SKEMA MIXER POWER LANEY CK160

Tulisan ini bercerita tentang skema edit sebuah Mixer ber Power di dalamnya buatan LANEY yang bernomer CK160 yang terkenal era 2000-an.

Sumber skema asli penulis dapatkan DI SINI. Selanjutnya kita pecah-pecah sesuai seksi dan blok nya untuk mempermudah cerita.

Penampakan dari Mixer buatan LANEY ini bisa klik DI SINI.

FITUR

Beberapa website reviewer mengatakan bahwa LANEY CK160 biasa mereka sebut dengan nama KEYBOARD amplifier karena sepertinya mixer ber-amplifier ini sepertinya peruntukannya seperti hal tersebut.

Akan tetapi saya memandangnya bahwa ia adalah sebuah mixer audio yang sebenarnya bisa untuk masukan jenis alat audio apapun selain kibot, seperti: effek gitar, DVD player, Output Laptop dan alat audio lainnya.

Menurut servis manualnya, Power amplifier dari Mixer ini adalah hingga 160 watt pada beban spiker 4 Ohm.

Hitungan saya ini ada benarnya karena kemampuan Transistor final di dalamnya yang berkaki 5 ini memang mampu hingga 150 Watt, faktor penguatan ( hfe ) mulai 5000x hingga 20000x, Arus kolektor maksimum 16A, Tegangan Kolektor Emitor maksimum 160VDC ( DATASHEETS ).

SKEMA PREAMP

Berikut ini adalah potongan skema preamp untuk Mic pada Mixer Amplifier ini. Sementara itu hasil edit adalah seperti gambar di bawah ini:

Seksi Preamp pada Ck160

Input dari XLR ini yang balan ini masuk ke OPAMP U1-A untuk penguatan sehingga output berubah menjadi unbalan.

Output dari OPAMP ini selanjutnya masuk ke OPAMP U1B untuk dapat kita ubah GAIN dari sinyal inputnya. Besar penguatan sinyal dari rangkaian ini tergantung dari nilai potensio yaitu VR2 yang bertugas sebagai pot GAIN.

TONE CONTROL

Output dari Preamp ini kemudian masuk ke rangkaian Tone Control.

Tujuan dari seksi ini adalah untuk mengatur dan memilih setelan dan hasil olahan audio dari sumbernya sehingga mendapatkan hasil terbaik.

Berikut adalah hasil dari sedikit edit skema Tone Controlnya.

Tone Control pada input preamp pada LANEY CK160

Rangkaian ini hanya menggunakan 2 OPAMP untuk itu. OPAMP pertama untuk mengatur nada sedangkan OPAMp kedua bertugas untuk membalik phasa dari sinyal audio.

Note: Bagi seorang penghobi elektro, rangkaian ini bisa kita ubah menjadi 3 potensio untuk blok Tone Control nya dengan menambahkan potensio untuk Middle.

Rangkaian untuk tambahan middle ini hampir mirip dengan rangkaian LO ( mulai dari R11, VR3, C13, R12 dan R15 ) menjadi nilai sebagai berikut:

  • R11m= 5K6
  • R12m= 5K6
  • R15m= diganti kapasitor milar 22nF
  • VR3m= 100K
  • C13m= 5n6

Untuk kepentingan kloning ( membikin rangkaian kloning untuk keperluan sendiri ), MAIN OUT bisa kita beri potensio FADER atau VOLUME untuk mengatur level output dari rangkaian preamp ini.

MASTER MIXER DAN TONE CONTROL

Berikut adalah skema edit untuk Master Mixer ini.

Semua output yaitu dari 4 rangkaian preamp bertemu pada pin inverting dari U9-B untuk bercampur menjadi 1 oleh OPAMP U9-B. OPAMP ini adalah yang bertugas sebagai Summing Amplifier.

Selanjutnya output dari OPAMP ini akan masuk ke OPAMP selanjutnya yang bertugas sebagai pembalik phasa serta mencegah phasa terbalik lewat pemasangan D9 dan D10.

Output dari OPAMP ini masuk ke rangkaian RC filter tone control untuk selanjutnya teramplifikasi oleh OPAMP U12-A.

Potensio VOL adalah volume master dari Mixer 4 input ini.

POWER AMPLIFIER

Berikut adalah skema edit Power Amplifier pada LANEY CK.

Seksi Power Amp pada LANEY CK160

x

CATATAN

Pada skema mixer buatan LANEY seri CK160 ini menggunakan transistor Power SAP15N dan SAP15N yaitu transistor bergaya lawas era 90-an dan 2000-an.

Akan tetapi ia memiliki internal resistor dan daya 150Watt.

Dengan tegangan 50VDC simetris maka masih memungkinkan bagi transistor ini untuk mencapai daya hingga 225 watt pada beban 4 Ohm.

Namun sepertinya perancang dari rangkaian ini sengaja membikin pembatas output hingga 150 Watt menyesuaikan kemampuan transistor Final-nya.

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post comment