AMPLI TIPIS DENGAN DAYA BESAR

BACA

Penasaran dengan kemajuan teknologi Audio Power Amplifier, maka saya mencoba mencari informasi adakah ampli yang tipis tapi Watt nya besar.

Selama ini kita mengetahui bahwa power ampli itu jika besar, berat, panas, maka ia berdaya besar. Jika ampli anda memiliki travo 30 Ampere dan tegangan yang dipakai adalah 45VAC, maka bisa dihitung maka daya maksimalnya adalah 45V x 30A = 1350Watt. Itupun terhitung daya maksimal.

Nah, permasalahannya adalah saat ini ada produsen amplifier mampu membuat sebuah power amplifier dengan daya lebih dari itu! Wah pasti menggunakan teknologi canggih dong

POWER DENGAN TRAVO BESAR, BERAT, PANAS AKAN TERGUSUR

Menurut pendapat saya, amplifier berdaya besar dengan modal travo besar dan ori, transistor berderet, pendingin besar, elco sebesar kaleng susu milk, akan segera tergusur.

Kenapa demikian? karena semakin lama produsen amplifier semakin memperhatikan bahwa effisiensi bahan dan effisiensi berat semakin diperhatikan. Karena itu semakin lama power amplifier built up selalu hadir dengan ukuran semakin kecil, semakin ringan, semakin dingin, tetapi daya keluaran semakin besar.

Sejak ditemukan transistor MJL21193 dan MJL21194 dengan dissipasi 200Watt, maka transistor ini semakin banyak dipakai oleh produsen pembuat power amplifier menggantikan transistor SANKEN type 2SC58 berukuran 21mm x 36mm dan TOSHIBA 21mm x 26mmyang memakan tempat.

MJL sendiri berukuran 28mm x 20mm. Lebih kecil 1mm. Angka 1 mili meter ini kalau dimata insinyur ampli adalah sudah membantu effisiensi ukuran walaupun C5200 toshiba ini sama-sama bercasing TO-264.

<KEMBALI>

ERA BARU POWER SUPPLAI DENGAN METODA SMPS

Saat ini travo dengan inti besi mulai ditinggal oleh produsen ampli professional. Mereka mulai menggunakan travo dengan inti Ferrit yang lebih lunak, lebih kuat daya permeabilitasnya. Akan tetapi inti ferrit ini baru bisa dirasakan daya transformasinya ketika diberi sebuah denyut dengan frekwensi menengah, yakni frekwensi dengan range diatas range frekwensi audio.

Jika travo besi akan menghantarkan induksi pada frekwensi 50HZ , maka travo ferrit akan menghantarkan induksi pada frekwensi diatas 30.000Hz . Bahkan saat ini telah ada power Supply dengan metoda SMPS dengan frekwensi diatas 1 Juta Hertz atau 1MHz.

SMPS sendiri adalah singkatan dari Switching Mode Power Supply. Jadi Power Supply dengan metoda Switcing ini mulai dipakai oleh produsen power amplifier untuk mengejar effisiensi pada daya, berat, dan tempat.

Effisiensi daya pada travo besi antara 50 sampai 60%, sementara travo dengan inti ferrit mampu hingga 80 sampai 95%. Informasi terakhir, inti ferrit ini mampu hingga 99%. Hanya saja dengan travo inti ferrit ini diperlukan sebuah rangkaian pensaklar untuk membangkitkan denyutan ini.

Memang effisiensinya tinggi akan tetapi perlu rangkaian generator dan saklar elektronik untuk membikin pulsa induksi.

<KEMBALI>

CONTOH AMPLI TIPIS DENGAN WATT BESAR

Berikut ini saya carikan power amplifier yang tebalnya cuman 4,4mm atau biasa disebut dengan 1u ( yu )

SKYTONE HQ4035

Power Amplifier buatan Skytone ini tebalnya hanya 1u. Akan tetapi ia mampu mengeluarkan daya hingga 4 x 3500Watt. Wah kok bisa ya? Teknologi apa yanag dipakai oleh insinyurnya? Saya juga ikutan bertanya – tanya.

Dari ini jelas bisa dipastikan power ampli ini tidak mungkin bekerja pada kelas A atau AB. dan ternyata setelah saya cek di pabriknya, dikatakan jika ampli ini menggunakan CLASS D. Class D amplifier memiliki kemampuan efisiensi hingga 95%.

SKYTONE HQ4035

Pabriknya mengatakan bahwa Power Supply bisa sekecil itu dengan output sebesar itu karena mereka para insinyur Skytone telah menemukan teknologi terbaru dengan nama SMPS dengan Frekwensi Ultra Tinggi.

Dan mereka mengatakan bahwa mereka telah memakai travo toroid dengan permeabilitas sangat tinggi yang didatangakan dari produsen TDK, Jepang.

Informasi dari pabriknya mengatakan bahwa power ampli ini hanya berbobot 8 kilogram ( 9,5 termasuk dus box ). Sulit untuk dipercaya.

Disini saya sertakan bukti ampli ini dipakai untuk setting Sound System di YOUTUBE .

SINBOSEN D2-3000

Power Amplifier D2-3000 ini adalah amplifier dengan daya keluaran hingga 7.140 Watt pada beban 2 Ohm. Pada penggunaan BTL, ampli ini dikatakan bisa mengeluarkan daya hingga 14.280 Watt pada beban 4 Ohm.

Dengan tegangan 126,5 VRMS tiap Output pada 4 Ohm, maka bisa dihitung menjadi sebagai berikut:

( 126,5VRMS x 2 x 0,95 )² /4 Ohm = 14.442Watt. 2 adalah faktor BTL sedangkan 0,95 adalah faktor effisiensi ampli kelas D.

NOTE: Jangan menyentuh terminal spiker maupun kabel yang terhubung antara spiker dan power ampli ini. Nyetrum. Tegangannya sangat besar dan sangat berbahaya.

Power ampli ini tebalnya hanya 1U ( 4,4mm) dan berbobot hanya 12 kilogram saja.

Elco yang nampak banyak itu adalah memiliki kapasitas 270uF/250V. Karena dituntut untuk ukuran kecil, maka solusinya ya harus paralel segitu banyak elco.

MORIN K420

Ampli MORIN K420 ini memiliki daya hingga 4 x 2000Watt pada beban 8 Ohm dan 2 x 9000Watt pada posisi BTL beban 4 Ohm.

NOTE: Jangan menyentuh terminal spiker maupun kabel yang terhubung antara spiker dan power ampli ini. Nyetrum. Tegangannya sangat besar dan sangat berbahaya.

Power Ampli ini bekerja dalam CLASS D yang memiliki effisiensi sampai 95% terbantukan dengan travo toroid yang bermutu tinggi.

Diberitahukan bahwa ampli ini hanya berbobot 12 kilogram saja.

CVR D-3002

CVR PRO Audio didirikan sekitar tahun 2005 di daerah Guangzhou.

Ampli buatan CVR ini mampu mengeluarkan daya hingga 2 x 5100 Watt pada beban 4 Ohm, dan mampu mengeluarkan daya hingga 14.280 Watt pada beban 4 Ohm BTL. Ampli ini hanya ber channel 2 saja.

Tegangan output pada terminal power ini mampu hingga 154,9 VRMS tiap channel. Note: Sangat berbahaya jika terhubung bridge, karena antara titik spiker ini bisa sampai 310VRMS !

Power Ampli ini memiliki fitur autovolt input, yakni ia bisa bekerja mulai tegangan 60VAC hingga 260VAC. Sungguh fitur yang sangat hebat.

Berat Power Ampli ini sekitar 12 kilogram.

VX AUDIO DG3.0

VX AUDIO termasuk amplifier yang dikenal di Indonesia 5 tahun terakhir ini. Pabrik audio ini berlokasi di daerah Enping City, Guangdong, China.

Power Ampli yang paling diandalkan kali ini adalah power bertype DG3.0

Power Ampli dengan type DG3.0 ini memiliki kemampuan penguatan hingga 2 x 5500 Watt pada beban 4 Ohm , dan mampu mengeluarkan daya hingga 11.000 Watt pada beban 4 Ohm terhubung BTL.

Power Supply untuk Power ini bekerja mulai 90VAC hingga 270VAC. Dan bobot ampli ini adalah 14 kilogram.

<BACA KEMBALI>

(Visited 80 times, 1 visits today)

yohan Indrawijaya

Share

1 Response

  1. dari tipe IC yang digunakan pada perangkat audio hi-fi premium. Dengan demikian, teknologi ini mampu mencegah terjadinya degradasi kualitas suara pada bandwith yang lebar dan juga dapat menyajikan kualitas suara yang konsisten. Spesifikasi Nomor bagian TCB501HQ Daya Output Maksimal 49W x h (Vcc=15.2V, RL=4?, MAXPOWER) Rentang Voltase Pasokan aktif 6V-18V (4?), 6V-16V (2?) Output Tegangan Offset V Output Tegangan Kebisingan V (BW=A-weight) Fungsi dan fitur bawaan – Daya output yang besar dan tingkat distorsi yang rendah – Fungsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment