BENARKAH SKEMA PSU XTREME 80+MEMANG EFISIEN

Penasaran dengan maraknya Power Supply yang bukan 80+ tapi mengaku 80+, bahkan mengaku 80+GOLD, maka saya penasaran untuk meneliti benarkan demikian .

Pada suatu hari, sebuah Power Supply rusak masuk ke meja saya. Ber-merk XTREME dan ada bertuliskan 80+ . Jika melihat kode warna pada stiker 80+, maka nampak kalau Power Supply ini adalah bertype 80+ standart.

Sumber: yohanindrawijaya.blogspot.com

Benarkah PSU ini memang 80+? Maka dalam artikel ini saya menceritakan pengalaman saya meneliti Power Supply ini.

HARGA POWER SUPPLY DI MARKET ONLINE

Di sebuah link menyebutkan bahwa harga Power Supply ini sekitar 450 ribu. Masih terjangkau untuk skala 80+. Karena kita sama-sama mengetahui bahwa Power Supply 80+ selalu berbandrol mahal. Apalagi yang 80+GOLD. Silahkan cek untuk membuka link di TOKOPEDIA.

Bahkan ada juga yang menjual dengan harga 560 ribu kondisi baru di toko INI. Jika kita memperhatikan harga, nampaknya ini adalah power supply yang serius.

CEK SERTIFIKAT 80+ DI INTERNET

Setiap power supply 80+, selalu mendapatkan sertifikat dari sebuah lembaga pemberi sertifikasi. Kita bisa melihat Power Supply Komputer merk apa saja yang memang 80+.

Lembaga itu adalah CLEARESULT. Ia memberikan sertifikasi kepada pabrik pembuat Power Supply dengan merk macam-macam dari di seluruh dunia.

Saya langsung masuk ke web ini untuk mencari informasi, apa benar Power Supply XTREME ini memang tersertifikasi 80+. Silahkan klik LINK INI untuk melakukan cek sertifikasi Power Supply 80+ yang asli dan bukan abal-abal.

Ketika saya mengetikkan “XTREME” pada kolom Manufacturer, maka saya kecewa. Tidak ada merk XTREME yang terdaftar sebagai Power Supply dengan sertifikasi 80+

Xtreme tidak ada entry lisensi 80 plus

Selanjutnya saya mencoba memasukkan kode TYPE dari Power Supply ini. Ketika saya ketikkan type dengan tulisan KT-S550, maka muncul sebuah list sertifikasi. STANDART. Dan disebutkan bahwa Manufacturer nya adalah Comstars.

KT-S550 ada lisensi untuk comstars

Saya lantas menjadi heran. Produk XTREME ini manufacturernya tidak terdaftar akan tetapi type barangnya terdaftar. Malah teknologi 80+ nya masih STANDART dan sertifikasi diberikan pada tahun 2011 lalu.

Lisensi standart 80 Plus

Merk COMSTARS ternyata adalah pabrikan buatan taiwan. Ia memproduksi macam-macam Power Supply, baik standart maupun 80+. Silahkan lihat LINK INI. Disitu disebutkan ada Power Supply 80+ dengan type KT-S500-12.

Mirip dengan Power Supply XTREME yang sedang saya teliti ini. Apakah XTREME adalah COMSTARS? Apakah XTREME membeli lisensi ke COMSTARS? Banyak hal yang masih belum saya ketahui.

MEMBONGKAR ISI DALAM POWER SUPPLY

Untuk memastikan apakah Power Supply ini memang mengandung teknologi 80+, maka saya harus membuka isi dalam Power Supply ini.

Berikut ini adalah foto penampakan Power Supply buatan XTREME yang mirip dengan COMSTARS nampak dari atas.

Modul Rangkaian Tampak Atas

Nampak disini hanya ada 1 ELCO utama. 150uF/400V. Ada 1 IC yang ternyata adalah IC untuk pengatur Power Factor Control dan PWM Control untuk mengendalikan Switching travo utama.

Untuk komponen pendukung 5VST, ia menggunakan sebuah IC. Sedangkan pada Power Supply ATX biasa memakai transistor.

Selanjutnya saya melihat jalur pada sisi PCB.

nampak normal-normal saja dan tidak ada fitur baru yang “perlu dipelajari”.

PCB nampak bawah

Dari sini saya segera mendapatkan informasi menarik tentang perbedaan Power Supply yang memang 80+ dengan Power Supply ATX yang biasa.

Perbedaan itu antara lain adalah:

  • Jika Power Supply 80+ menggunakan 1 Elco untuk Filter Kuprox. Sementara untuk Power Supply biasa hanya menggunakan 2 Elco. Sisi tengah Elco digunakan sebagai CT untuk negatif Travo Switching Utama. Power suply 80+ menggunakan DC 380-400VDC untuk sumber arus travo switching, sedangkan Pada PSU ATX biasa menggunakan tegangan 310 VDC.
Modul Power Factor Correction
  • Ada sebuah rangkaian BOOST CONVERTER, yakni sebuah alat untuk menaikkan tegangan. Pada Power Supply ATX biasa, fitur ini tidak ada.
Boost Converter DC to DC
  • Pada Power Supply 80+ ada sebuah IC yang berfungsi sebagai penstabil Power Factor. Pada PCB ini menggunakan IC PFC dengan nomer CM6805BSX.
Foto milik Junk Fu or not Junk Fu
  • OPTO COUPLER lebih banyak dari PS ATX biasa.

Tidak seperti Power Supply ATX, jumlah komponen OPTO Coupler untuk PSU 80+ lebih banyak. Pada PCB Power Supply yang tengah saya teliti ini berjumlah 3 buah.

  • Rangkaian 5V Standby menggunakan IC. Pada Power Supply 80+ ini menggunakan komponen IC dengan nomer GR8937. Sedangkan untuk Power Supply ATX biasa, menggunakan sebuah Transistor untuk membikin tegangan 5 Volt Standby.

Selanjutnya saya melakukan tracing untuk menggambar skema sesungguhnya. Pada saat artikel ini saya tulis, saya masih belum menemukan datasheets IC dengan nomer CM6805BSX.

MENGGAMBAR SKEMA PCB DENGAN MENGGUNAKAN SKEMA TANGAN

Saya mencari skema diagram PSU KT-S550-12A ini belum nemu. Ada satu skema yang mirip -mirip dengan ini pada SEBUAH LINK .

Ternyata hasil dari link ini tidak 100% identik. Ada beberapa yang berbeda walaupun secara prinsip adalah mirip.

Maka saya memutuskan untuk mengambar dengan tangan saya menggunakan metoda lihat, lacak dan gambarkan.

Skema hasil gambar tangan menjadi seperti dibawah:

Skema Tangan PSU KT-S550 bagian primer

NOTE: angka disisi kiri adalah nomer pin dari IC CM6805BSX.

Travo utama L5 hanya saya lacak sisi Primer nya saja. Demikian dengan Travo Output DC5V Stanby L6. Ia hanya saya gambar sisi sekundernya saja.

Value Komponen tidak saya sertakan karena kesulitan pelacakan. Disamping itu alat yang biasa saya pakai untuk mengukur nilai komponen, hilang. jadi hanya menggunakan AVO analog saja untuk melacak jalur PCB.

PENJELASAN SKEMA

XXXX

KESIMPULAN

Power Supply Merk XTREME dengan Type KT-S550-12A memang benar Power Supply ber kelas 80+. Ia mengantongi sertifikat dari Clearesult.com walaupun sebenarnya lisensinya untuk PSU Merk COMSTARS.

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment