AMPLI GITAR FENDER DELUXE 112 PLUS, AMPLI DARLINGTON BUATAN 1995 – 1999

Skema ikon

Ampli Gitar merk FENDER adalah ampli gitar terkenal di dunia dan di Indonesia. Pada era 80 an ampli gitar merk FENDER ini sudah masuk ke Indonesia.

Fender Deluxe 112 menurut para reviewer mengatakan kalau ampli gitar ini keluar pada era 90-an. Ampli gitar ini ada yang berdaya 65Watt dan ada yang 95 Watt.

Ampli Gitar ini tersedia untuk 2 jenis input: input Hi untuk langsung ke gitar dan input Lo untuk dihubungkan ke effek gitar atau prosesor gitar.

Pada ampli ini juga disediakan rangkaian booster suara gitar, tone control gitar.

FENDER DELUXE 112

Soket output pada gitar ini tersedia 4 colokan yakni : FOOT SWITCH: colokan untuk saklar pedal ( jika mengaktifkan drive channel, maka pemakai harus menginjak pedal yang dipasangkan oleh ampli ini ), PRE AMP OUT: dilarikan ke mixer untuk dicampur dengan hasil olahan alat musik lainnya, POWER AMP IN: soket ini bisa dimanfaatkan untuk meng ampli sebuah sinyal kecil dari luar, misalnya mixer, mini ampli, prosesor audio, dan sumber audio lainnya, dan HEAD PHONES: Colokan untuk menghubungkan sebuah Head phone ke ampli ini. Biasanya digunakan untuk tukang gitar / musisi yang memang professional.

SKEMA ASLI FENDER DELUXE 112

Setelah mendownload skema-nya, maka diketahui jika power ampli ini menggunakan transistor final type TIP142, sebuah transistor jenis darlington yang memiliki gain yang lumayan besar. Transistor final sendiri dibikin paralel 2 untuk melayani kebutuhan daya pada rangkaian ini.

Menurut datasheetnya, transistor TIP142/TIP147 ini bekerja pada volt maksimum 100Volt dan Daya DC maksimum 125W.

Power Supply rangkaian power nya menggunakan 48VDC symetris atau jika dijadikan watt adalah sekitar 112 Watt RMS pada spiker 8 Ohm dan effisiensi daya sekitar 62,5%

Hasil pangkasan adalah sebagai berikut ini:

POWER SECTION FENDER DELUXE 112

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment