MELACAK KESALAHAN HMI -PLC #1

Pada suatu pagi, saya kedapatan HMI di tempat saya mengalami error. Angka angka yang ada di dalamnya tidak keluar. Hanya gambar background. Dan muncul gambar PLC GAK KONEK.

PLC gak konek

CEK IP ADDRESS HMI

Berarti bisa dikatakan ada masalah pada PLC, bisa kabel, bisa power supplai, bisa settingan. Selanjutnya kita lakukan cek ip dari HMI ini untuk memastikan HMI bisa online via LAN.

ip address HMI weintek

Disini kedapatan bahwa ip address dari HMI adalah 192.168.77.7. Nah selanjutnya untuk memastikan kita bisa online dengan HMI, kita harus lakukan ping pada HMI ini melalui fasilitas commad prompt. Ketikkan ping 192.168.77.7.

ping object.

HMI tidak berhasil di “ping”. Ada kemungkinan alamat ip komputer kita tidak dalam satu subnet. selanjutnya kita cek ip address komputer kita.

cek ip address

Disini kita lihat bahwa alamat ip komputer kita adalah 192.168.2.245. Jelas tidak bisa konek dengan HMI karena beda subnet grup. Sekarang kita coba lakukan ganti alamat ip komputer kita menjadi 192.168.77.245

set ip address

Selanjutnya kita lakukan ping ulang ke alamat HMI. dengan mengetikkan perintah ping 192.168.77.7

ping HMI setelah ganti ip address

HMI berhasil di ping. berarti kita bisa sudah bisa melakukan online dengan HMI. Selanjutnya kita jalankan software milik Weintek yang bernama Easy Build Pro. Untuk download bisa dilakukan di official website dari Weintek ini dengan daftar sebagai anggota dulu.

Untuk cara mengambil isi program dari HMI Weintek kita bisa lakukan upload pada artikel lain di web ini DISINI.

Setelah dilakukan upload, maka kedapatan bahwa HMI ini terhubung dengan sebuah PLC merk OMRON dengan alamat ip 192.168.77.180. berarti kita harus lakukan cek kepada alamat ip dari PLC OMRON ini.

Rupa rupanya PLC ini posisi berjauhan dengan HMI, sehingga kita mesti mencari letak PLC ini. Setelah dicek pada lokasi, kedapatan bahwa PLC mengalami error.

Error code : HE

Selanjutnya kita cek, apa sih error HE ini? maka setelah kita cari di internet, maka diketahui jika error HE adalah error yang disebabkan oleh permasalahan spesial unit yang tidak sesuai. Untuk itu kita harus lakukan online via USB pada PLC OMRON ini.

ONLINE VIA USB

Online via USB

Pada saat online via USB ini, pastikan IO table ikut diberi tanda cawang. Setelah kita lakukan upload, maka diketahui jika IO table pada PLC OMRON ini KOSONG!

IO table belum disetting

Selanjutnya kita lakukan setting satu persatu hardware yang terhubung dengan CPU dari PLC ini. Hasil settingan menjadi seperti seperti berikut ini:

setting IO table sesuai hardware yang terpasang

Selanjutnya settingan ini kita kirim ke PLC . Setelah kita download settingan ini ke PLC, maka error langsung hilang. Dan HMI sudah bekerja normal kembali. HMI sudah bisa melaporkan status dari sebuah parameter.