OCL 68 WATT 18 VDC: BERAPAKAH?

Ketika ada sebuah artikel bertuliskan tentang amplifier audio dengan tegangan 18 VDC mampu menghasilkan daya hingga berapa Watt, maka saya bertanya-tanya apa benar bisa sampai 68 Watt.

SKEMA YANG SALAH. TERBURU BURU NGGAMBAR?

Blakra’an ( berselancar) di internet, saya nemu sebuah skema ampli yang saya anggap “salah gambar”. Di link ini.

skema keliru 68W
Look at D1 D2, Q8 and Q7. They are inverted. Q7 and Q8 was in swapped position.

Menurut saya, ada komponen yang gambarnya terbalik. Seperti D1 dan D2. Kemudian Transistor Final Q7 dan Q8 yang tertukar. Kok bisa? Ya. Jelas rangkaian tidak bisa bekerja dengan baik kalau rangkaian nya terbalik.

Selanjutnya saya buatkan gambar sendiri versi saya mengunakan software simulator rangkaian elektronik, yakni proteus . Jadinya seperti berikut:

Ampli 68W versi yohanindrawijaya.com
Klik kanan > View Image untuk memperbesar.

Skema ini menggunakan Supply simetris 18VDC. KArena keterbatasan library gambar, maka beberapa komponen saya ganti. Akan tetapi komponen yang saya ganti ini memiliki karakterisitik yang hampir mirip lah.

SIMULASI YUK 18 VDC BERAPA WATT

Setelah skema tergambar dengan baik, maka skema ini dites dengan input sinyal 1kHz 0.707 Vrms / 1 Vp. Hasil yang didapat adalah berikut ini:

clipped signal. Input signal are over level.
Klik kanan > View Image untuk melihat gambar

Sinyal terpotong. Ini membahayakan. Istilah orang son sistem adalah ini sinyal nya “nge -Klip”. Sinyal sinus nampak terpangkas . Hal ini terjadi karena sinyal yang masuk terlalu besar atau gain terlalu besar.

Sekarang kita coba turunkan berapa voltkan sinyal yang terbaik tapi tidak sampai nge “klip”?. Setelah kita tes, maka ketemu pada sinyal 300mVrms. Sinyal terbaik tapi tidak sampai terjadi “clip”.

best sine wave

Sinyal terbaik adalah pada posisi 9,2 Vrms. Ini berarti daya RMS nya juga sebesar 9,2 x 9,2 /8 Ohm = 10,6W. Jika beban dirubah menjadi 4 Ohm, maka daya akan menjadi 9,2 x 9,2 /4 Ohm = 21,2 Watt Rms.

BERARTI INI BUKAN AMPLI 68W YA BOSS?

Ya bukan. Sekarang begini saja. Jika supply adalah 18 V dan beban adalah 4 Ohm saja, maka watt DC nya adalah 81 Watt! Sedangkan kita tahu bahwa Watt RMS tidak akan pernah sama dengan Watt DC. Pada gambar sinus paling atas saja sinyal terpotong pada tegangan 13 Volt. Sedangkan Watt DC pada posisi sinyal 13 Volt dengan beban 4 Ohm saja adalah ( (13 x 13 )/ 4 = 42,25 Watt!

Sedangkan tegangan RMS adalah 0,707 dari tegangan peak. Jika peak saja adalah 13v, maka RMS nya kan 13 x 0,707 = 9,2 VRMS!

KALAU DI BTL ( BRIDGE TIED LOOP ), BISA JADI WATT BESAR NGGAK?

Jawabnya adalah: bisa. Dibawah ini saya beri kan gambar bagaimana jika rangkaian ini kita BTL kan. Biar sangar, maka judulnya saya rubah menjadi 138W BTL 18VDC.

ampli btl 136w 18vdc
mencoba ampli BTL 18VDC. Bisakah wattnya jadi besar? Klik kanan> View image untuk melihat ukuran asli.

Setelah disimulasi menggunakan virtual Oscilloscope, maka didapatkan informasi bahwa Ampli ini mampu menimbulkan beda potensial 22,6VRMS pada beban 4 Ohm. Berarti ampli ini mampu mengeluarkan watt sebesar (22,6 x 22,6) / 4 = 128 WattRMS!

Lho judulnya kok 136? Ya. 136 adalah peak tertinggi dari output ampli ini pada 4 Ohm. Dia mampu membuat sinus tertinggi pada titik 23,3VRMS.

 BTL 18VDC mampu menghasilkan sinyal 130 Watt

Awas Transistor anda meledak karena kepanasan. Karena jika rangkaian ini bisa menghasilkan output 120 Watt lebih dengan mengandalkan Transistor bertype TIP 31 dan TIP 32 adalah sangat riskan.

Ingat! ini hanya simulasi saja. Ini kembali kepada anda sang insinyur ampli ombro.

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment