BERAPA HASHRATE RX560 MILIK SAYA

Ketika saya mencoba membuat setting untuk menggali koin yang sedang naik daun, sebut saja ERGO, maka kartu grafis saya mengalami kesusahan. Tidak semua blok bisa mendapatkan Share.

Ceritanya nih, komputer saya adalah komputer rumah dan memiliki sebuah kartu grafis dengan chip AMD dengan nomer chipset RX560; yang memiliki memori video hanya 4 Giga Byte.

Kesusahan dalam hal ini adalah ia mendapatkan share dengan interval waktu sangat lama, yakni sekitar setiap 3 menit atau 180 detik.

Bagi saya, ini tidak sehat. Spek mesin VGA ini sudah kesulitan.

Idealnya, setiap VGA card mestinya mendapatkan share setiap 30 detik.

Saya menduga spec VGA ini sudah kalah bersaing dengan VGA card yang berfitur lebih gegas .

Bagaimana tidak, saat ini tingkat kesulitan salah satu POOL, sebut saja HEROMINERS, telah mencapai 1,65 Peta atau 1650 trilyun.

Ini sangat sulit bagi VGA card nomer RX560 ini untuk merebut kerikil – kerikil koin ERGO. Ia kalah dengan VGA card yang lebih tinggi spek nya, seperti RX580, RX VEGA, RX5700, dan seterusnya untuk kubu merah ( AMD ) dan RTX2080, RTX3090, dan sejenisnya.

MENCOBA MENGGALI KOIN LAIN

Hanya ada satu cara untuk memanfaatkan VGA nomer 560 ini: menggali koin lainnya yang tingkat kesulitannya lebih rendah.

Akan tetapi, apakah profit langkah ini?

Koin dengan kesulitan penggalian lebih rendah dari ERGO banyak juga. Akan tetapi nilai koin nya banyak juga yang sangat murah bahkan seperti tidak laku di pasaran bursa exchanger.

VGA card nomer RX560 ini mampu menggali beberapa koin profit antara lain adalah:

  • RAVEN
  • ZANO
  • ETC
  • HAVEN
  • BEAM
  • VERTCOIN
  • SERO
  • BITTUBE
  • TURTLECOIN
  • CONCEAL
  • dan sebagainya yang semakin tidak profit

MENCOBA MENGUKUR KEMAMPUAN VGA MENCANGKUL DI POOL KOIN

Setelah kita kumpulkan macam-macam koin yang kemungkinan masih profit, maka kali ini kita mencoba meneliti satu- persatu kemampuan hashrate dari koin-koin ini selain ERGO.

ZANO

RX560 mampu menggali pada 4,06 Mega Hash perdetik.

Speed ini pada settingan lawaran / standart bawaan kartu grafis ini, yakni sekitar Prosesor Clock 1300Mhz dan Memori Clock 1500Mhz.

Menurut website kalkulator Whattomine, masih ada kemungkinan memperoleh pendapatan adalah 0.94USD perhari.

Biaya listrik tidak masuk perhitungan.

Zano 4,07 MHs pada RX560

RAVENCOIN

Ravencoin menggunakan algoritma KAWPOW. Koin jenis ini terkenal dengan kosumsi listrik yang boros. Perlu Power Supplai yang cukup kuat untuk mendapatkan kerikil koin jenis ini. Untuk cangkul eletronik nomer RX 560 membutuhkan waktu 39 detik untuk mengumpulkan DAG.

Hashrate yang dihasilkan untuk mencangkul koin ini adalah sekitar 6,3 MHs dengan speed VGA yang sudah di custom menggunakan software MSI Afterburner pada posisi Core Clock 1240Mhz dan Memori clock 1800Mhz.

Raven 6,3 MHz pada VGA RX560

Dengan mengacu pada speed sekian ini, maka menurut whattomine.com masih memungkinkan pendapatan mencapai sekitar 0,7 USD.

ETC

Ethereum Classic adalah Hardfork dari Ethereum. Saat ini ETC telah menggunakan algoritma ETCHash. Ceritanya pada saat 2018 pernah ada serangan hacker yang membikin para miner mengalamai rugi waktu dalam penambangan.

Dengan hardfork ini, maka ukuran DAG untuk ETCmenjadi kecil, sehingga VGA dengan memori 4GB masih bisa melakukan penambangan. Berbeda dengan Ethereum yang menggunakan algoritma ETHASH yang DAG nya harus diatas 4GB untuk bisa melakukan pekerjaan memecahkan kode atau mencangkul lahan pada POOL.

Hanya saja, hingga saat artikel ini ditulis, penulis masih belum mampu menampilkan angka 30MHs seperti yang dikatakan oleh website kalkulator whattomine.com.

Sehingga penulis terpaksa menampilkan angka 12 Mega Hash perdetik sebagai acuan.

team red miner ETC

Dengan kemampuan cangkulan yang 12 MHS ini, kemungkinan VGA ber nomer RX560 ini mampu menghasilkan uang elektrik sebesar 0.8 USD. Belum termasuk biaya listrik lho ya?

Kalkulator pada herominers.com

HAVEN

Haven Protocol termasuk koin jenis Cryptonight yang dicari dan digali oleh para miners karena menjanjikan. XHV selalu nongol pad rangking 10 besar koin yang profit untuk dilakukan penambangan. Ia bersaing dengan ERGO, RAVEN, ZANO, dan ETC.

Haven digali dengan menggunakan algoritma cryptonight_haven. Koin ini muncul pada januari 2018 dan sudah listing pada tradeogre pada april 2018 (1).

Saat artikel ini diketik, mendapatkan informasi bahwa ia masih mampu menghasilkan 0,34 USD untuk 1 VGA dengan nomer RX560 4GB. Anda harus berpikir ulang untuk listrik yang harus dibayarkan terhadap hasil yang didapatkan oleh VGA anda.

TRTL

Turtlecoin menggunakan algoritma Argon2 Chukwa untuk mendapatkan koin TRTL ini.

Kartu grafi RX560 mampu menghasilkan kecepatan gali sebesar 10 kHs.

Dengan kecepatan 10kHs ini, kartu grafis ini mampu menghasilkan 0,76 pada saat artikel ini diketik.

KESIMPULAN

KIta harus pandai-pandai mengikuti perkembangan koin, sehingga kita bisa memilih, mana koin yang CUAN dan mana koin yang sedang BONCOS.

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment