OCL 225W KELAS H AMC 2N100

Skema Power amplifier OCL kelas H buatan AMC dengan kemampuan hingga 225W ini saya dapatkan pada saat saya kelayapan di internet untuk menambah koleksi skema saya.

Sebuah Power merk AMC dengan seri 2N100 memberikan informasi bahwa ia mampu mengeluarkan daya 150 Watt pada beban 8 Ohm dan mampu hingga 225W dinamis ( MANUAL DARI WELTRONICS DI SINI ) .

2N100 ada yang memiliki 2 kanal dan 5 kanal. Penampakan isi dalam ampli 5 kanal adalah seperti BERIKUT INI.

SKEMA POWER

Berikut ini adalah skema hasil edit dari skema aslinya:

Seksi Power Amplifier pada AMC 2N100

Dari rangkaian Power Amplifier ini dapat saya jelaskan bahwa ia terdiri dari beberapa blok, antara lain adalah:

  • PREAMP
  • VAS
  • Servo Driver
  • OCP
  • DRIVER AMP
  • FINAL POWER AMP
  • VOLTAGE STEPPER
  • SPEAKER PROTECTOR

Preamp menggunakan komponen aktif transistor Q101 yang berkaki 5,

VAS adalah blok penguat tegangan yang menggunakan transistor Q105, Q106, Q110.

Servo Driver menggunakan transistor Q108.

OCP adalah fitur pencegah kelebihan arus pada transistor final yang terkendali oleh transistor OCP Q107 dan Q109. Apabila transistor final mengeluarkan arus yang sekiranya akan menimbulkan beda potensial besar pada resistor emitor, maka tegangan ini akan masuk ke basis transistor OCP.

Dengan demikian maka transistor OCP ini akan mendrop arus yang seharusnya ke transistor basis menjadi men-short-kan sebagian besar arus tersebut.

Driver amp menggunakan transistor Q111 dan Q112.

Final Power Amplifier menggunakan Q116 dan Q117. Sepasang transistor power ini pada saat sinyal kecil / lemah hanya teraliri arus dari D105 dan D103 yang terhubung pada tegangan supplai simetris 40 VDC.

Namun apabila pada beban ada sinyal kuat yang melebihi 7,5Volt maka diode zener akan bekerja dan akan mengaktifkan rangkaia stepper tegangan supaya transistor daya mendapatkan aliran arus bertegangan lebih tinggi hingga 70 VDC.

Dengan adanya rangkaian stepper ini maka transistor akan lebih hemat panas karena beban panas terbagi menjadi 2, yakni 1 untuk transistor Final Power itu sendiri dan yang satu adalah dari transistor stepper.

Rangkaian power amplifier OCL kelas H buatan AMC 225W ini menggunakan 2 tegangan supplai, yakni tegangan rendah dan tegangan tinggi.

Tegangan rendah adalah 40VDC dan tegangn tinggi adalah 70VDC yang keduanya adalah tegangan simetris.

PENJELASAN

C3858 memiliki kemampuan dis sipasi maksimum hingga 200 Watt ( DATASHEETS ). C3519 memiliki kemampuan panas maksimum hingga 130 Watt ( DATASHEETS ). Sehingga total spasi maksimum dari 2 transistor daya ini adalah 330 Watt.

Jika tegangan supplai dari rangkaian power ini adalah 70VDC simetris maka rangkaian power ini cocok untuk beban 8 Ohm hingga 6 Ohm. Jika menggunakan beban 4 Ohm maka akan menghasilkan overheating pada saat level maksimum karena transistor terpaksa mengeluarkan daya sebesar 440 Watt dan ini telah di luar kemampuan transistor power.

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post comment