MENAMBANG ALTCOIN BERANGKAT DARI NOL (1)

6 Logo Altcoin paling digemari

DAFTAR ISI

MINING MENGGUNAKAN CPU

MINING DENGAN KARTU GRAFIS

MEMASTIKAN VGA CARD TELAH TERPASANG DRIVER DENGAN BENAR

MENCARI DRIVER

MENDOWNLOAD DRIVER

MENGINSTALL DRIVER

MEMILIKI WALLET ATAU KANTONG KOIN

BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN WALLET ADDRESS

MENDAFTARKAN DIRI KE INDODAX UNTUK URUSAN PENCAIRAN

TANYA: BISAKAH MEMPEROLEH BITCOIN DENGAN MENGGUNAKAN KOMPUTER RUMAH?

Pertanyaaan ini sering muncul dari seorang yang belum pernah melakukan penambangan bitcoin dan altcoin.

JAWAB : BISA

Kemudian ada pertanyaan lanjutan: BAGAIMANA CARANYA?

Maka kali ini akan saya jawab: DENGAN CARA MENANAM SOFTWARE MINING DI DALAM KOMPUTER KITA.

Kemudian bertanya kembali: TEKNISNYA BAGAIMANA SIH?

Saya juga pemula. Tapi saya akan mencoba memberikan solusi kepada pembaca para pemula dalam hal mining altcoin.

Menambang di sini sebenarnya adalah kemampuan sebuah alat elektronik seperti CPU dan GPU dari komputer untuk memecahkan kode unik dari sebuah server pool coin. Ketika berhasil memecahkan kode, maka CPU atau GPU ini mendapatkan bagian sesuai dengan proporsi.

MINING MENGGUNAKAN CPU

CPU atau biasa disebut dengan Procesor adalah komponen utama komputer yang bisa kita pakai untuk menambang Altcoin. Ia menghasilkan koin apabila CPU ini memiliki kemampuan tinggi dan memiliki banyak inti.

Dengan hanya 2 inti masih bisa terpakai untuk menambang koin, akan tetapi tidak mampu menghasilkan uang dengan jumlah besar, misalnya 1 USD perhari.

Prosesor i3 generasi 3 masih bisa menghasilkan hashrate, akan tetapi sangat tidak menghasilkan. CPU dengan prosesor i7 dengan generasi 8 sudah bisa dipakai untuk menghasilkan uang, meskipun dalam jumlah lumayan kecil.

Jika prosesor anda adalah Ryzen3 1300x, maka kemungkinan hanya kan menghasilkan 0,16 USD perhari. sangat tidak disarankan. Akan tetapi jika anda memiliki prosesor Ryzen9 5950x, maka anda akan bisa menghasilkan uang sebesar 0,88 USD.

Kalkulator CPU ada pada link ini:

https://www.nicehash.com/profitability-calculator/

Biasanya orang -orang berinvestasi membeli komputer dengan prosesor gegas mengoperasikan CPU dalam jumlah banyak untuk menghasilkan uang sebanyak-banyaknya.

Akan tetapi untuk menambang dengan CPU ini tidak begitu saya bahas karena saya tidak memiliki CPU dengan kemampuan tinggi untuk saya ceritakan.

MINING DENGAN KARTU GRAFIS

Komputer rumahan sebenarnya bisa kita pakai untuk melakukan penambangan Altcoin. HAnya saja itu tergantung dengan kemampuan CPU maupun GPU yang kita punyai. GPU dan CPU sudah tidak mampu untuk menambang Bitcoin. Ia hanya bisa menambang koin berjenis Altcoin seperti Ethereum dan koin kripto lainnya.

Ethereum pun sudah tidak bisa kita gali dengan menggunakan GPU dengan video memori 4 GB, karena DAG dari Ethereum adalah sudah lebih besar dari 4GB. Ini berarti kita harus memiliki GPU atau kartu grafis dengan video memori 6 GB keatas.

MEMASTIKAN VGA CARD TELAH TERPASANG DRIVER DENGAN BENAR.

Langkah pertama untuk memastikan desktop kita bisa menggali koin kripto adalah memastikan bahwa VGA card kita telah terinstall dengan baik dan benar. Untuk memastikan hal ini, kita mesti masuk ke Device manager dari Windows kita.

Untuk masuk ke device manager, kita bisa mulai dari mengisi kolom pencarian dengan mengetik: “device manager”. Atau bisa memulai dari Properties komputer kita, selanjutnya kita pilih Hardware > Device manager.

Jika dalam device manager masih ada tulisan STANDART VGA GRAPHIC ADAPTER, maka sudah pasti komputer kita tidak bisa untuk menggali koin. Ini karena driver dari VGA card belum terinstall dengan benar.

Kita mesti melakukan installasi kartu grafis ini.

MENCARI DRIVER

Terus bagaimana cara kita menginstall driver dari VGA card nya?

Ya. Langkah yang termudah adalah kita menginstall software yang ada pada CD penyerta dari VGA Card yang kita beli. Di situ telah tersedia software untuk instlallasi driver kartu grafis ini.

Akan tetapi jika kita tidak memiliki CD driver, maka kita harus memastikan jenis apa VGA Card kita. Buatan siapa dan nomer berapa.

Untuk mengetahui Kartu grafis yang akan kita install ini, biasanya kita masuk ke Device Manager dan memeriksa DEVICE ID dari kartu grafis ini.

Untuk mengetahui Device ID nya, maka kita masuk ke Device Manager> klik kanan VGA card >Properties> Detail> Property: pilih Device ID

Pada kode unik yang terdapat pada gambar diatas. maka tulisan ini kita sorot untuk kita copy dan kita carikan di mesin pencari di internet.

Kita menempelkan kode ini pada kolom mesin pencari dan mesin ini akan mencarikan informasi untuk kita.

MENDOWNLOAD DRIVER

Saya biasa menggunakan website google.com untuk mencari driver VGA maupun driver perangkat pendukung komputer lainnya.

Setelah masuk ke browser, maka kita memasukkan kode unik hardware ID ini ke dalam serach bar.

Selanjutnya google akan mencarikan jawaban seperti contoh berikut:

Ini berarti, kita harus melakukan pengunduhan driver untuk kartu grafis ini. Google mengatakan bahwa kartu grafis yang tidak ber driver ini adalah VGA dengan nomer RX560.

Berarti kita kan mencari driver RX560 pada official websitenya saja untuk lebih aman dan mudah.

Kita membuka website AMD.com untuk mendapatkan driver.

Pada link ini adalah alamat driver untuk RX560 dengan macam macam Operating system yang dipakai:

https://www.amd.com/en/support/previous-drivers/graphics/radeon-500-series/radeon-rx-500-series/radeon-rx-560

Selanjutnya adalah kita lakukan pengunduhan pada link yang disediakan oleh amd.com

Dan hasil download akan tersimpan di dalam komputer kita

MENGINSTALL DRIVER

File telah terunduh. Maka saat ini yang kita lakukan adalah melakukan installasi software.

Kita bisa lakukan installasi secara default atau mengikuti aturan pemilik software untuk terinstal ke dalam komputer kita.

Lakukan installasi ini dengan sebagai administrator. Ikuti proses installasi ini hingga selesai.

Installer ini akan diletakkan pada path direktori C:\AMD. Ini berarti apabila kita melakukan installasi driver maupun installasi manual, bisa kita ambilkan dari folder ini.

Biasanya kita akan di beri pertanyaan untuk kesepakatan installasi. Kita jawab dengan meng klik ACCEPT AND INSTALL.

Tunggulah proses installasi hingga selesai. Biasanya kita diminta untuk melakukan re-start komputer untuk mengintegrasikan beberapa file sistem mereka.

Setelah komputer Restart kembali, maka kita masuk kembali ke Device Manager untuk memeriksa hasil installasi driver untuk kartu grafis kita ini.

VGA Card telah terinstall

MEMILIKI WALLET ATAU KANTONG KOIN

Apa wallet itu pak? Tanya seorang teman. Wallet adalah istilah yang dipakai untuk menyimpan data jumlah koin yang telah kita dapatkan dari sebuah pool penambangan.

Ketika kita melakukan penambangan, maka kita harus membawa “karung” elektrik untuk menampung koin yang tengah kita gali / tambang.

Karung atau kantong atau dompet elektrik ini biasanya disediakan oleh website Exchanger. Bahkan penerbit koin juga menyediakan generator kantong elektrik ini.

Contoh: Kita sedang menggali koin yang bernama RAVENCOIN, maka kita harus memiliki alamat kantong elektrik pula.

Untuk mendapatkan alamat kantong elektrik ini, kita bisa numpang alamat pada website Exchanger atau memiliki kantong pribadi tersendiri yang alamatnya ter-generate dari website penerbit atau Developer koin RAVENCOIN ini.

BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN WALLET ADDRESS

Saya menggunakan INDODAX untuk menumpang alamat wallet. Meskipun saya juga memiliki alamat wallet dgn status “numpang” pada Exchanger yang lainnya ( misal: Tradeogre ).

Untuk memperoleh alamat wallet, maka kita harus mendaftarkan diri dulu menjadi anggota dari sebuah Exchanger. tentu saja kita harus menyertakan nama, alamat email dan persyaratan lainnya.

Sebuah website Exchanger tidak menginginkan anggotanya adalah pemain gelap atau penyusup kejahatan, karenanya ia selalu meminta informasi kepada para calon anggotanya. setelah calon anggota diterima, maka anggota ini bisa memiliki banyak alamat wallet menurut koin yang sedang dimainkannya.

MENDAFTARKAN DIRI KE INDODAX UNTUK URUSAN PENCAIRAN

Kenapa saya menulis INDODAX di tulisan ini dan bukan website exchanger lainnya?

Jawabnya adalah: Karena saya masih percaya dengan Indodax. Saya telah menjadi member INDODAX sejak lama dan belum pernah ada kendala bahkan komplain.

Saat saya mendaftar ke Indodax, total member pada saat itu masih sekitar 500 ribu orang. Saat ini member dari INDODAX telah mencapai 3 Juta orang lebih. Sungguh webuah Exchanger yang terpercaya.

Terus apakah Exchanger lain yang support dengan rupiah tidak terpercaya?

Saya Jawab : SAYA TIDAK BISA JAWAB. Ini hanya karena saya kurang begitu aktif memakainya. Karena tidak begitu aktif memakainya, saya tidak berani menjawabnya.

Keuntungan apa yang didapatkan jika kita menjadi anggota INDODAX? Saya menjawab: Kita bisa kirim dan tarik Rupiah lewat ATM maupun jalur lainnya.

INDODAX adalah jembatan pertama memasukkan uang kita untuk investasi Bitcoin maupun Altcoin sekaligus jembatan kita untuk mengambil uang rupiah kita.

Di dunia ini, hampir semua exchanger hanya melulu menukarkan uang saja. Exchanger yang support dengan deposit dan withdraw lebih sedikit. Apalagi yang support dengan RUPIAH atau IDR, wah semakin sedikit.

Memiliki akun di INDODAX adalah keharusan jika kita adalah calon penambang / MINER BITCOIN mapun MINER ALTCOIN.

Untuk mendaftar ke INDODAX, cukup kita masuk ke website indodax dan carilah kolom DAFTAR atau SIGN UP pada halamannya. Isilah data yang ada pada kolom kosong untuk kepentingan pendataan dari website ini.

Anda juga akan diminta untuk meng upload foto diri dan foto diri bersama KTP. Istilah dalam dunia online adalah KYC atau Know Your Customer.

Selanjutnya:

MENDOWNLOAD APLIKASI

BACA LAGI

yohan Indrawijaya

Share

1 Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment