OTL 20 WATT SANSUI 350A

350A adalah radio AM/FM stereo buatan SANSUI pada era 70-an yang menggunakan prinsip ampli OTL yang menghasilkan daya audio hingga 20 Watt pada beban 8 Ohm dan tegangan Asimetris 47VDC.

Penampakan Radio adalah seperti LINK INI.

SKEMA

Silahkan mengunduh skema DI SINI. Selanjutnya hasil pagkas dan edit dari skema adalah seperti gambar di bawah ini:

Seksi power OTL 20 WATT pada SANSUI 350A

Menurut data sheet transistor final amplifier memiliki kemampuan hingga 50 Watt.

Power amplifier ini menggunakan tegangan simetris yang cukup besar yakni 47 volt DC akan tetapi karena ia adalah power amplifier menggunakan sistem OTL maka ini dianggap rangkaian ini sama halnya dengan sebuah amplifier dengan tegangan simetris 23,5 volt DC.

Dengan demikian maka kemampuan output dari power amplifier adalah hingga 35 watt pada beban 4 ohm atau sekitar 20 watt pada beban 8 ohm.

Power amplifier ini tidak menggunakan rangkaian penguat differential ia hanya menggunakan penguat follower pengikut emitor biasa untuk selanjutnya outputnya akan masuk ke penguat tegangan yang seterusnya masuk ke driver amplifier untuk selanjutnya masuk ke power amplifier.

2sc281

CATATAN

Untuk melakukan cloning rangkaian ini maka anda bisa menggunakan transistor umum yang ada di negeri kita yakni 8002 bisa kita ganti dengan transistor C829 untuk 9002 bisa anda ganti dengan transistor A733.

Hanya saja posisi pin-nya beda posisi.

Untuk melakukan cloning pada rangkaian power amplifier ini saya rasa tidak begitu menemukan kesulitan karena skemanya tergolong sederhana dan ini adalah produk era 70-80.

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment