POWER 400 WATT DENGAN 4 MOSFET SUPPLAI 62 VOLT

Untuk menghasilkan Power Amplifier OCL dengan daya 400 Watt di antaranya memerlukan tegangan supplai 62 Volt simetris dengan 4 pasang MOSFET seperti halnya pada Power Ampli buatan BK COMPONENTS dengan seri EX442.

Power amplifier ini pertama berproduksi pada pertengahan era 80-an yang mana ia mengusung power amplifier dengan menggunakan MOSFET dan power stereo.

Power amplifier ini termasuk power yang eksklusif pada era 80-an. Pada era 80-an power amplifier rata-rata memiliki kemampuan output hingga 100 watt akan tetapi pada power amplifier ini ia mampu menghasilkan daya hingga 200 watt pada beban 8 ohm.

Penampakan LIHAT SINI. Pada sisi dalam rangkaian filter DC pada ampli ini memiliki elco berukuran besar pada zamannya yang menggunakan AEROVOX buatan Amerika dengan ukuran 17.000 uF/75V.

ad

Pada era tersebut power amplifier ini telah menggunakan trafo toroid sementara teman-temannya yang sejenis masih menggunakan trafo E-I atau trafo besi.

SKEMA

Berikut ini adalah potongan skema pada bagian Power Amplifiernya.

400 WATT 4 MOSFET 62 VOLT
Power 400 WATT dengan 4 MOSFET serta supplai 62 VOLT

Jika kita memperhatikan rangkaian power amplifier ini maka rangkaian ini terdiri dari beberapa blok antara lain:

  • Pre amplifier
  • Penguat tegangan dan
  • Final power amplifier

Pada rangkaian power ini tidak ada fitur Servo Driver. Ia hanya berupa trimpot 500 Ohm yang menghubungkan output dari masing- masing transistor penguat tegangan untuk selanjuntya terkopel ke gate dari MOSFET final power via resistor 1K.

Berbeda dengan transistor Final Power yang berjenis Bipolar yang biasanya menggunakan resistor value rendah bahkan terhubung langsung, maka pada MOSFET yang sangat peka ini hanya memerlukan resistor dengan value 1K sudah cukup.

Dalam skema nampak gambar mosfet adalah satu pasang namun sebenarnya ia adalah terdiri dari empat pasang MOSFET.

PENJELASAN

Power amplifier EX442 ini menggunakan tegangan supply 62 volt simetris. Dengan tegangan sebesar ini maka akan memungkinkan untuk menghasilkan daya hingga 235 watt pada beban 8 ohm.

Namun masih bisa menghasilkan daya hingga 346 watt secara matematis apabila terbebani dengan speaker 4 ohm. Dan ini masih masuk hitungan karena jumlah mosfet yang 4 pasang ini adalah hingga 400 watt DC.

MOSFET nomor 2SK405 yang berpasangan dengan 2SJ 115 ini kemungkinan sudah sulit untuk dicari karena tidak begitu terkenal di negeri kita.

X

SKEMA BK COMPONENTS LAINNYAPOWER DAN MIXERBLOG PAK YOHANSKEMA YOHANKOLEKSI GAMBAR SKEMA

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment