MEMBIKIN BLOG DESA / KAMPUNG SENDIRI DENGAN HOSTING GRATIS

BAGAIMANA MEMULAI MEMBIKIN SEBUAH BLOG RT ATAU BLOG DESA

Untuk membuat sebuah website, maka kita harus memiliki beberapa modal, antara lain modal kemampuan menulis, modal bahan artikel yang akan ditulis, modal untuk membeli domain, dan modal untuk menyewa hosting.

Kemampuan menulis ini adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seorang warga atau seseorang dalam mengetikkan dan menuliskan apa-apa yang terjadi dikampung maupun desa, semisal: kegiatan, pengumumnan, dst, yang selanjutnya akan dituangkan kedalam wujud sebuah artikel.

Setiap pribadi pasti bisa melakukan hal ini. Jika ia memiliki sebuah akun di aplikasi facebook dan gemar membikin status dengan ketikan panjang, maka ia cocok untuk menjadi penulis blogsite desa / RT ini.

Sebuah RT / Desa yang maju dan penuh kegiatan, selalu saja ada kegiatan yang bisa dinaikkan ke dalam sebuah blog. Misalnya kerja bakti, hajatan salah satu warga, kegiatan olah raga, siskamling, dan kegiatan lainnya.

Semakin banyak kegiatan sebuah desa, maka akan semakin banyak artikel yang disuguhkan.

Ketika diputuskan untuk memiliki sebuah blogsite dengan domain name sendiri, maka kita harus memiliki modal untuk membeli sebuah nama domain. Maksudnya gimana sih?

Ya. Nama website atau blogsite tidak serta merta bisa nongol di internet. Kita harus membeli nama tersebut pada perusahaan penyedia nama domain, seperti misalnya NIAGAHOSTER, IDWEBHOST, HOSTINGER, GODADDY dan lain lainnya. Kita harus ke blog tersebut untuk membeli sebuah nama domain yang akan kita pakai.

Semisal kita ingin memiliki sebuah domain dengan nama kampungbuntung.com, maka kita harus cek dulu apakah nama ini tersedia.

Domain Checker

Nampaknya nama domain dengan nama ( contoh) kampungbuntung.com bisa dipakai. Akan tetapi kita bisa memakai nama domain contoh ini dengan membayar terlebih dahulu ke penyedia domain ini senilai ( contoh) 125 ribu untuk 1 tahun. Jika kita membayar untuk 3 tahun maka harus bayar 415 ribu.

Contoh cek ketersediaan domain

Apakah dengan membeli sebuah domain maka kita sudah bisa menulis sebuah artikel? Jawabnya adalah: BELUM BISA. Kita harus punya tempat penyimpanan untuk artikel dan gambar yang kita tulis ketik ini. Istilah tempat penyimpanan hasil mengetik dan menulis kita ini adalah HOSTING.

Kenapa harus menyewa? Ya. Karena kita tidak memiliki tempat sendiri. Lagi-lagi yang punya adalah perusahaan penyedia layanan simpan data / HOSTING seperti NIAGAHOSTER, IDWEBHOST dll . Disana disediakan macam-macam harga sewa hosting menurut durasi, kebutuhan, kecepatan dan banyak hal yang berkenaan dengan apa-apa yang akan kita simpan / pakai.

Lagi – lagi kita harus punya modal untuk menyewa hosting ini. Disediakan sewa bulanan, tahunan, 2 tahunan, dan macam-macam pilihan.

ADAKAH YANG GRATIS?

Jawabnya adalah: Ada. Salah satu contohnya adalah kita numpang sebagai subdomain dari sebuah web blog terkenal, yakni BLOGGER.COM. Untuk memiliki subdomain gratis ini, kita harus memiliki sebuah akun GMAIL terlebih dahulu.

Untuk membuat sebuah blog Gratis, ini kita tidak perlu membayar sepeserpun ke pihak lain. Hanya saja kita jadi tidak bisa memiliki nama domain sendiri.

MENCIPTAKAN BLOG RT MAUPUN BLOG DESA SENDIRI

Pada artikel ini dijelaskan bagaimana cara kita membikin sebuah blog sendiri tanpa membayar programmer web atau pihak kedua. Kita murni membikin sendiri blog kita. Mandiri .

Bahkan jika kita mau, semua warga kampung / RT / Desa bisa diberi kesempatan untuk menulis di blog milik mereka ini sebagai platform baru, misalkan ingin yang lebih luas daripada facebook misalnya.

Sekarang kita mencoba menjadi blogger sendiri. Anggap saja kita ini adalah blogger desa. Kita memulainya dengan masuk ke blogger.com

Membuat Blog baru

Selanjutnya klik tombol BUAT BLOG. Maka kita akan diarahkan ke sebuah LOGIN menu, menggunakan akun apakah kita akan login. Pada artikel ini, kita coba menggunakan akun Yohan Indrawijaya.

Memilih login untuk masuk ke Gmail.com

Setelah memasukkan password, maka kita akan dibawa ke sebuah halaman blog milik blogger.

Selanjutnya kita bikin Blog Baru

Blog Baru

Berilah nama blog baru anda. Misalnya kita akan membuat blog kampung kita dengan nama Blog CATATAN RT7 RW2 DESA LUMBANGSARI. Lanjutkan dengan mengklik Berikutnya

Membuat nama blog

Selanjutnya kita akan memberi nama alamat blog kita. Alamat blog ini bertujuan untuk diketikkan pada browser maupun Ponsel pintar kita supaya bisa dilihat keseluruh dunia. Pada artikel ini diberi nama “lumbangrt7.blogspot.com”. Lanjutkan dengan mengklik tab SIMPAN

Blog anda telah di ciptakan oleh blogger. Hasilnya akan nampak sebagai berikut dibawah ini.

MEMBIKIN TEMA BLOG

Sekarang waktunya kita membikin tema blog dan beberapa setting.

Sekarang kita coba arahkan mouse ke arah tulisan Tema. Maka kita akan disuguhkan macam macam pilihan tema. Pada artikel ini akan kita pilih yang bernama Dynamic View> Magazine dan klik TERAPKAN

Jika ada peringatan Gadget, biarkan saja. Lanjutkan dengan klik OKE.

Sekarang kita telah berhasil membikin sebuah Blog. Saatnya untuk menulis. Pada artikel ini kita mencoba membuat sebuah postingan tentang rasa syukur kita membuat blogsite untuk kampung kita. Arahkan mouse ke tulisan POSTINGAN BARU dan lanjutkan dengan klik.

Kita masuk ke halaman edit untuk menulis artikel. Kali ini kita ketikkan judul dengan ketikan: HARI PERTAMA PEMBUATAN BLOG WARGA

Selanjutnya pada kolom isian kita ketikkan dengan apa yang memang akan kita ketikkan. Contoh ketikan adalah seperti dibawah ini:

Selanjutnya kita bisa melakukan preview dengan klik tombol PRATINJAU  dan akan seperti berikut ini:

Dan jika dilihat dengan menggunakan Android, maka akan nampak seperti berikut :

Setelah dirasakan hasil ketikan ini bagus, maka bisa segera kita publikasikan. Lanjutkan dengan Konfirmasi

Artikel telah disimpan pada blogsite. Selanjutnya bisa kita klik pada tab baru atau kita klik icon bergambar mata ( VIEW) pada menu edit,  dan kita bisa lihat pada browser.

Kita telah memiliki blogsite sendiri.  Halaman ini bisa kita bagikan link ke teman teman di grup FB maupun Tweeter maupun Whatsapp maupun platform lainnya dengan jalan mengklik kanan address bar dan memilih salin untuk ditempel pada platform lainnya.

Berikut ini adalah halaman link hasil membikin blog RT / blog desa ini:

https://lumbangrt7.blogspot.com/2020/11/hari-pertama-pembuatan-blog-warga.html

Jika selesai melakukan edit, biasakan kita melakukan Log Out demi selalu menjaga keamanan blog yang kita kelola

Kita berhasil membuat sebuah blog kampung yang sederhana

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment