OCL 150 SANKEN 56 VOLT

Last modified date

Comments: 0

Pada tulisan ini saya berbagi sebuah skema Power OCL dengan daya 150 Watt menggunakan sepasang transistor SANKEN nomor 2SC3857 / 2SA1493 dan memerlukan supplai simetris 56 Volt.

Setelah Anda menentukan tegangan supplai, maka selanjutnya adalah menentukan jenis transistor yang akan anda pakai sebagai penguat akhir.

Membikin sebuah amplifier jenis OCL dengan output hingga 150 Watt dapat kita lakukan dengan menentukan speaker terlebih dahulu.

Jika anda menggunakan speaker 8 Ohm untuk mendapatkan sebuah outut 150 Watt, maka setidaknya anda harus menggunakan tegangan supplai 49VDC simetris.

Akan tetapi jika anda bermain dengan beban speaker 4 Ohm, maka untuk mendapatkan output 150 watt setidaknya anda harus memasang supplai sebesar 41 Volt simetris.

Pada skema ini menggunakan sepasang transistor nomer 2SC3857 / 2SA1493 yang menurut datasheets adalah mampu menghasilkan dissipasi daya hingga 150 Watt ( DATASHEETS ).

Skema power amplifier ini saya peroleh dari sebuah servis manual sebuah amplifier era80-an buatan DENON dengan seri AVC3030. Ampli ini telah menggunakan remote control untuk mengatur input, menaikkan volume dan fitur lainnya yang bisa anda remote.

Penampakan dari depan LIHAT SINI selanjutnya melihat isi dalam ampli nampak SEPERTI INI.

SKEMA POWER AMPLIFIER

Untuk mengunduh skema secara utuh silahkan meng klik LINK INI. Selanjutnya hasil pangkas dan edit adalah seperti gambar di bawah ini:

OCL 150 SANKEN 56 VOLT
Seksi Power pada DENON AVC3030 OCL 150 SANKEN 56 VOLT

Skema ini terdiri dari beberapa blok antara lain adalah:

  • Preamp differential
  • Penguat tegangan
  • Servo Driver
  • Driver Amplifier
  • Final power

Penguat akhir menggunakan transistor 2SC3857 yang merupakan transistor berjenis kemasan MT-200 atau orang Indonesia mengatakan sebagai transistor SANKEN saja.

PENJELASAN

Supplai untuk rangkaian ini menggunakan 2 supplai, yakni simetris 56VDc untuk tegangan utama Power Amplifier ini dan Asimetris 15VDC untuk rangkaian preamp

SKEMA DENON LAINNYA

POWER MERK LAIN

BLOG YOHAN

SKEMA YOHAN

PIN YOHAN

admin

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment