OCL 200 WATT SANKEN NPN SAJA

Jika anda memiliki transistor SANKEN NPN yang hilang pasangannya karena rusak atau jebol, maka anda masih bisa membikin power OCL 200 Watt walau dengan transistor NPN saja.

Kejadian transistor buatan SANKEN rusak salah satu sayap adalah sering terjadi. Sayap di sini maksudnya adalah saya 2SC dan sayap 2SA atau sayap 2SD dan sayap 2SB.

Semisal ampli anda adalah pasangan 2SC3264 / 2SA1295 dan yang rusak adalah 2SA1295, maka 2SC nya masih bisa anda manfaatkan. Note: 2SC nya minimal 2 buah kalau 1 ya gak bisa …

Skema yang saya dapat ini berasal dari sebuah servis manual dari Amplifier gitar merk SWR WORKINGMANS yang berproduksi sekitar era 2000. Penampakan ampli adalah LIHAT SINI.

SKEMA

Mendapatkan skema dari amplifier SANKEN dengan transistor final NPN saja ini silahkan UNDUH SINI atau DI SINI . Sementara itu hasil pangkasan dan editnya adalah seperti gambar di bawah ini:

KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR

OCL 200 WATT SANKEN NPN SAJA
OCL 200 WATT SANKEN NPN SAJA pada SWR WORKINGMANS 15

Pada skema ini terdapat fitur pencegah bunyi “jedug” pada saat power amplifier ini pertama kali menyala. Prinsip kerja nya adalah dengan menunda transistor Q6 dan Q7 untuk menghantar. waktu tunda ini tergantung dari nilai kapasitor delay C7 untuk memberi tunda pada Q1 dan Q2.

Transistor final output pada rangkaian ini menggunakan 2SC3264 saja dan tanpa pasangan 2SA seperti umumnya.

Transistor final power ini memiliki kemampuan dissipasi hingga 200 Watt ( DATASHEETS ).

Foto milik sopi NAILUL JEMBER

SKEMA SWR LAINNYA

SKEMA POWER MERK LAIN

BLOGSPOT YOHAN

SKEMA YOHAN

KOLEKSI PIN SKEMA AUDIO

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment