MOSFET 160 WATT B&W MPA1

MPA1 adalah power monoblok buatan Bowers & Witkins ( B&W ) pada era 80-an yang menggunakan teknik OCL menghasilkan daya 160 Watt dengan komponen final dari jenis MOSFET bertegangan supplai 60 VoltDC untuk power dan 70 VDC untuk preamp dan VAS amplifier.

Pada era 80-an komponen jenis MOSFET untuk Final amplifier adalah teknologi yang telah maju karena beberapa pemain amplifier banyak yang menggunakan transistor bipolar sebagai kompone utama pada amplifier mereka.

INFO

Penampakan isi dalam amplifier adalah seperti LINK INI.

SKEMA

Mendapatkan skema amplifier ini silahkan AMBIL PADA LINK INI.

Selanjutnya dari skema ini saya lakukan edit untuk mengambil skema power amplifiernya saja dan menghasilkan gambar seperti berikut ini:

Seksi Power amplifier OCL 160 Watt MOSFET pada B&W MPA1

Dari skema rangkaian ini nampak bahwa power amplifier ini menggunakan prinsip penguatan simetris yakni dia bekerja untuk menjalankan aplikasi 2 fasa.

Jika kita melihat pada rangkaian Pre-amplifier sebenarnya ia adalah menggunakan penguat defferensial seperti biasanya.

Transistor pada rangkaian defferensial ini menggunakan transistor nomor BC 546B dan berpasangan dengan BC556B.

Hanya saja karena juru gambar dari pabrikan ini menggambar seperti nampak berbeda, maka rangkaian deffferensial tidak begitu nampak.

Yang membikin berbeda pada skema ini adalah untuk rangkaian over current protection.

Akan tetapi untuk kepentingan kloning jika anda ingin melakukan kloning dari rangkaian ini IC 301 dan IC 302 bisa anda buang dan gantilah dengan penyearah biasa dengan nomor 1N4148 atau sejenisnya.

Menurut data sheet kemampuan dari transistor final yang berjenis mosfet ini mampu mengalirkan arus hingga 12 ampere dengan daya maksimal sebesar 100 Watt dan mampu bekerja pada tegangan 140 volt.

Sementara itu kain penguatan pada rangkaian power amplifier ini bisa kita ketahui dengan melihat perbandingan nilai resistansi dari resistor nomor R322 dan R323 terhadap resistor input R321.

PENGUAT TEGANGAN DENGAN 3 TRANSISTOR

Untuk rangkaian penguat tegangan pada power amplifier ini agak berbeda dengan skema yang telah saya koleksi.

Ia menggunakan tiga transistor untuk urusan penguatan tegangan dan ia melibatkan dioda zener untuk stabilizer tegangan pada rangkaian ini.

Rangkaian power amplifier ini juga dilengkapi dengan servo driver Dengan hadirnya transistor nomor TR310 yang menggunakan MPSA56 yang mana ia bertugas dengan ditentukan oleh besarnya value pada trimpot VR301 sebesar 2K dan akan menjaga tegangan bias pada MOSFET final amplifier.

Rangkaian power amplifier ini tidak memiliki driver amplifier. Dari penguat tegangan langsung masuk ke gate pada final power amplifier mengingat transistor jenis mosfet ini memiliki GAIN yang sangat besar.

PENJELASAN

Power amplifier final menggunakan dua pasang mosfet yang memiliki kemampuan daya masing-masing 100 watt.

Dengan demikian dengan menggunakan dua pasang mosfet maka masih memungkinkan bagi power amplifier ini untuk menghasilkan daya audio hingga 200 watt. Jika efisiensi menggunakan kelas AB maka masih memungkinkan untuk menghasilkan daya 160 watt.

MOSFET nomer 2SK343 / 2SJ99 memiliki kemampuan hingga 100 Watt ( DATASHEETS ).

Pada rangkaian ini menggunakan sepasang Opto Kopler sebagai pemberi sinyal balik kepada rangkaian selanjutnya.

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post comment