SKEMA DRIVER MCRD V3 346

Driver Power nomer 346 MCRD V3 adalah keluarga MCRD yang skema nya mengalami modifikasi dalam beberapa titik. Hasil audio dari MCRD V3 ini LO SUB.

Driver power MCRD adalah driver yang biasa di sebut NKRI oleh pecinta audio. Kemungkinan, skema ini adalah buatan orang Indonesia mengingat saya mencari di website skema audio amplifier berbahasa asing masih belum ketemu persis seperti kita PCB ampli ini.

MELIHAT PCB DI SEBUAH TOKO ONLINE

Pada suatu hari saya melihat macam-macam PCB untuk driver power type MCRD. Dan saya tertarik untuk melihat yang bernomer V3.

Lagi-lagi saya tidak bertemu dengan skemanya.

Akhirnya terpaksa saya tracing sendiri gimana sih skema nya?

Saya mengambil sampling PCB pada sebuah toko online yang bernama MHL ELEKTRONIK dari kota Jember . Di situ saya lihat foto PCB nya nampak bagus dan masih bisa untuk di tracing.

Penampakan PCB LIHAT SINI.

Saya menggunakan teknik menerawang jalur PCB, kemudian saya jadikan sebuah goresan tangan pada kertas HVS, untuk kemudian di pindahkan ke sebuah skema standart menggunakan software EAGLE dan di poles dengan PAINT.

SKEMA HASIL GAMBAR TERAWANGAN PCB INI

Setelah sekitar 4 jam melakukan tracing dan drawing, maka PCB ini berhasil terkonversi.

Ia menjadi sebuah skema driver amplifier yang biasa di sebut dengan MCRD V3 atau PCB nomer 346.

Berikut ini adalah skema dari driver MCRD V3

Skema driver MCRD V3

Pada driver ampli ini tersedia 2 trimpot. Trimpot pertama bertugas untuk membikin tegangan keluaran dari driver ini selalu 0 volt.

Sedangkan trimpot kedua bertugas untuk menjaga tegangan antara B+ dan B- terjaga pada tegangan ambien. Karena jika tegangan antara B+ dan B- adalah berlebihan, maka akan menghasilkan panas yang berlebihan pada transistor power.

PENJELASAN SKEMA

Yang menarik dari rangkaian ini adalah pada rangkaian feedback. Biasanya pada skema OCL 150W, hanya ada 1 resistor 33K yang terhubung antara speaker out ke basis transistor VAS.

Pada rangkaian ini, melibatkan banyak komponen, mulai dari R16,R17 hingga basis T2. Ada sekitar 15 komponen yang terlibat dalam rangkaian feedback ini. Kemuingkinan sang perancang telah menghitung dengan matang perihal ini, dengan harapan amplinya bisa menjadi ampli yang bermutu HI-Fi.

Tegangan kerja untuk ampli ini meminta antara 45VDC hingga 55VDC dengan kemampuan aliran arus travo sekitar 20Ampere.

yohan Indrawijaya

6 Responses

    • silahkan lihat artikel lainnya tentang ampli ombro di halaman beranda. Makasih telah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment