JASAD UTUH MILIK KAUM TERTENTU?

Oleh: Yohan Indrawijaya

Jasad Utuh selalu dikaitkan dengan urusan mistik, walaupun kenyatannya penjelasan ilmiahnya tidak ada dan tidak begitu jelas…..

Pada tahun 2011, ada acara perluasan makam sunan Bonang. Pada saat pembongkaran makam. Ada ketahuan 2 jasad yang masih utuh. Jasad diketahui bernama Muzakir dan Sukran. Mereka bersaudara.

KENAPA JASAD UTUH SELALU DIKAITKAN DENGAN URUSAN MISTIK?

“Amalan Muzakkir memang bagus semasa hidup. Dia adalah guru mengaji” kata Abdul Muchid, kuncen makam Sunan Bonang.

MAKAN SUNAN BEJAGUNG KIDUL
GAmbar milik: laduni.id

Pada tahun 25 Agustus 2013, terjadi pembongkaran makam di area pemakaman Syeikh Asy’ary  atau Sunan Bejagung Lor, yang berada di desa Bejagung, kec. Semanding, Kab. Tuban. Tujuan pembongkaran adalah untuk perluasan area masjid. Dari beberapa jasad yang di bongkar untuk dipindah, diketahui ada 2 jasad utuh termasuk kain kafannya, salah satunya adalah jasad yang bernama Siti Masrinah. Tidak ada yang lapuk dan robek pada kain kafan jenazah ini.

Siti Masrinah terlahir pada 10 Maret 1913 dan wafat pada 8 November 1994. Karena makam dibongkar pada tahun 2013, maka bisa dihitung kalau jasad ini telah berusia 19 tahun.

Siti Masrinah ini isteri dari RS Sumodiharjo ( 25-02-1904 s/d 16-01-1994 ). Berarti Siti menyusul sang suaminya setelah 10 bulan kemudian.

“Cerita dari keluarga jenazah, dia ( Siti) orang baik” kata Muas Musawwa, salah satu tokoh agama setempat.

JASAD UTUH PARA TOKOH AGAMA ISLAM

 Bagaimana dengan para tokoh tokoh Islam?

Mari kita baca. Banyak sekali serita orang orang alim, orang suci dan tokoh tokoh agama yang meninggal dalam keadaan khusnul khotimah ( berakhir dengan kebaikan ). Berikut ini penulis sampaikan siapa saja para ahli kubur yang jasadnya kedapatan masih utuh ketika terjadi pembongkaran makam maupun kerusakan makam.

1. Khalifah Umar bin Khattab RA. Dalam kitab sejarah maupun kitab hadist al Bukhari disebutkan bahwa Sayyina Umar meninggal karena ditusuk oleh musuh islam. Pada masa Khalifah Walid bin Abdul Malik (berkuasa antara 705M – 715M) , ada sebuah permasalahan yakni ambrolnya dinding komplek pemakaman Rosululloh SAW. Diketahui ada kaki dari sebuah jasad yang nongol kelihatan. Semula dikira itu adalah jasad Rosululloh, akan tetapi setelah diteliti ternyata itu adalah jasad Sayyidina Umar bin Khattab.

sumber sejarah: hadist bukhari

2. Abdullah bin Amr. Ketahuan masih utuh karena seorang teman merasa tidak enak kepada Sohabat Abdullah ini karena beliau si ahli kubur ini dikubur bersama sama dengan para korban Perang Uhud. Karena merasa tidak enak, maka dibongkarlah makam masal ini. Jasad Abdullah bin Amr masih utuh dan dipindahkan ke makam yang lebih baik. Sumber: (HR Bukhari).

Beberapa sumber mengatakan bahwa Abdullah meminta kepada ALLAH jika kelak dia mati karena perang, meminta untuk dihidupkan lagi. Tapi karena Allah sudah putuskan bahwa “yang telah mati tidak akan kembali lagi ke dunia”, maka Abdullah minta agar “keadaannya dikabarkan kepada orang orang yang ada dibelakangku” ( mungkin ia ingin jasadnya masih bisa dipersaksikan orang sesudah ia wafat). 

3. Amru bin Jamuh. Diketahui masih utuh pada 46 tahun kemudian. Dalam riwayat Imam Malik ( Imam Malik terlahir tahun 711 dan wafat pada 795M), diceritakan jika posisi tangan si ahli kubur semacam menutupi luka akibat tusukan. Ketika tangan itu diluruskan, selalu saja tangan itu kembali ke posisi menutupi luka.

4. Prof.DR. As Sayyid Muhammad al Maliki. Sayyid Muhammad adalah ulama terkenal di Saudi Arabiya. Beliau lahir pada 1944 dan wafat pada 29 oktober 2004. Ketahuan jasad masih utuh karena akan dipindah ke tempat lain oleh pemerintah KSA setahun kemudian. Karena masih utuh tidak jadi dipindah. 2 tahun kemudian dibongkar lagi tetapi masih utuh. Setelah 5 tahun dibongkar lagi tapi masih utuh juga. Akhirnya diputuskan untuk tidak dibongkar lagi. (Sumber: Al Habib Segaf bin Hasan baharuan, Ponpes Daarul Lughah wad Da’wah, Bangil, Jatim)

jasad utuh tokoh islam al indunisiya

5. Syeikh Imam Nawawi al-Jawi al-Bantani. Ulama top dari Banten Indonesia dengan nama Abu Abdul Mu’thi Muhammad Nawawi bin ‘Umar bin Arabi al-Jawi al-Bantani , ini lahir pada 1813 dan wafat pada tahun 1898. Beliau pengajar di Masjidil Haram hingga akhir hayat.Jasad Imam Nawawi diketahui masih utuh tatkala 3 tahun setelah meninggalnya beliau, peraturan kerajaan menyebutkan tulang belulang penghuni kubur harus dipindahkan untuk dicampur dengan jasad yang lainnya demi efisiensi pemakaman. Karena jasad masih utuh dan dirasa ini adalah bukan sembarang personal, maka diputuskan makam sang Imam di biarkan saja tidak dipindah.

Dan masih banyak sumber lain dari negara negara islam lainnya yang penulis tidak sampaikan.

Seorang teman, panggil saja cak Prul bertanya,”Berarti para Kyai / Ulama yang jasadnya tinggal balung itu tidak bisa masuk sorga ya? Kan tidak bisa lebur dengan tanah?”. Disitu saya cuma tersenyum sambil menjawab

“Itu urusan Gusti ALLAH, cak”. “Lebur apa tidak, awet apa tidak, yang penting kita bisa memetik hikmah dikejadian itu. Toh yang ketahuan ini kan pada saat pembongkaran makam. Lagian, ngapain kita harus bongkar makam yang gak ada alasannya terus kita pingin membuktikan orang ini saleh apa tidak dengan bongkar makam? Kayak gak ada acara lain aja”.

 6. KH Abdullah Mukmin. Kyai ini tinggal di Kampung Blenduk, batu Ceper, Tangerang. Lahir pada 16 des 1919 dan wafat pada 22 oktober 1983. Diketahui jasadnya masih utuh tatkala ada acara pembongkaran makam dan musholla An Najat 26 tahun kemudian, yakni pada agustus 2009 lalu. Lulusan Darul Ulum Mekkah era 40-an ini mengajarkan macam macam kitab: Jurumiyah, Nahwu, Shorof, Fathul Qorib, Fathul Mu’in, Tafsir Jalalain Imam Jalaluddin al Mahalli dan Tafsir Jalalain Imam Jalaluddin as-Suyuthi.   

7. KH Moch. Anwar Sudibjo.  wafat pada tahun 1988 pada saat meng imami sholat shubuh. Beliau ini pengurus NU sebagai Rois Syuriyah PCNU Blitar 1982-1987. Beliau juga ketua pengurus Jami’ah Ahlut Thotiqoh  Mu’tabaroh an-Nahdliyah dan tokoh Thoriqoh qodiriyah wa Naqsabandiyyah Blitar.  Pada 14 Maret 2019 makam dibongkar untuk dipindahkan akan tetapi malah didapatkan kain kafan masih utuh dan jasad masih utuh pula. ( Sumber: Ust. Moch. Munib Anwar, Blitar ).

jasad utuh tokoh agama selain islam

Terus apakah jasad utuh ini juga berlaku untuk orang islam dan ulama islam? Jawabnya: Tidak. Jasad utuh atau tidak ini murni urusan Yang Maha Kuasa. Warga Katholik dan kristen juga memiliki cerita sendiri tentang kejadian jasad utuh tokoh agama mereka ketika diadakan pembongkaran makam karena alasan yang macam macam. Berikut penjelasannya:

9. Romo Mgr Albertus Hermelink Gentiaras SCJ. Beliau ini adalah tokoh gereja pertama di Pringsewu, Lampung. Beliau lahir di Emmen, Belanda pada 5 Agustus 1898, dan wafat pada 25 pebruari 1983 di makamkan di Kapel St. Theresia, Pringsewu,Lampung. Pada 2010 atau 27 tahun kemudian dilakukan pembongkaran makam untuk kepentingan pemindahan  , dan didapati jasad Romo Kanjeng ini  masih utuh terapung apung diatas air yang merembes kedalam peti. (Sumber: brilio.net dan wiki )

10. Santa Zita. Beliau lahir sekitar 1212 dan wafat pada 1272. Kedapatan jasad masih utuh karena diadakan pembongkaran makam pada tahun 1580 atau 308 tahun kemudian. Jasad santa Zita di kanosisasi pada 1696. Santa Zita adalah pelayan yang suka bekerja keras karena bagi beliau kerja keras adalah bentuk bhakti kepada Tuhan. (Sumber: Wiki)

Kalau mau tahu jasad yang masih utuh para santo / santa lihat disini:

kasus jasad utuh guru ngaji , dermawan dan pengamal sholawat

12. Mbah Mukri. Guru ngaji tanpa honor ini dimakamkan pada tahun 1987 atau 30 tahun yang lalu. Kedapatan jasadnya masih utuh setelah diadakan pembongkaran makam dilakukan pada 2017. Diceritakan bahwa ada bau wangi ketika penggalian berlangsung. Pembongkaran dilakukan karena areal makam akan dijadikan lintasan Jalan Lintas Dramaga Bogor. Mbah Mukri adalah warga desa Kampung Manggis, desa Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kab Bogor. Mbah Mukri kesehariannya adalah guru mengaji AlQur’an tanpa honor, selalu mengajak anak anak untuk mengaji AlQur’an, berperilaku baik kepada sesamanya dan tidak banyak bicara.

13. Hj.Hariroh binti Arsyad. Warga kampung Ceper, Kelurahan Belendung, Kecamatan benda, kota Tangerang, Banten ini kedapatan jasad dan kain kafannya masih utuh ketika akan diadakan proyek tol JORR2 ( Jakarta Outer Ring Road ). Karena makam harus dipindah, maka makam harus dibongkar dulu. Ketika pembongkaran dilakukan, jasad ini kedapatan masih utuh walau telah terkubur selama 12 tahun. Hj. Hariroh ini berprofesi guru ngaji.

11. Triyani binti Kartomuly, Cionas, Bogor. Pada tahun 2013 ada acara pemindahan penghuni kubur atas nama Triyani untuk di pindah ke tempat asalnya, yakni Purwodadi. Ketika makam dibongkar, kedapatan jasad masih utuh walau telah dikubur selama 19 tahun. Meskipun jasad utuh, namun tidak ada bau menyengat. Setelah di tanyakan kebaikan apa yang dilakukan oleh Triyani, maka disebutkan jika ahli kubur ini terkenal sebagai seorang yang suka sedekah.

8. Mbah Darjo. Mbah Darjo adalah seorang kuli angkut di pasar di daerah Kedung PAruk, Purwokerto. Mbah Darjo ketahuan jasadnya masih utuh tatkala 9 tahun setelah meninggalnya beliau mbah Darjo, cucu beliau meninggal dan dimaksudkan akan dimakamkan di sisi mbahnya, yakni mbah Darjo. Ternyata kedapatan bambu telisik masih segar hijau macam habis dikubur semalam kemarin. Demikian dengan kafan dan jasad. Bahkan liang kuburnya berbau sangat harum. Ketika dilaporkan ke Kyai Abdul malik , tokoh agama di desa, Pak Kyai sudah menjawab duluan bahwa “Darjo jasadnya utuh ya?” Dikatakan jika pak Darjo ini memiliki amalan selalu mendawamkan sholawat sehari 16.000 kali mulai bangun tidur hingga menjelang tidur lagi. (Sumber: Habib Lutfi bin Yahya.)

kasus jasad utuh yang ternyata adalah warga yang baik dan bermacam profesi

10. Samsudin bin Danih. Warga Grogol, Limo Depok. Pada suatu acara pemindahan makam di TPU Kumpi saribah, kedapatan 7 jasad yang masih utuh. Diantaranya adalah jasad Samsudin bin Danih masih terlihat utuh walaupun telah dikubur 22 tahun.

14. Muhammad Syamsuri. Bapak ini wafat pada 7 Juli 1993 pada usia 73 tahun di Sukabumi, Jawa Barat. Pada tahun 2013 diadakan penggalian makam untuk pemindahan jasad maupun tulang belulang penghuni kubur. Kedapatan jasad masih utuh setelah terkubur 20 tahun.   

15. Jalaludin. Warga Ciamis ini meninggal pada 1983. Kedapatan jasadnya masih utuh karena makamnya dibongkar untuk dipindah 35 tahun kemudian. Makam harus dibongkar karena ada proyek pembuatan jalan pada 18 september 2018.

16. Sumini. warga dusun Krajan, desa Sukorejo, kecamatan Bangsalsari, Kab Jember. Wafat pada 12 Agustus 2008. Buruh Tani. Jasad ini diketemukan karena lahan pemakaman mengalami longsor pada 1 Pebruari 2018 atau 10 tahun kemudian. (Sumber: Hasan anak Sumini kepada SCTV )

Bahkan perempuan berprofesi PSK tetapi setahun terakhir sebelum kematiannya melakukan tobat pun, 5 tahun kemudian kedapatan jasadnya utuh juga ada. Itupun setelah sebuah excavator mencoba mengeruk tanah kuburnya gagal keruk terus.

Kenapa jasad bisa utuh? Apakah dia wali? Apakah para tokoh agama yang telah menjadi tulang bahkan lebur dengan tanah tidak bisa masuk sorga? He he he. Ini pertanyaan yang tidak perlu dijawab. Apalagi diperdebatkan. Kembalikanlah semua kepada sang Pencipta. Tuhan yang memulai penciptaan, tentu saja Dia yang mengakhiri kehidupan ciptaan tadi, wong Tuhan itu MAHA KUASA. Wallahu A’lam

Wassalam.

BACA JUGA: Gegara TOA dan TAPE

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment