BISAKAH RX580 UNTUK MENAMBANG KOIN KRIPTO-1

Artikel ini saya beri judul demikian karena ingin penasaran dengan kabar bahwa saat ini nilai tukar BITCOIN sedang meroket. Nilai tukarnya sangat fantastis.

BACA

PAK YOHAN YANG PENASARAN

Sudah lama saya tidak bermain dengan dunia kripto. Terakhir saya mencoba mining untuk review adalah pada bulan Juli tahun 2020 kemarin. Saat itu saya mencoba untuk meneliti koin – koin yang beralgoritma CRYPTONIGHT.

Selanjutnya saya berhenti untuk meneliti angka-angka hasil pada algoritma kryptonite karena saya lihat bitcoin semakin lama harganya semakin tidak menentu bahkan nilai tukarnya menurun hingga dibawah 10.000 dollar Amerika.

Seorang teman bercerita kepada saya bahwa harga Bitcoin sekarang naik hingga mencapai 500 juta. Saya menjadi penasaran apa benar seperti itu. Selanjutnya saya mencoba membuka halaman indodax.

INDODAX EXCHANGER KRIPTO INDONESIA

Untuk masuk indodax kita harus membuka dulu website https://indodax.com . Pada halaman index ini kita sign ini dengan memasukkan username dan memasukkan password, selanjutnya Indodax akan mengirim Email kepada kita melalui akun Email kita.

CEK EMAIL

Setelah kita membuka email kita, selanjutnya kita buka agar bisa kembali membuka Link indodax.

Setelah kita masuk ke website penyedia email , misalkan akun kita adalah Gmail atau Yahoo, maka disitu oleh indodax akan diberikan sebuah Link, yang mana Link tersebut harus kita klik. Dan setelah kita klik maka browser akan mengarahkan ke Indodax.

AUTHENTICATOR

Indodax selanjutnya meminta kita untuk mengisi sebuah kotak kosong yang harus kita isi angka-angka yang disediakan oleh Google Authenticator. Saya memasang aplikasi Google Authenticator pada HP saya sebagai bentuk tanda tangan elektronik atau pin elektronik yang selalu bergerak angkanya setiap 30 detik.

Jadi ketika kita membuka Link yang diberikan oleh Indodax, maka Indodax akan meminta 6 angka PIN yang mana pin itu tersedia di dalam Ponsel Android kita yang telah kita install Google Authenticator.

Kemudian kita masukkan angka di halaman kotak yang diinginkan oleh Indodax dan jika benar maka kita akan segera masuk ke dasbor akun kita .

PERLUKAH AUTHENTICATOR

Jawabannya adalah: Tergantung anda. Tanpa Authenticator pun anda tetap bisa masuk ke Dashboard Indodax.

Authenticator adalah pengaman terakhir akun kita didalam exchanger yang beranggotakan 2 juta lebih akun ini. Orang jahat ada dimana-mana. Ia bisa saudara anda. Bisa teman anda. Bahkan orang orang lain.

Jika mereka berhasil menyadap password masuk akun, password masuk Email, maka dengan mudah ia si panjahat akan masuk ke akun indodax anda, mencuri dan menggarong seluruh aset anda.

BITCOIN 500 JUTA APAKAH KOIN YANG LAIN JUGA NAIK?

Dan benar apa yang dikatakan teman saya. Ketika saya masuk ke dashboard, saya lihat di kolom Bitcoin disebutkan bahwa disitu nilai tukarnya adalah hingga hari ini ( 6 Februari 2021 ) disebutkan disini sebesar 567 juta.

Saya sempat terheran-heran kenapa setinggi ini naiknya. Terakhir saya melihat atau mengamati nilai tukar Bitcoin ini masih di angka sekitar 150 juta pada pertengahan tahun yang lalu.

Saya pada saat itu memutuskan bahwa koin ini tidak enak diikuti. Tidak potensial. Sehingga mulai saat itu saya sudah tidak mengamati lagi pergerakan Bitcoin.

Hingga pada hari ini saya melihat sendiri bahwa Bitcoin angkanya telah meroket setinggi ini.

APAKAH ALTCOIN JUGA NAIK

Dan benar, saya juga mengecek koin-koin lain yang diperdagangkan. Saya perhatikan disini untuk pasar yang tertinggi masih dipegang oleh Dogecoin, yakni nilai volumenya 182 Triliun Rupiah.

Bitcoin malah nomor 2 pada angka 142 triliun Rupiah, dan 8 mata uang kripto yang kuat yang digemari peminat kripto di Indonesia setelah DOGE dan BTC antara lain adalah ETHEREUM, BNB, USDTether, RIPPLE, Susi Sweep, ZERO X, CARDANO, dan Yuni Sweep .

Saya juga terkejut bahwa DOGE juga mengalami lonjakan yang serius. Ia naik hingga 2000%. Terakhir saya bermain DOGE pada pertengahan tahun lalu pada angka tukar 33 rupiah. Saat ini malah bernilai 691 rupiah.

CEK WEBSITE EXCHANGER LAINNYA

Di dunia ini yang menjadi acuan dalam nilai tukar mata uang kripto adalah website COINMARKETCAP.

Dalam website ini disebutkan banyak sekali informasi -informasi seputar mata uang digital / KRIPTO KOIN. Dan bagaimanapun juga BITCOIN adalah merajai pasar dunia, dengan nilai dagangan sebesar USD 750,6 Milyar.

Berikut ini adalah 20 besar nilai dagangan mata uang digital level dunia ketika artikel ini saya ketik ( 06 Pebruari 2021 ):

  1. BTC BITCOIN USD 750,6 MILYAR
  2. ETH ETHEREUM USD 192,6 MILYAR
  3. USDT USD THETER USD 27,8 MILYAR
  4. WSB WALLSTREETBETS USD 24,8 MILYAR
  5. XRP RIPPLE USD 19,7 MILYAR
  6. DOT POLKADOT USD 18,2 MILYAR
  7. ADA CARDANO USD 16,6 MILYAR
  8. BNB BINACE COIN USD 11,6 MILYAR
  9. LTC LITECOIN USD 10,7 MILYAR
  10. LINK CHAINLINK USD 10,2 MILYAR
  11. BCH BITCOINCASH USD 8,9 MILYAR
  12. XLM STELLAR USD 7,6 MILYAR
  13. DOGE DOGECOIN USD 6,3 MILYAR
  14. USDC USD COIN USD 6,2 MILYAR
  15. UNI UNISWAP USD 5,6 MILYAR
  16. AAVE AAVE USD 5,5 MILYAR
  17. WBTC WRAPPED BTC USD 4,8 MILYAR
  18. BSV BITCOIN SV USD 3,5 MILYAR
  19. EOS EOS USD 3,0 MILYAR
  20. XMR MONERO USD 2,8 MILYAR

BACA JUGA:

MENCOBA NANOMINER UNTUK MENCANGKUL RAVENCOIN

SPLENDID COIN BARU

MENCOBA BITTUBECASH

KEMBALI KE ATAS

MENCOBA KARTU GRAFIS UNTUK MENAMBANG UANG DIGITAL

Salah satu cara untuk mendapatkan uang digital adalah dengan jalan membeli, menukar dan MENAMBANG. Membeli disini adalah kita memiliki uang rupiah untuk membeli koin dengan nilai tertentu. Misalkan saat ini 1 BTC adalah 550 juta, maka ketika kita punya uang 550 ribu maka kita akan mendapat 0,001 BTC atau biasa disebut dengan 100 ribu satoshi. 1BTC = 100 juta Satoshi.

MENUKAR adalah ketika kita memiliki koin digital jenis lain yang bernilai 550 ribu rupiah, kita tukarkan dengan BTC. Misalnya: kita memiliki koin DOGE senilai 550 ribu, kemudian kita ingin memiliki koin BTC dengan nilai yang sama, maka DOGE senilai 550 ribu tadi bisa kita tukar menjadi 0,001 BTC.

MENAMBANG adalah teknik mendapatkan serpihan koin sedikit demi-sedikit pada sebuah pertambangan. Pertambangan biasa disebut dengan POOL. Para penambangnya disebut dengan MINER. Alat tambang yang dipakai adalah cangkul elektronik , yakni sebuah alat pemecah kode yang disediakan oleh pemilik POOL.

Dalam dunia Mining, alat tambang ini macam macam, mulai dari kartu grafis ( biasa disebut dengan VGA Card ), prosesor cepat, prosesor ASIC dan peralatan lainnya.

Karena saya memiliki sebuah Kartu Grafis, maka saya mencoba untuk membikin mesin cangkul digital atau biasa disebut dengan MINING RIG. Mining RIG ini sebenarnya berbentuk Komputer dengan banyak VGA Card yang mahal dan cepat serta ber memori Grafis yang besar pula.

KARTU GRAFIS SHAPPIRE NITRO RX 580 4GB

Pada tahun 2018 Kemarin saya sempat membeli sebuah kartu grafis dengan kode RX 580 4 GB buatan SHAPPIRE.

Saya membeli dengan harga yang lumayan mahal pada saat itu karena untuk mengobati rasa penasaran saya tentang kripto koin; bagaimana sih cara memecahkan kode atau HASH pada sebuah POOL? Bagaimana cara menghasilkan uang dari VGA? Bagaimana cara menyetel nya? seperti itulah.

Selanjutnya setelah setahun saya mempelajari Bitcoin, algoritma, cara setting miner dan perihal lainnya, maka saya putuskan VGA tadi saya lepas. Karena saya pikir enggak ada keuntungan dari situ. Akhirnya saya pensiun kan VGA tersebut.

PASANG LAGI DI KOMPUTER KERJA

Karena saat ini ada isu BTC harganya sedang menggila, saya kemudian berpikir apakah untuk crypto jenis selain itu juga ikut naik? Maka dari itu saya kembali ke gudang, saya bongkar kembali isi gudang, saya cari Dus BOX yang berisikan grafis kartu grafis RX 580 tadi untuk kemudian saya ingin mencoba pasang kembali di komputer saya.

Terakhir saya meneliti dan berkenalan di dunia mining, komputer yang saya pakai menggunakan chipset Intel H61. Saat itu prosesornya masih I3 generasi 2, kemudian prosesornya cuman ber inti 2, terus menggunakan memori masih 4 GB. Minim sekali. Di situ terasa berat untuk komputer sekelas itu jika dipakai untuk mining. Saat itu masih menggunakan Windows 7.

KOMPUTER i5 UNTUK PERCOBAAN

Kali ini komputer yang di meja saya adalah komputer dengan prosesor i5 dengan 4 prosesor. Generasi 3. Kemudian dengan memori 8 Giga. Operating Sistem memakai Windows 10 64bit.

Dan saya meyakini, ini pasti settingan harus beda dengan yang saat tahun-tahun yang lalu saya menggunakan mining . Saatnya saya akan mencoba untuk saya konekan ke komputer saya yang saat ini saya pakai.

VGA untuk percobaan mining altcoin

Kartu grafis RX 580 menggunakan power supply ekstra. untuk VGA yang biasanya ber Video memori kecil, dia cukup menggunakan 6 PIN pada terminal power supply.

Akan tetapi pada VGA jenis RX 580 ini, dia menggunakan PIN tambahan; yakni 8 pin untuk suplai tegangan 12 volt DC . Dugaan saya adalah karena konsumsi arus yang masuk ke Vega ini adalah sekitar 10 Ampere sampai 12 ampere pada posisi VGA memproses grafis secara penuh atau bekerja secara penuh 100% .

Saya pernah mencoba mengukur ampere nya kartu grafis ini. Dia bisa membutuhkan arus DC 10 sampai 11 Ampere. Kebetulan power supply pada komputer saya yang sekarang yang ini itu sudah support dengan tipe 80+, yakni dia memiliki kemampuan Effisiensi hingga 80% dan biasanya memiliki PIN tambahan 8 pin untuk VGA yang besar-besar .

2 LAYAR MONITOR

Jadi ia tidak mengalami kendala untuk urusan supplai di vganya. Akhirnya dengan mudah saya memasangkan VGA ini di mainboard saya yang kebetulan saat itu mainboard-nya speknya termasuk tinggi untuk Miner, yakni dia menggunakan Mainboard Gigabyte dengan chipset H97.

2 layar untuk mempermudah percobaan mining

Setelah dipasang, kemudian komputer dinyalakan. Maka segera terdeteksi secara auto. Kemudian layar yang tampil semula 1 menjadi 2 layar . Selanjutnya komputer melakukan auto detect untuk auto resolusi, yakni ketika untuk layar 1 nya sampai 1600 pixel untuk yang VGA yang baru dipasang, yang bawaan dari komputer menjadi 1440 pixel.

Selanjutnya saya cek di Device Manager nya. Rupanya drivernya juga autodetect terpasang dari bawaan di Windows 10 ini . Akan tetapi saya masih belum yakin apakah ini masih bisa dipakai untuk melakukan mining coin-coin yang akan kita coba review ini.

Devais manager utnuk mengetahui driver VGA telah terinstall

BACA JUGA:

MENAMBANG HAVEN PROTOCOL

MENAMBANG CONCEAL COIN

MENCANGKUL KOIN GNTL

ERGO: MENCANGKUL KOIN INI DENGAN VGA CARD LAWAS

SELANJUTNYA: MENCARI KOIN ALTERNATIF

BACA LAGI

yohan Indrawijaya

Share

6 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment