150 WATT SAP15 CAMBRIDGE

Power Amplifier 150 Watt SAP15 CAMBRIDGE di sini adalagh sebuah power Amplifier dengan kemampuan hingga 150 Watt karena menggunakan transistor Darlington SAP15 dan Power ini buatan produsen audio Eropa terkenal, yaitu CAMBRIDGE.

Skema ini saya dapatkan dari sebuah servis manual miliki Power Amplifier merk CAMBRIDGE dengan seri P500 era 80-an yang memiliki kemampuan dissipasi maksimum transistor hingga 150 Watt.

Pabriknya sendiri menyatakan bahwa Power mereka ini mereka pasang untuk keluaran maksimal hingga 65 Watt setiap kanal pada beban 8 Ohm.

Saya rasa ini ada benarnya jika beban adalah 4 Ohm maka Power amplifier ini akan mengeluarkan kemampuan maksimalnya hingga 150 watt sesuai dengan kemampuan dari Transistor Final Power.

Penampakan isi dalam power LIHAT SINI.

SKEMA 150 WATT SAP15 CAMBRIDGE

Berikut ini adalah skema Power OCL dari CAMBRIDGE seri P500 ini setelah hasil edit:

150 WATT SAP15 CAMBRIDGE

Power Amplifier ini terdiri dari beberapa blok antara lain adalah:

  • Preamplifier,
  • Voltage Amplifier Stage,
  • Over Current Protection, dan terakhir adalah
  • Final Power Amplifier.

Preamplifier ini menerapakan sistim Cermin Arus Q220 dan Q221. Menerapkan GAIn Power sebesar 33X mengikuti perbandingan resistor feedback R262 (33K) terhadap resistor input R246 (1K). Menggunakan LED211 sebagai stabillizer sumber arus bagi preamp.

Penguat tegangan pada rangkaian ini menggunakan teknik seri transistor Q218 dan Q219. Sementara transistor Q217 bertugas sebagai pembatas arus jika sinyal pada Penguat tegangan ini terlalu besar.

Power ini tidak memeiliki fitur Servo Driver menggunakan transistor.

Transistor Final SAP15N dan SAP15P adalah pasangan transistor power yang memiliki kemampuan dissipasi daya hingga 150 Watt dengan faktor penguatan arus yang sangat besar antara 5ribu hingga 20ribu kali (DATASHEETS).

SEE ALSO

Skema power dan Mixer Built up ADA DISINI.

SKEMA YOHAN ( HERE )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment