KELAS H 600W 90V 45V

Sebuah Mixer dengan Power Amplifier buatan MACKIE ada pula yang bekerja pada kelas H menghasilkan daya hingga 600W dengan tegangan 45V untuk Low Voltage serta 90V untuk High Voltage.

Mixer buatan MACKIE ini adalah seri 808, yaitu mixer 8 input memiliki kemampuan audio output hingga total 1200 Watt. Penampakan mixer LIHAT SINI.

PREAMP DAN PENGUAT TEGANGAN

Selanjutnya skema hasil unduhan ini saya pangkas menjadi 2 bagian untuk mempermudah review. Bagian awal adalah seperti gambar di bawah ini:

KELAS H 600W 90V 45V
Seksi Preamp pada MACKIE 808

Pada rangkaian Preamp dan penguat tegangan ini sebenarnya ia mendapatkan input balans.

Input balans ini maksudnya adalah input masuk ke sebuah OPAMP pertama ada sinyal + dan – serta ada GND.

OPAMP ini bersifat seperti penguat instrumentasi yang mengubah inputan simetris menjadi asimetris untuk selanjutnya masuk ke rangkaian penguat diferensial.

Output dari OPAMP selanjutnya masuk ke Preamp Deifferensial simetris yang melibatkan penguat untuk fasa positif dan fasa negatif.

Jika kita tidak terbiasa dengan skema penguat simetris ini maka nampak di sini berbaris transistor Q44 hingga Q43.

Transistor Q22 maupun transistor Q54 biasa kita sebut dengan nama sinyal translator, karena dia sebagai pengganti resistor untuk menghubungkan antara kolektor masing-masing preamp ke rangkaian penguat tegangan.

Biasanya fitur ini ada pada preamp dengan tegangan supply yang lumayan tinggi diatas 70 Volt.

Transistor Q21,Q53 sebagai Buffer Voltage Amplifier pada penguat tegangan, sedangkan penguat tegangan sendiri adalah transistor Q30 dan Q48.

Di antara output penguat tegangan ini ada sebuah transistor Q4 yang bertugas sebagai transistor servo driver.

Transistor servo driver ini melekat pada pendingin dan dekat dengan Transistor final dengan maksud untuk mengatur bias ke driver amplifier dengan effek panas.

Sementara sebelum masuk ke kolektor dan emitor dari penguat tegangan Ini terpotong oleh masing-masing tiga buah penyearah mulai dari D22 hingga D86.

Jika anda ingin membuang fitur pembungkam ( MUTE ) pada rangkaian preamp ini maka anda cukup mencopot transistor Q64 dan gantilah dengan sebuah jumper yang menghubungkan antara kolektor dan emitornya.

OCP, DRIVER DAN FINAL POWER

Berikut ini adalah potongan rangkaian seksi Penguat tegangan, Servo Driver, Current Limiter ( Over Current Protection ), Driver, Final Amplifier dan Stepper.

KELAS H 600W 90V 45V
KELAS H 600W 90V 45V

Transistor Power memiliki kemampuan hingga 200 Watt ( DATASHEETS ). Karena ada 3 transistor, maka pada rail Low Voltage ada stok 600 Watt untuk power ini.

MOSFET sebagai stepper adalah IRFP9140 yang memiliki kemampuan daya hingga 125 Watt dengan arus hantar hingga 23 Ampere ( DATASHEETS ).

SKEMA MACKIE LAINNYA

SKEMA MERK LAIN

BLOG YOHAN

SKEMA YOHAN

RIBUAN PIN

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment