ANTARA MENULIS MEMAKAI PENA VS KEYBOARD

BACA

Secara umum pengertian menulis adalah mengungkapkan gagasan. Meski menulis dianggap sebagai aktivitas yang menguras konsentrasi, ternyata banyak juga yang ingin menjadi penulis handal.

Memang, menjadi penulis dengan pena tidak hanya tentang memiliki niat dan cita-cita. Namun Anda harus memahami terlebih dahulu arti tulisan. Fungsinya agar lebih bisa mengeksplorasi dan bisa berkonsentrasi kembali dalam mengungkapkan ide dan gagasan.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MENULIS DENGAN PENA

Berikut ini akan dijelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menulis dengan menggunakan pena.

KELEBIHAN MENULIS BUKU DENGAN PENA

Ada keuntungan yang kita miliki ketika kita suka menulis buku dengan menggunakan pulpen, yaitu pikiran selalu fresh, kantong selalu terisi, ilmu selalu bertambah, punya banyak teman. Ada 4 keuntungan yang bisa diambil dari segi penulisan dengan pena.

Keuntungan pertama adalah pikiran selalu fresh karena pikiran di otak akan bersirkulasi dengan baik.

Keuntungan kedua adalah kantong yang sehat. Seorang penulis buku dengan pulpen akan mendapatkan banyak manfaat materi dari buku yang ditulisnya. Uang bisa berasal dari royalti atau jual beli naskah. Meskipun penerbit masih menganggapnya dapat dipasarkan.

Keunggulan ketiga adalah ilmu sang penulis semakin bertambah. Menulis dengan pena sebenarnya juga memasukkan sebuah ilmu ke dalam benak si penulis lewat tulisannya.

Keunggulan keempat adalah banyak teman. Tentunya teman akan datang karena teman tersebut mengenal penulis melalui bukunya. Biasanya pembeli atau pembaca buku akan menelusuri penulis. Setelah identitas didapat, biasanya pembaca atau pembeli akan menghubungi melalui berbagai media.

KEKURANGAN MENULIS DENGAN PENA

Ada lima kekurangan dalam menulis buku, yaitu terkadang memiliki sifat tercela, malas membaca, bahasa buruk, tidak tahan kritik, dan Inkonsistensi genre.

Kelemahan pertama yakni terkadang ada sifat hina yang sering dimiliki penulis buku, yakni mencuri atau menjiplak karya orang lain disertai dengan sikap sombong. Kita tahu banyak penulis yag menuliskan karyanya dengan modal menyadur penuh kalimat, alinea, bab dst dalam buku karya penulis buku yang ia baca. Banyak penulis mencuri karya orang lain.

Kelemahan kedua adalah malas membaca. Ketika sang penulis miskin bacaan, maka ia juga mengalami miskin literasi. Tentunya ini akan menjadi cacat yang fatal karena nantinya tulisan akan miskin informasi dan eksplorasi ilmiah yang dangkal.

Kelemahan ketiga adalah bahasa yang buruk. Kondisi ini sering terjadi sehingga terjadi pengulangan atau pengulangan yang berlebihan. Tata bahasa yang buruk berakibat sang penulis akan mendapatkan julukan yang buruk, seburuk tulisannya.

Kekurangan kelima adalah ketidak konsisten-an genre atau jenis buku. Tidak mungkin seorang penulis buku mengejar semua jenis buku. Layaknya seorang dokter, kondisi ini jelas akan merugikan dirinya. Terkadang demi meraih keuntungan, sang penulis dipaksa menulis buku yang bukan spesialisasi di bidangnya. Pembaca tidak akan menemukan adanya spesialisasi atau kekhususan dalam karyanya.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MENULIS DENGAN KEYBOARD

Keyboard adalah perangkat input yang paling umum dan banyak digunakan. Pada pemakaian umum, keyboard biasanya dipakai untuk memasukkan tulisan dan perintah lainnya ke dalam sebuah komputer.

Keyboard ini terdiri dari tombol yang disebut ‘kunci’. Kunci-kunci tersebut diatur menjadi beberapa bagian :

  • Kunci alphabet yang berguna untuk menulis.
  • Fungsi atau tombol F (F1, F2, F3).
  • Keypad numerik (satu set di atas tombol alfabet dan keypad numerik di sebelah kanan).
  • Tombol panah atau kursor yang bermanfaat untuk menulis.
  • Tombol perintah (masukkan, hapus, beranda, akhir, halaman atas / bawah)

KEUNGGULAN KEYBOARD UNTUK MENULIS

Sebagian besar komputer dilengkapi dengan keyboard. Orang sudah terbiasa menggunakan keyboard untuk memasukkan data, mereka hanya perlu sedikit pelatihan. Seorang juru ketik yang terampil dapat memasukkan data dengan sangat cepat. Ada keyboard khusus, misalnya keyboard ergonomis.

Keyboard memasukkan huruf demi huruf ke dalam komputer untuk kemudian diproses. Pada aplikasi spreadsheet, keyboard sangat diperlukan sebagai pengganti pulpen: menulis huruf satu per satu. Selanjutnya rangkaian hasil tulisan ini bisa disimpan, disunting, bahkan dicetak.

Menulis dengan keyboard juga lebih ringan daripada menulis dengan menggunakan pulpen. Kenapa demikian? karena bisa dibayangkan: menulis dengan pena hanya menggunakan satu tangan. Sedangkan menulis dengan keyboard menggunakan 2 tangan.

Ini berarti untuk menulis 1000 kata akan tidak begitu berat jka kita harus menggunakan keyboard. Lebih – lebih penulis ini sudah terbiasa mengetik dengan kalimat panjang. Pasti sangat membantu.

KEKURANGAN KEYBOARD UNTUK MENULIS

Kelemahan menulis dengan keyboard adalah membutuhkan kejelian dan hafalan posisi huruf. Ini akan menjadi berat jika sesorang tidak terbiasa menulis dengan keyboard.

Penulis yang masih pemula dalam memakai keyboard, rawan membuat kesalahan saat mengetikkan kata. Jika tidak dapat menyentuh jenisnya, perlu waktu untuk menulis.

Jika masih pemula dalam menulis memakai keyboard, maka mengetikkan 1000 kata adalah sangat berat, karena posisi tangan harus selalu mengambang diatas keyboard selama mungkin dan ini pasti melelahkan.

Keyboard juga tidak cocok untuk pembuatan diagram. Anda perlu sebuah Mouse untuk itu.

Semoga bermanfaat.

Kontributor: Novita NP, Yohan I

Editor: Yohan I

<BACA LAGI>

Penulis Kontributor

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment