OCL 150W PEAVEY WMA

Skema ukuran asli ada di dalam artikel ini

WMA 150 adalah produk mixer ampli PEAVEY CORP pada era 80-an, yang memiliki kemampuan output hingga 150 Watt pada 4 Ohm, yang mana pada saat itu banyak penguat audio sedang berlomba-lomba membikin ampli daya besar dengan kualitas tinggi. Merk ini adalah termasuk.

Mixer dengan ampli ini orang biasa menyebut dengan nama WALL MOUNT AMPLIFIER karena bentuknya yang unik dan peruntukkannya adalah untuk Public Address Amplifier.

Sementara itu pada era yang sama, di negeri kita ini Public Address Amplifier masih menggunakan ampli ber-output Travo Output ( OT ).

BROSUR DI SINI.

SKEMA GAMBAR ULANG

Karena skema yang asli lumayan tidak jelas alias kabur, maka saya mencoba membuatkan kloningan skema-nya seperti gambar di bawah ini:

SEKSI POWER PEAVEY WMA 150
Seksi Power pada Power PEAVEY WMA 150

DONLOT FILE DI SINI

Setelah saya mempelajari rangkaian ini, maka kedapatan jika power ampli ini menganut sistim OUTPUT GROUNDED. Output dari rangkaian ini terhubung ke ground dan terminal speaker satunya ada pada CT dari travo.

OPAMP 1 bertugas sebagai penurun impedansi untuk menyesuaikan phasa output dari rangkaian ini.

Pada sistim amplifier Output Grounded, maka feedback terletak pada pin inverting pada pin 2 dari OPAMP 2.

CATATAN TAMBAHAN

Menurut datasheets, diode D8 dan D9 terletak di Keping Pendingin ( HEATSINK ) untuk transistor final sebagai feedback untuk bias ke driver dan power transistor.

84140 persamaan dengan MJ15003 atau MJ15052, sementara 74170 persamaan dengan MJ15004 atau MJ15053. Kemampuan daya adalah hingga 250 WATT ( DATASHEETS ).

Dengan paralel 2 buah transistor sebenarnya transistor ini memiliki kemampuan hingga 500 Watt. Namun karena tegangan supplai hanya 42VDC, maka ia hanya mentok pada 150 watt pada beban 4 Ohm atau 260 Watt pada beban 2 Ohm.

Akan tetapi saya tidak menyarankan anda untuk menggunakan beban dibawah 4 Ohm karena akan ada banyak kerugian, antara lain adalah kerugian panas dan kerugian tegangan. Tentu saja akan berakibat rugi daya pula.

KEMUNGKINAN PENGKLONINGAN

dengan melihat skema ini, maka sangat memungkinkan bagi kita untuk melakukan kloning rangkaian ini. Hanya saja perlu ketelitian untuk itu karena ampli ini menerapkan prinsip Ground Output, sehingga beresiko gagal kerja apabila tidak terbiasa membuat amplifier type seperti ini.

Transistor daya bisa kita ubah menjadi transistor umum di negeri kita seperti C5200/A1943 sebagai pengganti transistor daya.

Demikian pula dengan transistor driver bisa kita ganti dengan nomer C4793/ A1837.

OPAMP tetap menggunakan 4558 bahkan bisa kita ganti dengan yang low noise seperti TL072 atau NE5532.

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post comment