih halus menurut beberapa audiophiller. Akan tetapi untuk pernyataan ini perlu di perdebatkan karena bagaimanapun juga hasil akhir sebuah tata suara adalah pada speakernya.

SGS-THOMSON termasuk produsen chip audio dan transistor audio paling laris di dunia. Sementara audiophiller Indonesia menyebut transistor Final buatan SGS-THOMSON ini dengan nama “ST” saja.

Kebanyakan transistor jengkol ( TO-3 )buatan ST yang beredar di Indonesia adalah buatan negeri tetangga Malaysia meskipun ada juga yang fanatik dengan transistor jengkol buatan ST Mexico.

Transistor buatan MOTOROLA yang terkenal di Indonesia adalah Transistor Jengkol dengan nomer MJ150xx.

CONTOH AMPLIFIER SANKEN NPN SAJA

Berikut ini adalah contoh skema Amplifier Buatan SWR yang produksi sekitar era 2000 awal yang hanya menggunakan Transistor Final NPN saja, yakni nomer 2SC3264.

SWR2000 adalah salah satu ampli dengan menggunakan SANKEN NPN saja

Rangkaian ini menggunakan Power Supplay simetris 75VDC dengan 2 pasang transistor buatan SANKEN type NPN. Akan tetapi setiap pasang menggunakan type transistor sejenis.

Pada sisi catu daya negatif, Transistor mengambil sinyal dari kolektor transistor driver yang telah terhubung ke catu negatif via R22 yang bernilai 100 Ohm.

Sementara fungsi transistor yang lainnya adalah normal normal saja, seperti Diff Amp, VAS, OCP, Servo bias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment