OCL 1300 WATT 8 TOSHIBA 86 VOLT

OCl 1300 Watt di sini adalah sebuah power amplifier dengan transistor final buatan TOSHIBA sebanyak 8 pasang serta memerlukan tegangan supplai 86 Volt DC simetris.

Meskipun demikian setelah saya kalkulasi, dengan supplai 86 VDC dan beban 4 Ohm maka power ampli ini akan menghasilkan daya audio hingga 665 Watt dengan asumsi bahwa tegangan pada speaker adalah sebesar 51 VAC.

Angka 1300 adalah ketika power ampli ini ter-bebani speaker hingga 2 Ohm. Namun di sini saya tidak menyarankan karena akan beresiko bagi power anda bahkan speaker anda jika anda adalah pemula dan bukan praktisi ahli dalam audio.

Skema power ini saya dapatkan dari sebuah servis manual power amplifier merk BGW dengan seri GTA. Dalam servis manual mengatakan bahwa Power amplifier ini mampu menghasilkan daya audio hingga 1350 Watt setiap kanal dengan beban 4 Ohm serta 2900 Watt dengan mode BTL 4 Ohm.

INFO POWER AMPLI

Power Amplifier merk BGW sebenarnya ada sejak er 70-an. Terkenal pada era 90-an dan akhirnya meredup pada era 2010.

Akan tetapi kejayaan merk ini masih ada dan masih banyak terpakai karena awet dan kuat. GTA adalah salah satu produk BGW yang terkenal dan tersisa namun masih banyak terpakai di dunia audio.

GTA adalah produk andalan dari BGW yang meluncur sejak tahun 1987 dan bertahan beberapa tahun dan banyak dipakai pada banyak diskotik di dunia.

Info lebih banyak tentang amplifier ini lihat DI SINI. Penampakan Power Ampli bisa LIHAT INI.

Mempelajari isi dalam skema UNDUH LINK INI.

SKEMA POWER 8 TRANSISTOR TOSHIBA

Berikut ini adalah potongan skema pada seksi Power Amplifier buatan BGW dengan seri GTA.

KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERJELAS

Seksi power BGW GTA ocl 1300 watt 8 toshiba

Dari skema ini maka ada beberapa blok yang perlu kita ketahui, antara lain:

  • Differensial Preamplifier
  • Bias DCO
  • Turn ON dan Thermal Protector
  • Signal Translator
  • Signal Protector
  • Penguat Tegangan
  • Servo Driver
  • Current Limiter
  • Driver Amplifier
  • Final Power

INFO

Dengan menggunakan tegangan supplai 86VDC, maka memungkinkan bagi amplifier ini untuk menghasilkan daya audio hingga 665 Watt pada beban 4 Ohm.

Pada skema nampak bahwa jumlah transistor final adalah 8 pasang yang berarti transistor ini memiliki kemampuan dissipasi daya hingga 180W x 8 pasang = 1440 Watt.

Karena kemampuan transistor adalah hingga 1440 Watt, maka power amplifier ini mampu untuk membebani speaker 2 Ohm karena bisa menghasilkan daya audio hingga 1120 Watt.

SKEMA BGW LAINNYA

POWER MERK LAINNYA

PIN GAMBAR YOHAN

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment