5 SITUS PRASEJARAH YANG ADA DI INDONESIA

TOPIK

Jika Anda belajar mengenai ilmu pelajaran sosial, pastinya Anda juga akan belajar tentang zaman prasejarah. Terlebih untuk Indonesia yang memiliki banyak sekali tempat peninggalan prasejarah yang menjadi salah satu saksi dari peradaban purba yang pernah ada.

Selain mempelajarinya melalui berbagai buku pengetahuan, Anda juga bisa berwisata secara langsung ke berbagai situs prasejarah yang ada di Indonesia. Berikut akan diberikan beberapa rekomendasi dari situs bersejarah yang menunjukkan bahwa ada masa peradaban purba yang hidup sebelum manusia.

SANGIRAN

Sangiran merupakan salah satu situs prasejarah yang ada di Indonesia sebagai tempat untuk mempelajari fosil manusia dan telah ditetapkan langsung oleh UNESCO sebagai situs penting dunia pada tahun 1996.

Nah, situs Sangiran ini ternyata terletak di dua kabupaten yang ada di Pulau Jawa, yakni kabupaten Karanganyar dan kabupaten Sragen. Lebih tepatnya situs Sangiran ini terletak di sebelah Utara dari Kota Solo.

FOTO: WISATABARU_COM

Di situs Sangiran ini juga terdapat 14000 lebih item dari berbagai fosil prasejarah. Selain fosil, Situs Sangiran ini juga memiliki peraga dan artefak yang bisa dilihat secara langsung oleh para pengunjung.

Museum Sangiran dibuka setiap pukul 8 pagi hingga 4 sore. Disini ada ruang Pamer II yang mana memberikan penayangan film pendek yang berisikan pembentukan alam semesta hingga pembentukan kepulauan yang ada di Indonesia.

<KEMBALI>

PATIAYAM

Situs prasejarah berikutnya adalah Patiayam. Situs Patiayam terletak di kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Situs Patiaya sendiri memiliki kesamaan dengan Situs Sangiran. Namun, Situs Patiayam ini dinilai paling lengkap dimana memiliki fauna vetebrata, invetebrata, fosil manusia purba, hingga alat yang terbuat dari batu.

FOTO: BERITALIVE_COM

Situs Patiayam ini telah masuk dalam cagar budaya yang telah diresmikan oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah pada tahun 2005 lalu.

<KEMBALI>

GUA HARIMAU

Gua Harimau juga merupakan salah satu situs bersejarah yang ada di Desa Padang Bindu, Sumatera Selatan. Mengapa disebut dengan Gua Harimau? Ternyata ada cerita dibalik penamaan gua ini, dimana masyarakat sekitar seringkali mendengar adanya auman harimau dan itu berasal dari dalam Gua Harimau tersebut.

FOTO: MERAH PUTIH_COM

Ada berbagai hal yang bisa Anda lihat didalam Gua Harimau ini, diantaranya adalah kerangka hewan yang diyakini sebagai hasil buruan manusia purba, pemakaman kuno dari ras Austronesia, serta lukisan cadas yang ada pada langit-langit gua.

Pada tahun 2014 lalu, ditemukan alat penipis, alat tumbuk, serta serpihan dari batuan obsidian yang ditemukan dalam situs prasejarah Gua Harimau ini.

<KEMBALI>

TAMAN PRASEJARAH LEANG-LEANG

Tidak hanya itu, situs bersejarah juga dapat Anda temukan didalam Taman Prasejarah Leang-Leang yang letaknya tidak jauh dari pegunungan karst yang merupakan pegunungan terbesar di Indonesia.

FOTO: ARSY_CO_ID

Disini pula ada satu leang bernama Pettae Kere yang menunjukkan sebanyak 27 gambar dari telapak tangan yang ada pada dinding gua serta perkakas yang menyerupai alat serpih bilah dan mata panah.

<KEMBALI>

SITUS GUNUNG PADANG

Berbeda hal dengan situs bersejarah lain yang ada, di Gunung Padang sendiri terdapat banyak sekali temuan batu andesit yang merupakan hasil dari sisa peninggalan prasejarah yang berasal dari masa Megalitikum atau zaman batu.

FOTO: HENDRAXSAP_WORDPRESS_COM

Jika dilihat dari hasil penelitian yang ada, ternyata Gunung Padang ini memiliki umur yang lebih tua dari Piramida Giza yang ada di Mesir. Namun, jika dilihat dari bentuknya yang memiliki kesamaan dengan Piramida Giza diyakini bahwa keduanya memiliki keterkaitan.

Inilah beberapa situs prasejarah yang ada di Indonesia sebagai bukti bahwa dulu memang terdapat peradaban dari manusia purba di Indonesia, terutama di Pulau Jawa.

<KEMBALI>

Kontributor: DYAH

Editor: YOHAN

Penulis Kontributor

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment