AMPLI GITAR MERK YERASOV TYPE MOUSE 15R, DENGAN IC TDA2050

Pernah dengar Yerasov nggak? Yerasov adalah sebuah nama merk Produsen Audio dan music Equipment terkenal dari Russia. Yerasov ini membikin macam macam alat audio dan music. Produknya telah terjual hingga manca negara.

Founder dari merk ampli ini adalah Alexander Erasov, lulusan Institut Poltek Penza, tahun 1976 dan ilmunya dipakai untuk berkecimpung dalam bisnis pembuatan dan perbaikan Ampli gitar.

Dewasa ini ampli Yerasov sudah dikenal di Indonesia dan sudah bisa bersaing dengan merk merk lawas audio gitar seperti MARSHALL, FENDER, ROLAND, PEAVEY, CARVIN, VOX, YAMAHA dll.

YERASOV MOUSE15

SKEMA AMPLI GITAR YERASOV: MOUSE 15R.

Berikut ini adalah skema hasil editan Yerasov Mouse 15R. IC OPAMP TL072CN diberi supply simetris ±12VDC, sedangkan untuk IC POWER AMP TDA2050 diberi supply ±18VDC .

AMPLI GITAR YERASOV

Sinyal dari gitar diperkuat oleh IC OPAMP U1B dengan nilai gain =R4:R3. Selanjutnya sinyal output ( pin 7) tadi teruskan ke RV1 Clean volume dengan melewati RC (R5 dan C3) pelewat sinyal frekwensi tengah.

Sinyal dari potensio ini di perkuat arusnya oleh IC U1A. Kemudian sinyal masuk ke rangkaian tone kontrol mulai R18 hingga C15, mulai C12 hingga RV6. Tone kontrol yang dilibatkan adalah Treble, Bass dan Middle.

Selanjutnya sinyal ini diperkuat oleh OPAMP U3B dengan faktor gain= R27:R20.

Sinyal output ( pin 7) dari U3B ini diperkuat oleh IC Power AMP dengan type TDA 2050, untuk diperkeras dan diperkuat arusnya sehingga mampu menggerakkan corong speaker LS1.

CD INPUT

CD input adalah fitur ampli ini untuk memperkuat daya dari output sebuah CD Player maupun sejenisnya seperti DVD Player, TV Out, DVD Out, Mixer Audio, HP Android dan sumber sinyal kuat lainnya.

Berikut adalah skema CD Input dari Yerasov Mouse 15R.

MIC TONE YERASOV

Sinyal dari CD Input ini support untuk dual / stereo. Sinyal di jadikan satu oleh R21 dan R22, selanjutnya di amplifier oleh IC TL 072CN. Faktor penguatan OPAMP ini sangat besar sehingga bisa terjadi clip maupun distorsi jika sinyal input CD terlalu besar.

Selanjutnya sinyal ini diperkuat oleh OPAMP TL072CN untuk diproses lanjut hingga ke speaker.

TDA2050, AMPLI 32W

Menurut SGS-Thomson, pabrikan pembuat IC TDA2050 ini menyatakan bahwa IC ini menghasilkan output 32W max dengan supply ±22VDC dengan beban 8Ω dan THD 10%.

Bahkan IC ini mampu mengeluarkan daya sampai 50W selama 1 detik pada tegangan supply yang sama pada beban 4Ω .

Link untuk download IC TDA2050 bisa di donlot disini.