OCL 20 WATT SANSUI 661

SANSUI 661 adalah amplifier OCL buatan era 70-an menggunakan yang menghasilkan output 20 Watt pada bebean 4 Ohm dengan supply simetris 27 volt.

Pada beban 4 ohm power amplifier ini mampu mengeluarkan daya hingga 40 Watt akan tetapi ini melebihi dari daya dari transistor finalnya.

SANSUI 661 adalah radio amplifier yang mana menggunakan radio AM dan FM yang keluarnya pada era 70-an menggunakan prinsip OCL yang pada saat itu sedang trend.

X

SKEMA

Berikut adalah skema hasil pangkas dan edit dari SANSUI 661:

OCL 20 Watt SANSUI 661
Seksi Power Amplifier OCL 20 Watt SANSUI

Rangkaian power amplifier ini terdiri dari beberapa blok antara lain:

  • Pre-amp,
  • Penguat tegangan,
  • Servo driver,
  • Driver amplifier dan
  • Final power amplifier.

Untuk menentukan output selalu 0.00 volt maka dalam rangkaian ini ada trimpot WR01 berukuran 5K yang terhubung paralel dengan 2 buah penyearah D1, D3 dengan tujuan menjaga tegangan bias pada transistor pre-amp agar selalu menghasilkan 0 volt DC pada output ampli OCL ini.

Juga memiliki trimpot yang terhubung dengan basis transistor servo bias dengan nilai 1 kilo ohm yang bertujuan untuk menjaga arus Intel bagi transistor final ini untuk tidak terlalu panas.

Jika kita melihat resistor feedback dan resistor input, maka GAIN atau penguatan dari amplifier ini adalah lumayan besar dengan melihat perbandingan antara R21 ( 100K ) dengan R25 ( 470 ).

Stabilizer bias untuk transistor preamp ini menggunakan D zener 8,2 volt.

Transistor penguat tegangan menggunakan nomor 2 SC 1124 dan tidak menggunakan resistor emitor seperti umumnya penguat sejenis ini.

Rangkaian power amplifier ini menggunakan bootstrap kapasitor untuk mengembalikan sinyal feedback positif selanjutnya terproses oleh transistor driver.

Transistor driver menggunakan nomor 2SC1124 berpasangan dengan transistor 2SA706.

Output dari power amplifier ini adalah sekitar 20 watt. Transistor final menggunakan transistor nomor 2 SC 1030 NPN saja.

TAMBAHAN

Berarti jika Anda menggunakan rangkaian ini sebagai kloning maka pastikan power amplifier ini bekerja untuk watt rendah atau hanya untuk ruangan pribadi anda saja.

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment