OCL 300 WATT DENGAN 3 MOSFET

Membikin kloningan Power amplifier OCL dengan komponen utama 3 pasang MOSFET untuk menghasilkan daya hingga 300 Watt saya rasa masih mungkin jika anda melihat skema rangkaian power ini.

Skema rangkaian power ini saya dapat dari sebuah manual servis milik Power dengan merk BK COMPONENTS seri AV125. Penampakan ampli LIHAT SINI BRO.

Power amplifier ini tersedia dalam dua versi yakni 5 kanal dan 7 kanal. Akan tetapi dari kedua versi ini sama-sama menghasilkan output 125 watt pada beban 8 Ohm.

ad

SKEMA OCL 300 WATT 3 MOSFET

Berikut ini adalah potongan seksi power amplifier pada BK COMPONENTS seri AV125

OCL 300 WATT DENGAN 3 MOSFET
OCL 300 WATT DENGAN 3 MOSFET

Dalam servis manual tidak menyebutkan berapakah tegangan supply untuk rangkaian ini. Namun dengan berpatokan pada nilai elco pada rangkaian penyearah dan berpatokan pada daya output pada 8 ohm maka akan ketemu angka 45 Volt DC.

Pada beberapa seri power Buatan BK component dengan watt 250 menggunakan tegangan travo 42VCT atau 50VDC. Berarti angka perkiraan 45VDC ini masih masuk dalam hitungan.

Mosfet pada rangkaian ini terkenal pada era 2000-an yang mana jenis ini menghasilkan maksimum dessipasi daya hingga 100 Watt. Ini berarti pada rangkaian power amplifier AV 125 ini sebenarnya mampu menghasilkan daya hingga 300 watt untuk output audio ( DATASHEETS ).

Dalam hitungan saya, rangkaian ini apabila terbebani dengan beban 2 ohm sekalipun tetap akan mampu mengeluarkan arus ke beban dan menghasilkan daya puncak hingga 306 Watt. Dan ini sesuai dengan maksimum kemampuan dssipasi transistor yang 300 Watt.

Pada rangkaian ini tidak menggunakan servo driver akan tetapi ia menggunakan sebuah trimpot yang bertugas untuk menentukan angka minimum arus idle pada tiga pasang MOSFET ini.

Jika kita melihat rangkaian power amplifier ini maka bisa kita bagi menjadi beberapa blok antara lain

  • Pre amplifier
  • Sinyal translator
  • Penguat tegangan, dan
  • Power amplifier

MOSFET nomer 2SK1058 / 2SJ162 memiliki kemampuan dissipasi hingga 100 Watt ( DATASHEETS ).

PENJELASAN

Apabila anda membuat kloning dari rangkaian ini anda bisa menghilangkan transistor Q13 dan komponen sekitarnya untuk menghilangkan fitur ini.

Dengan menggunakan tegangan 45VDC dan 3 MOSFET maka masih memungkinkan bagi anda untuk membebani power amplifier ini dengan 4 Ohm sehingga akan menghasilkan daya hingga 182 Watt. atau 300 watt pada beban 2 Ohm.

SKEMA BK COMPONENTS LAINNYA

POWER DAN MIXER

BLOG PAK YOHAN

SKEMA YOHAN

KOLEKSI GAMBAR SKEMA

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment