OCL 100 WATT AMC 3100A

AMC 3100A adalah power amplifier gaya OCL yang produksi era 90-an dengan kemampuan audio output hingga 100 Watt pada tegangan 47VDC simetris dengan beban 8 Ohm.

INFO

Amplifier ini telah menggunakan teknologi digital dengan menyertakan remote kontrol untuk memilih jenis input, mengatur volume dan kontrol lainnya.

Tampak depan amplifier seperti pada LINK INI.

Penampakan isi dalam amplifier adalah seperti terlihat pada LINK INI.

SKEMA AMC 3100A

Untuk mendapatkan skema panduan servis ampli ini silahkan KLIK LINK INI. Selanjutnya saya lakukan edit dan pangkas pada skema ini dan menghasilkan gambar seperti di bawah ini:

Seksi Power OCL 100 Watt pada amplifier AMC 3100A

Transistor preamp pada gambar adalah transistor yang berbentuk chip IC berkaki 6 yang mirip dengan OPTOKOPLER dengan bentuk fisik yaitu SEPERTI BERIKUT INI.

GAIN amplifier adalah hasil bagi antara resistor feedback R618 ( 22K ) terhadap resistor input R607 ( 820 ) yang jika kita hitung maka akan kedapatan angka 27x.

Output dari defferensial preamp ini selanjutnya masuk ke rangkaian penguat tegangan yang petugasnya adalah Q604 dan Q605.

Karena masing masing transistor menggunakan penguat 2 tingkat maka penguatan tegangan selanjutnya adalah Q606 dan Q608. Q604-Q606 biasa kita sebut dengan darlington sementara Q605-Q608 adalah Darlington komplementer atau Sziklai.

Di antara 2 transistor penguat tegangan ini terdapat sebuah transistor yang biasa orang menyebut sebagai Servo Driver. Ia bertugas untuk menjaga arus stasioner pada transistor final output.

Karena itu transistor servo driver selalu terletak dalam satu pendingin dengan transistor Final Output. Trimpot pada basis transistor Servo driver ini menentukan arus IDLE pada transistor power output.

Selanjutnya adalah Driver Power dan Final Power amplifier adalah merupakan transistor terhubung Darlington Komplementer atau biasa disebut dengan Sziklai.

PENJELASAN OCL 3100A

Beberapa pemerhati amplifier mengatakan bahwa amplifier ini termasuk golongan Ampli Darlington Komplementer atau Power Sziklai karena antara transistor driver dan transistor Final Power tidak sejenis.

Maksudnya adalah jika transistor driver menggunakan PNP, maka transistor Final menggunakan NPN. Demikian sebaliknya.

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post comment