SITUS PATIAYAM DI PULAU JAWA

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan keberagaman hasil alam. Indonesia juga merupakan negara dengan ribuan budaya yang sangat khas. Selain itu, Indonesia juga merupakan negara dengan pencetak situs purbakala terbesar di dunia.

FOTO DARI LIPUTAN6_COM

Disegala belahan dunia, tentunya memiliki peninggalan prasejarah yang berbeda-beda. Peninggalan prasejarah tersebut bisa masih terpendam didasar bumi, bisa juga sudah muncul dipermukaan dan ditemukan oleh para peneliti.

Di Indonesia sendiri, memiliki banyak sekali situs peninggalan prasejarah yang cukup menarik untuk ditelusuri. Situs prasejarah tersebut terbentang luas mulai dari kerajaan Singosari hingga kerajaan Majapahit.

Para peneliti lokal maupun mancanegara masih terus menggali sisi situs peninggalan prasejarah yang masih terpendam dibawah tanah untuk ditemukan dan dijadikan sebagai bahan penelitian.

Nah, baru-baru ini telah ditemukan SitusPatiayamdi Pulau Jawa. Situs ini merupakan salah satu situs yang digunakan sebagai bahan penelitian dari Balai Arkeologi D. I. Yogyakarta. Bagi Anda yang belum mengetahui seputar apa itu patiayam. Berikut ini akan dijelaskan mengenai situs peninggalan prasejarah tersebut.

SITUS PURBA PATIAYAM

Situs purba Patiayam merupakan sebuah situs purba yang ada di Pegunungan Patiayam, Kudus. Disini, sekitar 1500 fosil telah ditemukan dan sebagian disimpan dirumah-rumah penduduk sekitar, sebagian gading gajah juga ditempatkan di Museum Ronggowarsito Semarang.

Patiayam merupakan salah satu situs yang termasuk dalam bagian dari Gunung Muria. Luasnya sendiri mencapai 2902,2 hektar yang meliputi wilayah Kudus dan sebagian kecamatan di Pati.

Kelebihan Situs Purba Patiayam

Situs Patiayam memiliki keunggulan dari segi komparatif. Keunggulan tersebut adalah dimanarangka fisik dari fosilnya masih utuh. Hal ini dikarenakan adanya proses penimbunan dari abu vulkanik halus yang membuatnya masih utuh. Disekitaran wilayah situs juga tidak terdapat sungai besar yang membuatnya tidak pernah berpindah lokasi akibat erosi.

Patiayam juga merupakan salah satu situs terlengkap dimana hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan berupa manusia purba (homo erectus), fauna invertebrata, serta fauna fertebrata.

Selain itu juga ditemukannya alat bantu manusia yang terbuat dari hasil budaya manusia purba dan ditemukan dalam satu aeri pelapisan tanah yang tidak pernah terputus sejak satu juta tahun yang lalu.

Kenampakan Situs Purba Patiayam

Jika dilihat secara morfologi, Situs Patiayam ini dirupakan dalam bentuk kubah yang memiliki ketinggian puncak hingga 350 meter diatas permukaan laut. Di wilayah Patiayam juga terdapat batuan yang berasal dari jamanPlestosen yang mengandung fosil vertebrata serta manusia purba yang terendap dalam lingkungan rawa dan sungai.

Penetapan Situs Purba Patiayam

Pada 22 Sepetember 2005 lalu, Patiayam memang sudah ditetapkan secara langsung oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah sebagai salah satu cagar budaya. Sebelum hal tersebut terjadi, situs ini sudah cukup lama dikenal sebagai situs manusia purba (hominid) di Indonesia.

PENEMUAN PATIAYAM

Di Patiayam ini ditemukan fosil dari gading gajah purba Stegodon Trogonocephalus yang menjadi salah satu primadona bagi Patiayam. Pada tahun 2007 lalu, ditemukan pula jejak budaya manusia dari hasil eskavasi atau penggalian yang telah dilakukan sebelumnya.

Beberapa temuan tersebut diantaranya adalah kapak genggam, alat serut, kapak perimbas berbahan dasar batu gamping kersikan, dan alat serpih. Temuan ini tentunya semakin memperbesar kemungkinan bahwa memang Patiayam pernah dijamah oleh manusia purba. Untuk itulah, Balai Arkeologi Yogyakarta melakukan penelitian dan ekskavasi demi melestarikan Situs Patiayam yang merupakan situs prasejarah dari ikon masa depan. Tidak hanya itu, di kawasan Patiayam ini juga terdapat sebuah goa yang bernama Goa Patiayam atau Goa Dalem.

Kontributor: DYAH

Editor: YOHAN

Penulis Kontributor

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment