UANG TELUR TRILYUNAN DI BULAN PUASA

ROMADLON BAGI ORANG ISLAM

Bulan Romadlon adalah bulan yang paling dinanti-nanti oleh Muslimin khususnya di Indonesia, didunia pada umumnya.

Kenapa demikian?

Karena beberapa dari mereka menganggap bulan ini adalah bulan yang penuh Rohmat ( limpahan kasih dari Tuhan ), penuh Maghfoiroh ( pengampunan dari Tuhan ), penuh Barokah ( kebaikan, kemujuran, dan hal positif ).

Memang seperti itu?

Silahkan menjadi Muslim yang taat dan baik dulu. Karena jika tidak menjadi muslim, anda tidak akan bisa berkesimpulan demikian.

ROMADLON BAGI ORANG SUNNI

Siapa sih orang Sunni?

Orang Sunni adalah orang yang mengikuti ajaran nabi Muhammad Shollallaahu ‘Alaihi Wasallam . Nabi Muhammad adalah suri tauladan yang baik bagi umat manusia, khususnya kaum yang berserah diri kepada sang Maha Pencipta.

Segala ucapan, tindakan, dan perbuatan sang Rosul ( utusan ) ini dicontoh dan diteladani oleh kaum Sunni.

Sunni berasal dari kata Sunnah. Sunni adalah sebuatan bagi orang yang mengikuti ajaran Sunnah.

Beda dengan Syi’ah. Syiah juga mengikuti ajaran Nabi Muhammad, akan tetapi ditambah dengan ajaran Imam Ali dan anak keturunannya. Beberapa sebagian kecil dari saudara kita kaum muslim ini saling benci satu sama lain ( sunni dengan Syi’ah ) dengan alasan masing- masing. Penaganut Syi’ah sendiri tidak mau disebut dengan Sunni. Demikian sebaliknya.

Akan tetapi kedua kelompok ini sama-sama memuliakan bulan Romadlon.

ROMADLON BAGI ORANG ASWAJA

Siapa lagi orang Aswaja?

Orang Aswaja adalah orang yang mengikuti ajaran Sunnah yang biasanya disebut dengan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Kaum ini mengikuti ajaran Rosul Muhammad SAW, juga mengikuti agama yang dijalani oleh para Sahabat Rosul, para pengikut Sahabat Rosul, para ahli agama, para Ulama pengikut, pengikutnya para pengikut, hingga ulama jaman terakhir. Sehingga ajaran ini berantai dan menyambung kepada pengikutnya.

Orang Aswaja melaksanakan ajaran dan aturan agama Islam mengikuti petunjuk Ulama nya, dan ulamanya mengikuti para guru dan ulamak mereka, dan para ulamak nya ulamak ini mengikuti petunjuk dan ajaran guru mereka demikian seterusnya hingga menyambung kepada sang guru, yakni Rosul Muhammad SAW.

ROMADLON BAGI MUSLIM JAWA

Apa itu muslim jawa?

Muslim Jawa adalah orang-orang yang menganut ajaran Islam Sunni dan berpaham Aswaja an Nahdliyah.

Apa lagi ini?

Aswaja An-Nahdliyah adalah paham ahlu sunnah wal jama’ah dan mengikuti ajaran para imam dan ulama terdahulu mereka. An Nahdliyah berarti Kebangkitan. Jadi mereka ini adalah orang-orang yang bangkit dari keterpurukan ajaran yang pada saat sebelumnya banyak terjadi permasalahan. Antara lain masalah akidah yang banyak terjadi distorsi, masalah akhlak para pemimpin yang mulai tidak amanah dan tidak melindungi rakyatnya, dan multi masalah yang lain di tanah Jawa.

Pada saat Islam masuk di Indonesia, kondisi masyarakat di pulau Jawa sebenarnya telah maju. Akan tetapi efek dari kemajuan tersebut adalah terjadi kesewenang-wenangan para pemimpin, ketidak adilan , rendahnya martabat perempuan.

Saat ini Islam adalah agama yang paling banyak dianut oleh orang Jawa. Akan tetapi proses mengislamkan tanah Jawa ini adalah tidak serta-merta menjadi Islam.

Membutuhkan proses panjang para ulama terdahulu untuk menanamkan Islam dihari mereka.

Para penduduk di Pulau Jawa masih banyak yang menganut paham Animisme, dinamisne, dan paham campur-campur. Hingga para ulama An-nahdliyah perlahan-lahan mencoba meluruskan ajaran Islam menuju yang lurus.

Maka tidak salah jika proses meluruskan ajaran islam dianggap kegiatan yang bertentangan dengan ajaran Islam yang asli. Wong menilai sebuah proses ya begitu pak bos…

SELAMATAN ROMADLON

Berapa jumlah orang Indonesia yang melaksanakan Tasyakuran / syukuran / selametan Romadlon?

Dalam hitungan saya, jumlah orang yang melaksanakan sebanyak 55 Juta orang dengan berbagai macam pendekatan perhitungan.

Note: Angka ini tidak mutlak. Hanya perhitungan pribadi saja.

TELUR SELAMETAN

Ketika satu keluarga nahdliyin membikin selametan atau tasyakuran pada bulan romadlon, biasanya merka membeli antara 30 hingga 60 butir telur untuk diolah.

Hasil olahan ini biasanya menjadi satu dengan paket nasi, lauk ayam, sambal, sayuran, buah dan macam-macam sajian sesuai kemampuan dan sesuai kearifan lokal masing masing daerah.

Jika muslim indonesia yang melakukan tasyakuran ada sekitar 55 juta orang, maka akan ketahuan kosumsi telur sebanyak 1,66 milyar hingga 3,33 milyar butir.

UANG TELUR

Dari jumlah telur yang dikosumsi selama selametan ini, saya buatkan pula harga kisaran telur mulai 750 rupiah hingga 2250 rupiah.

Akan kelihatan berapakah trilyun rupiah yang dikeluarkan keluarga indonesia dalam acara selametan romadlon ini.

Dalam tabel disebutkan bahwa kemungkinan uang yang beredar untuk membeli telur selametan saja antara 2 trilyun hingga 5 trilyun.

Sungguh sebuah angka yang sangat besar.

KESIMPULAN

Romadlon adalah bulan penuh berkah. Hanya urusan telur saja telah terjadi lalu lintas uang sebesar trilyunan. Satu trilyun adalah besar uang 1 gepok merah (10 juta) sebanyak 100 ribu gepok.

Semoga Romadlon anda penuh barokah dan lancar Jaya. Aamiin.

(Visited 8 times, 1 visits today)

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment