POWER OTL 90VOLT DC CARAD

Last modified date

Comments: 0

Power era 80-an masih banyak yang menggunakan teknik OTL ( Output Transformer Less ), dan kali ini saya mencoba membikin rancangan yakni menggunakan power OTL 90Volt.

Skema power ini saya ambilkan dari Power merk CARAD dengan seri EPAS63.

SKEMA EDIT OTL 90VOLT

Berikut ini adalah skema hasil edit atas skema aslinya dan komponen transistor telah saya sesuaikan dengan komponen yang umum ada di negeri saya.

skema edit POWER OTL

Rangkaian Power amplifier ini menggunakan tegangan supplai 90VDC asimetris atau catu tunggal yang maksudnya adalah hanya menggunakan tegangan 90VDC saja tanpa ada tegangan -90VDC.

Ini berarti tegangan output dari rangkaian ini adalah antara 0V hingga 90Vp-p.

Dengan demikian maka ini hampir sama dengan tegagan simetris 45VDC yang juga bisa mencapai tegangan output hingga 45Vp-p (peak to peakl ).

KLONING OTL CARAD

X

X

PCB RANCANGAN OTL 90VOLT

Di bawah ini adalah rancangan dari Power amplifier OTL yang menggunakan 4 buah transistor nomer TIP3055 yang masing masing memiliki kemampuan dissipasi daya hingga 100 Watt.

Yang menjadi perhatian di sini adalah pada Power Amplifier OTL terdapat sebuah Elco ( kapasitor elektrolit ) dengan nilai besar dan bertegangan besar untuk bisa meloloskan sinyal audio ke speaker.

Karena tegangan supplai adalah 90VDC, maka tentu saja anda memerlukan sebuah kapasitor elektrolit dengan kapasitas besar dan tegangan kerja diatas tegangan supplai.

SEE ALSO

Blogspot Yohan tentang skema OTL lainnya BACA SINI.

Macam-macam skema Power dalam blog ini DISINI.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment