LOMBA RUMAH ASRI LINGKUNGAN RT7 DESA LUMBANGSARI 2021

 Pada Bulan Juli 2021 Ketua RT mengumumkan akan diadakan lomba RUMAH ASRI.

Dengan seijin pak Kades, lomba ini boleh diadakan karena tidak mengandung unsur kerumunan dan tidak memerlukan peserta yang berkumpul. Cukup pemilik rumah masing-masing menata dan merias halaman rumah masing-masing.

Lomba ini dilaksanakan bertepatan dengan Bulan Agustus, sehingga bisa dianggap mengisi kekosongan kegiatan Agustusan yang pada tahun 2021 tidak bisa diadakan karena masih dalam masa Pandemi COVID19.

Seperti kita ketahui bersama, pada Bulan Juli lalu, angka kematian karena tularan virus COVID-19 sangat tinggi. Banyak kota dan kabupaten berstatus Level 4 alias darurat termasuk Kabupaten Malang.

Karenanya segala aktifitas yang dianggap berkumpul, tidak diperkenankan oleh pemerintah kecuali dengan beberapa syarat ketat.

MASA PENILAIAN

Masa penilaian dimulai dari bulan Juli 2021. Pada saat itu pak RT memberi informasi lomba ini pada forum Grup Whatsapp di lingkungannya dan beberapa forum kecil yang melibatkan ibu-ibu.

Perlu diketahui bahwa pak RT tiap bulan selalu memberi nilai kepada rumah warga yang selalu menata halaman rumahnya. Dan nilai ini adalah diberi nama NILAI KONSISTENSI.

MASA PENJURIAN

Penjurian dilakukan pada tanggal 6 September 2021. Pelaksanaan penilaian ini mundur dari rencana semula karena untuk menyesuaikan jadwal 3 juri ( Kepala Desa, Kepala Dusun dan Ketua RW ) sangat sulit. Akhirnya pada tanggal 6 September pelaksanaan penilaian bisa dilakukan.

Penilaian para juri dilakukan hanya pada jalur jalan utama di lingkungan RT7 saja. Halaman rumah di area belakang rumah tidak dinilai.

Selanjutnya angka hasil penilaian ini di total oleh pak RT untuk dipadukan dengan nilai konsistensi yang telah dimiliki oleh pak RT. Dan hasilnya akan diumumkan kepada warga di lingkungan RT7.

PENGUMUMAN PEMENANG

Syarat untuk memenangkan lomba adalah: sebuah halaman rumah harus memiliki:

  1. Tanaman bunga
  2. Tanaman obat
  3. Tanaman pangan
  4. Tanaman keras/pohon
  5. Halaman selalu bersih
  6. Memiliki tempat sampah
  7. Memiliki tempat cuci tangan

Dari beberapa rumah, tidak semua rumah memiliki kriteria ini. Ada yang bagus karena tanaman bunga saja akan tetapi tidak memiliki tempat cuci tangan dan tempat sampah. Ada yang bagus karena berisikan bunga saja tetapi tidak ada kriteria lainnya sehingga halaman rumah tidak asri.

Dari total nilai, didapatkan hasil sebagai berikut:

JUARA I: rumah bu ISDIAWATI

Bu ISDIA memperoleh hadiah berupa piala dan 3 kantong beras 5Kg.

Bu ISDIA dikenal warga memiliki hobby berkebun dan menanam bunga. 2 Tahun yang lalu halaman bu ISDIA dijadikan lahan percontohan KRPL untuk warga RT7 dalam lomba lingkungan desa Lumbangsari.

Bu ISDIA mendapatkan nilai konsistensi tinggi dari pak RT dan nilai total tertinggi dari para juri.

Bu Isdia

Bu ISDIA mendapatkan nilai tertinggi dengan total nilai 65

Berikut foto penampakan halaman rumah bu ISDIA. Bu ISDIA mengelompokkan tanamannya menjadi 3 blok tanam, yakni blok bunga, blok sayur, blok pinggir jalan.

Halaman bu ISDIA

Blok sayur disini adalah sedikit lahan tanah yang ditanami sayuran seperti tomat, cabai, terong, jahe, kunir. Sementara yang di dalam polibag biasanya adalah sawi, brambang, serai, seledri.

Halaman bu ISDIA

Menurut bu Is, untuk blok pinggir jalan akan selalu berubah-ubah tergantung apa yang akan ditampilkan. Terkadang sayur, terkadang bunga, terkadang campuran.

Tanaman depan rumah bu ISDIA

Bu ISDIA juga memiliki sebuah kolam mini untuk memelihara ikan nila. Kotoran ikan ini dimanfaatkan untuk menyirami tanaman dan bunga di halaman bu ISDIA. Air kolam ternyata efektif untuk menyuburkan lahan tanaman.

Kolam ikan Nila bu ISDIA

JUARA II: rumah bu ARINI

Bu ARINI mendapatkan hadiah berupa piala dan 2 kantong beras 5Kg.

Bu Arini

Bu Arini mendapatkan nilai tertinggi kedua dengan nilai 59

Tanaman depan rumah bu ARINI

Bu ARINI memiliki taman bermain yang biasa dipakai anak-anak di kampung ini untuk bermain, menumpang wi-fi. Bu Arini mendapatkan nilai konsistensi tertinggi dari pak RT.

Taman bermain bu ARINI

Berikut ini foto anak-anak yang tinggal di wilayah kampung ini bermain dan berkumpul di taman sawo bu ARINI setahun lalu saat belum dipotong.

Anak-anak RT7 bermain di taman bu ARINI

JUARA III: rumah bu LILIK SUHARTINI

Bu LILIK mendapatkan hadiah berupa piala dan 1 kantong beras 5Kg.

Bu LILIK S

Bu Lilik mendapatkan nilai tertinggi ketiga dengan nilai 53

Berikut ini adalah foto penampakan taman bu LILIK. Bu Lilik merawat taman ini sudah lama dan mendapatkan nilai konsistensi tertinggi dari pak RT.

Taman bu LILIK

FOTO 10 BESAR NILAI TERTINGGI

Nilai keempat hingga nilai ke Sepuluh terpaut tidak begitu jauh dan bersaing ketat. Karena itu pak RT hanya memberikan contoh foto-foto nya saja.

HIASAN BUNGA BU SAYU

Bu SAYU mulai memperbanyak koleksi bunga sekitar setahun ini. Koleksi bunganya semakin banyak dan semakin memperindah penampilan depan rumahnya.

Taman bunga bu SAYU

Disamping merawat taman bunganya, bu SAYU juga memiliki kolam mini untuk memelihara belut. Sebelumnya adalah kolam ikan.

Kolam Belut Bu SAYU

BONSAI BU ISTIKHA

Bu Istikha memiliki taman mini yang berisikan koleksi bonsai dan tanaman di seberang jalan.

Pak RT, pak Kades, pak Kasun berfoto didepan taman bonsai bu ISTIKHA

Disamping memiliki koleksi Bonsai, bu Didik juga memiliki sebuah warung yang bersih dan asri.

DEPAN RUMAH BU DAYU

Bu Dayu pada tahun lalu memiliki taman yang asri dan banyak koleksi tanaman dan bunga. Karena ada acara hajatan, terpaksa taman bunga diratakan. Saat ini bu Dayu sedang menata kembali taman bunganya dan menambah koleksi bunga hiasnya.

Depan rumah bu DAYUK

TAMAN GENTENG BU DILLA

Bu Dilla dibantu sang suami, pak Mad Jedut untuk merawat taman bunga mini nya. Halaman rumah semakin asri ketika ada hiasan mainan bandulan untuk anak – anak disekitar rumah bu DILLA.

TAMAN BONSAI BU DINI

Bu DINI selalu menyempatkan hari-harinya merawat taman bersama dengan sang suami, pak HAJIR.

Taman bonsai bu DINI

Disamping memiliki tanaman, bu DINI juga memiliki kolam ikan LELE.

Kolam Lele bu DINI

TAMAN SAYURAN BU ALIYAH

Bu Aliyah memiliki halaman yang ada pohon rambutan yang selalu rimbun buahnya disaat musim rambutan. Halaman rumah dirawat bersama dengan adik adik nya yang tinggal di rumah ini.

Taman brambang bu ALIYAH

SELAMAT YA IBU-IBU.

Pak RT menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Desa Lumbangsari yang telah menyumbangkan piala untuk para pemenang lomba dan ikut berpartisipasi sebagai Dewan Juri.

Dan pak RT juga berharap semoga tahun depan para ibu-ibu semakin peduli dengan halaman rumahnya. Semoga.

yohan Indrawijaya

Share

2 Responses

  1. Alhamdulillah

    Sukses untuk para pemenang

    Karena semua itu penuh perjuangan ya

    SUKSES = suka proses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment