SKEMA GIBSON G100A

AMPLI LAWAS BUATAN GIBSON

GIBSON adalah produsen ampli lawas yang menurut wikipedia didirikan pada 1902 di daerah Michigan, AS. Sudah ribuan ampli buatan GIBSON yang beredar di dunia. Kali ini saya nemu skema ampli GIBSON G100A.

GIBSON G100A
KLIK UNTUK MEMPERBESAR

Ampli GIBSON selalu mengikuti jaman. Pada era 80 adalah era ampli dengan menggunakan transistor menggantikan lampu tabung. Pada saat itu yang lumayan terkenal adalah GIBSON Gseries.

Kali ini saya akan bagikan info tentang skema ampli GIBSON G100A ini. Ampli ini konon memiliki kemampuan output 100Watt.

Setelah saya teliti skemanya, maka didapatkan info bahwa tegangan supply untuk ampli ini adalah simetris 40VDC dengan 2 spiker. Jika tiap spiker adalah mampu mengeluarkan 50 Watt, maka daya totalnya ya otomatis 2×50 = 100Watt. Itu pun watt maksimum.

Dibawah ini adalah skema asli yang telah saya pangkas dan saya ambil sisi power amplifiernya.

POWER AMPLIFIER GIBSON G100A
KLIK UNTUK MEMPERBESAR

Note: Diode diberi tanda X karena saya tidak dapat info nomer berapa aslinya si Diode ini. Dugaan saya diode ini bisa diganti dengan 1N4148 atau 1N4002.

Dengan supply 40V, beban spiker 8 Ohm dan effisiensi 60% maka akan didapat angka teoritis sebesar 72 Watt.

Rangkaian tone kontrol nya juga masih memakai prinsip tone kontrol pasif seperti potongan gambar dibawah ini:

GIBSON G100A tone kontrol
KLIK UNTUK MEMPERBESAR

Selajutnya untuk mempermudah meneliti, saya gambarkan versi modern dengan memakai software gambar PROTEUS. Jadinya seperti ini:

GIBSON G100A VERSI MODERN
KLIK UNTUK MEMPERBESAR

Kemudian saya cek lagi, bahwa transistor final yang dipakai adalah transistor dengan nomer 2N6254. Gambar transistornya DISINI.menurut datasheets nya, transistor ini mampu hingga 150Watt.

Kalau kita perhatikan, skema dari ampli ini agak mirip dengan OCL150Watt akan tetapi kita mesti memodifikasi kit PCB nya untuk sekedar numpang skemanya saja.

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment