HOW TO SET UP YOUR COMPUTER AFTER FRESH WINDOWS 10 INSTALLED

By: Yohan Indrawijaya

START

1.BAGAIMANA CARA MEN SETTING KOMPUTER SETELAH WINDOWS 10 TERINSTALL

Pada Tutorial kali ini saya menceritakan bagaimana cara kita melakukan setting dan konfigurasi komputer atau laptop kita yang telah baru saja terinstall windows10. Ceritanya komputer kita install ulang karena suatu hal , misalkan operating sistem nya rusak atau windows terkena virus dan karena hal lainnya.

( KEMBALI )

1.1 SETELAH WINDOWS DI_INSTALL, APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN?

Langkah paling pertama setelah windows 10 telah berhasil terinstall adalah kita melakukan cek setting hardware . Untuk lakukan cek hardware maka kita masuk ke DEVICE MANAGER.

Untuk masuk ke Device Manager, kita bisa ketikkan Device Manager pada kotak pencarian desktop atau klik Start> Setting> System> About> Device Manager atau pada File Explorer > This PC> Properties> Device Manager.

Device Manager.

Kita perhatikan pada gambar diatas terdapat 4 tanda pentung berwarna kuning. Maksudnya adalah 4 perangkat diatas ini mengalamai permasalahan pada driver maupun belum adanya konfigurasi pada item tersebut.

( KEMBALI )

1.2 BAGAIMANA MENGHILANGKAN TANDA PENTUNGAN?

Yang kita lakukan adalah kita harus mencari drivernya dan menginstalkan file driver ini ke komputer .Sekarnag kita coba lakukan satu item dulu ya… Disitu salah satu tanda pentungan (contoh: PCI simple Communication Controller Properties ) klik kanan> Properties
pilih tab Detail> pada tulisan Property kita pilih Hardware IDs,
maka akan ada tulisan panjang seperti ( contoh: PCI\VEN_8086&DEV_8CBA&SUBSYS_1C3A1458&REV_00 ). Nah tulisan ini yang akan kita cari di internet.

Copykan tulisan unik ini untuk kita tempel ke sebuah notepad.

Menyalin kode ID hardware ke clip board

Buatlah sebuah file Notepad dan berilah nama untuk file tersebut. Tempelkan kode yang telah disorot salin tadi di layar kosong notepad.

Lakukan hal yang sama terhadap 3 tanda pentungan yang lainnya, yakni meng copykan kode ID hardware perangkat yang belum ada drivernya tersebut.

kode hardware yang belum nemu drivernya itu dikumpulkan dalam 1 file untuk dicari di internet

Jika telah selesai mencatat / menempel kode kode tersebut, maka berilah nama untuk file notepad ini untuk disimpan di lokal komputer maupun flasdisk.

( KEMBALI )

1.3 ONLINE DENGAN INTERNET MENCARI DRIVER

Selanjutnya yang kita lakukan online dengan internet, dan kita cari driver komponen ini menggunakan browser yang disediakan oleh komputer maupun browser andalan kita. Untuk browser bisa menggunakan Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Edge, Opera , Internet Explorer, dan lain lainnya.

Untuk masuk ke internet ini bisa menggunakan komputer lain ( maupun komputer yang telah di install windows ini ) selama sudah bisa konek dengan internet. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa komputer yang baru saja di_install windows fresh ini masih rawan diserang oleh virus maupun malware. Karena itu saya sarankan jangan browsing kemana-mana dulu. Fokus ke pencarian driver dulu ya…

( KEMBALI )

1.4 MENCOBA MICROSOFT EDGE: BROWSER BAWAAN MICROSOFT

Jika komputer yang barusan di install pertama kali ini sudah bisa konek dengan internet, maka ini bagus. Berarti kartu jaringan ( NETWORK ETHERNET CARD ) anda sudah dikenali oleh Windows.

Segera updatelah browser anda ( bawaan windows 10 adalah Microsoft Internet Explorer ) untuk diganti dengan Microsoft Edge untuk agar merasakan kemudahan berinternet dan mencari driver yang belum ketemu tadi.

Setelah Microsoft Edge bisa dipakai, maka kita sekarang mencoba membuka Google untuk mencari software dari driver ini.

Note: pada Microsoft Edge juga disediakan mesin pencari, anda juga bisa mencoba mencarinya dengan menempelkan kode hardware driver tadi ke kolom kosong pencarian pada bawaan browser ini.

Selanjutnya kita tempelkan kode-kode hardware yang berasal dari Device Manager tadi satu persatu. Pada contoh kasus ini, yang pertama kita cari kode ( contoh ) ini dulu ( contoh ) :


PCI\VEN_8086&DEV_8CBA&SUBSYS_1C3A1458&REV_00

Setelah kita klik , maka Google mengatakan bahwa kode hardware ini adalah komponen yang bernama Intel Management Engine Interface. Dari sini kita bisa mencari software maupun driver ini di website Intel selaku pembuat chipsetnya maupun pabrik pembuat Mainboard dimana komputer ini kita install.

Pada website intel.com, Intel Management Engine Interface ini disediakan untuk macam macam prosesor ( mulai P4 sampai i9 ) ,macam-macam bit prosesing ( 32bit, 64bit) dan macam macam Operating sistem ( windows, linux, Mac, dst ). Contoh hasil pencarian adalah seperti link dibawah ini:

Search – Intel.com

( KEMBALI )

1.5 MENCARI TAHU KODE HARDWARE YANG LAINNYA

Dalam hal ini 3 kode pentungan kuning lainnya ( pada Device manager yang tadi ) setelah kita tanyakan ke mbah gugel adalah sebagai berikut:


PCI\VEN_8086&DEV_8CA2&SUBSYS_50011458&REV_00 = SMBUS Kontroller
ACPI\VEN_INT&DEV_33A0 = ACPI\INT33AAO atau Intel Smart Connect Technology
USB\VID_0FE6&PID_9700&REV_0101 = Konverter USB ke LAN dengan Chipset RD9700

Pada kasus ini kita bisa melihat merk apa sih mainboard yang kita install ini? Caranya adalah dengan melihat isi dalam CPU komputer kita, dan kita lihat ada tertera merk dan type mainboardnya. Seperti gambar dibawah ini:

Mainboard buatan GigaByte dengan seri GA-H97M-D3H

Akan tetapi jika kita tidak menemukan kode merk mainboardnya, terpaksa kita mencarinya di pabrik pembuat chipsetnya, seperti Intel ini.

( KEMBALI )

1.6 MENCARI DRIVER MAINBOARD KE PABRIK MAINBOARDNYA

Pada contoh kasus ini , kita bisa mencari driver di website officialnya langsung. Karena kita mengetahui bahwa merk mainboard adlah Gigabyte dan nomer serinya adalah (contoh ) GA-H97M-D3H, maka kita bisa langsung buka browser untuk melongok alamat ( contoh ) https://www.gigabyte.com dan setelah kita telusuri kebutuhan driver, maka kita menemukan seperti gambar dibawah ini:

Driver mainboard telah disediakan oleh website resmi Gigabyte

Dari sini kita bisa mendownload keperluan dari mainboard ini seperti yang dibutuhkan pada kode-kode hardware yang telah dijelaskan diatas tadi. Berikut ini adalah contoh hasil download dari website penyedia driver mainboard tadi:

File hasil download

File-file inilah yang nantinya akan kita instalkan di komputer yang barusan terinstall windows baru.

( KEMBALI )

1.7 MENGINSTALL FILE HASIL DOWNLOAD

Selanjutnya file hasil download ini kita extract satu-persatu dan kita install pula satu-persatu. Terkadang pula komputer meminta file yang diperlukan dan kita harus mendownload sendiri.

Setelah komputer kita restart, maka kita cek kembali bagaimana hasil instalan driver pada komputer kita. Selanjutnya kita masuk ke Device Manager kembali.

Pada Device Manager nampaknya sudah tidak ada tanda pentungan lagi. Ini berarti kota telah menginstall Windows termasuk hardware yang menempel pada Mainboard komputer kita.

Device Manager sudah tidak ada masalah

( KEMBALI )

2. SETTING KOMPUTER AGAR BISA KONEK DENGAN JARINGAN SEKITAR KOMPUTER / LAN

Setelah Windows terinstal, langkah selanjutnya adalah melakukan sambungan jaringan. Tujuan dari sambungan jaringan ini adalah untuk memudahkan komputer kita bisa terhubung dengan komputer lainnya.

Dalam rangka menghubungkan komputer kita dengan komputer yang lainnya, diperlukan beberapa hal, antara lain: memberi nama komputer, mensetting alamat IP komputer, membuat share folder yang bisa dilihat komputer di sebelah kita.

Share folder biasanya dipakai untuk saling kirim dan saling terima file. File ini biasanya file laporan, file kerja, dan file media.

( KEMBALI )

2.1 MENGGANTI NAMA KOMPUTER

Pada kasus ini, kita mencoba mengganti nama komputer kita menjadi nama pemilik komputer disebuah kantor. Misalnya, komputer yang biasa dipakai oleh pak Yohan diberi nama YOHAN. Adapun cara merubah nama komputer adalah sebagai berikut:

Mulai dari Start> Setting > System> About.

Pilihlah tab bertuliskan Rename this PC. Gantilah nama komputer yang sebelumnya DESKTOP-INA0CQD ini menjadi (contoh ) YOHAN. Lanjutkan dengan klik NEXT.

Kita bisa juga memulai dari File Explorer> THIS PC> klik kanan> Properties> Change settings> Pada tab Computer Name kita klik Change> Selanjutnya kita ganti nama komputer dengan (contoh) YOHAN. Selesaikan dengan Enter.

Selanjutnya komputer memerlukan Restart. Klik RESTART NOW. Setelah restart, komputer kita telah berganti nama.

( KEMBALI )

2.2 SETTING IP ADDRESS KOMPUTER

Ketika komputer kita telah terinstall, terkadang masih ada masalah baru: Komputer kita masih belum bisa konek dengan komputer sebelah . Terkadang komputer kita ada keperluan menumpang printer milik komputer sebelah bahkan komputer sebelah ingin menumpang mencetak lewat printer lokal ( contoh: USB ) kita. Koneksi ini sangat diperlukan.

Untuk supaya kita bisa melakukan hal ini, maka kita harus melakukan setting IP addres dari komputer kita. Kita bisa lakukan cek dulu apakah komputer kita bisa melihat komputer sebelah-sebelah dengan mengklik icon Network pada File explorer kita.

Network Komputer

Terkadang pada komputer yang barusan saja terintall, perlu di lakukan untuk menyalakan Network Discovery and File Sharing agar bisa terlihat komputer lain di jaringan lokal kita.

Menyalakan fitur network discovery

Setelah kita nyalakan Network Discovery pun, terkadang kita masih belum bisa melihat komputer sebelah- sebelah. Hal ini bisa dikarenakan kita belum melakukan setting ip address pada komputer kita.
Untuk melakukan hal ini, kita masuk ke setting > network internet> change adapter option>

Tanda silang menyatakan ada yang terputus dengan LAN2

Terkadang kita menemukan kasus kabel tidak tersambung, kabel putus, maupun ETHERNET HUB belum dikonekkan dan lain sebagainya yang membikin kita tidak bisa konek dengan konputer sebelah – sebelah. Akan tetapi jika koneksi sudah benar biasanya windows akan memberitahukan seperti gambar dibawah ini:

Networks 2 atau LAN2 okey.

Jika setelah kabel sudah dikonek akan tetapi komputer kita masih saja belum konek dengan komputer sebelah, maka bisa dipastikan alamat IP ( Internet Protocol ) kita masih belum satu subnet grup dengan komputer sekitar kita.

Sekarang kita melakukan set IP address pada kartu network kita. Pada icon network card yang konek dengan jaringan lokal kita, maka lakukan klik kanan> Properties> kliklah yang bertulisakan Internet Protocol Version 4 ( TCP/IPv4)> dan klik properties>, selanjutnya kita isikan alamat ip address secara manual.

Pada kasus ini ceritanya sebuah jaringan di tempat kita menggunakan subnet grup 192.168.2.xxx. Maka komputer kita bisa diisi dengan alamat 192.168.2.(contoh)245.

Note: pastikan nomer ini belum ada yang memakai. Jika sudah ada yang memakai dan digunakan untuk alamat ip komputer sebelah, maka pasti akan ada konflik jaringan ( IP CONFLICT )dan ini akan timbul permasalahan pada jaringan kita.

Set ip address secara manual

Setelah alamat IP kita set, maka jika kita cek di dalam jaringan lokal kita. Jika tidak ada permasalahan, maka akan nampak komputer-komputer disebelah kita.

Dibawah ini adalah contoh nama-nama komputer yang terkoneksi dengan komputer kita.

Komputer sebelah kita bahkan komputer wilayah lain yang satu jaringan akan nampak

( KEMBALI )

3. SETTING AKUN PEMAKAI KOMPUTER

Ketika komputer kita ini dipakai oleh banyak orang, maka permasalahan privasi pasti akan terjadi, misalnya ketika kita pegang ada yang merubah settingan walpaper, ada yang merubah settingan multimedia, ada yang merubah browser dan permasalahan lainnya.

Ini akan lebih bagus jika setiap pemakai memiliki akun untuk bisa akses ke komputer ini, denan alasan karena setiap orang memiliki setting sendiri untuk wallpaper maupun multimedia yang lainnya.

( KEMBALI )

3.1 MENDAFTARKAN AKUN TEMAN DI KOMPUTER KITA

Berikut ini adalah cara kita mendaftarkan akun teman kita untuk bisa memakai komputer ini. Mulailah dari Start> Setting> Accounts> family &other people> Add someone else to this PC

Menambah user akun

Ketika kita masuk ke jendela How will this person sign in? maka pilihlah tulisan I dont have this person’s sign in information> selanjutnya
pada kotak Lets create your account, pilihlah tulisan Add a user without a Microsoft account>

Pada kotak Create an account for this PC, isikanlah nama untuk isian username, yakni ( contoh ): TAMU, password: isilah dengan usertamu, re enter password: usertamu, Password hint: isikan dengan (contoh) uxtx lanjutkan dengan Next. Maka user TAMU akan didaftarkan oleh windows.

User dengan nama TAMU telah dibuat

Selanjutnya kita bisa lakukan tes akun baru ini dengan cara kita lakukan Sign Out Windows .

Setelah kita lakukan SOGN OUT, maka akan muncul jendela awal berangkat Desktop. Arahkan mouse ke tulisan TAMU pada desktop dan isikan password yang telah kita bikin tadi, yakni : usertamu. Maka kita akan masuk ke Desktop Windows.


Untuk awal masuk komputer dengan akun baru, biasanya Windows mengkonfigurasi settingan akun ini. Setelah menunggu beberapa saat, maka akan selesai. Selanjutnya kita lakukan Sign Out lagi untuk keluar dari percobaan ini.

Kita masuk kembali atau login sebagai akun utama, yakni ( contoh) logger.

( KEMBALI )

3.2 MEMBATASI AKUN PEMAKAI YANG LAIN

Pembatasan aku bertujuan untuk membatasi hak pemakai komputer lain supaya tidak terlalu jauh meng”obrak-abrik” settingan yang telah kita buat. Untuk pemakaian normal, biasanya hanya ada 1 administrator komputer dan banyak akun user komputer. Akun user ini tidak memiliki hak untuk melakukan perubahan setting dasar seperti harware, appearance, display, network dan fitur penting lainnya.

Mulai dari Start> Setting> Accounts> family &other people> TAMU> Change account type>

Merubah type akun

Pilihlah Standart User> lanjutkan dengan OK
Jika ingin kita jadikan akun admisitrator,maka kita tinggal merubah saja menjadi Administrator> OK

Installasi koputer telah selesai.

( KEMBALI )

Kita tinggal menginstall aplikasi maupun software penting lainnya, seperti Antivirus, Game, aplikasi menulis dan mengedit dan lain sebaginya yang diperlukan oleh pemakai komputer ini.

(Visited 1 times, 1 visits today)

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment