CARA SETTING MODUL BARU KE PLC OMRON

Oleh: Yohan Indrawijaya

Ketika sebuah PLC OMRON yang sedang bekerja dengan baik kemudian ditambahi sebuah modul, maka sudah bisa dipastikan PLC tersebut akan error ketika dinyalakan kembali.

Kenapa demikian? karena CPU dari PLC akan kebingungan dalam membaca dan melaksanakan perintah yag diberikan.

Ada sebuah modul baru yang ditambahkan ke PLC pak Yohan

ERROR HE

Semisal dalam program I/O dari PLC ini adalah ada 1 modul analog input dan 1 analog output, tiba – tiba ada tambahan modul analog lainnya, maka jelas CPU akan kebingungan.

Biasanya akan terjadi Error dengan kode error HE pada display 7 segmen pada CPU PLC nya.

error HE

Menurut manual booknya, error HE adalah ada yang salah dengan CPU unit . Berarti settingan antara programan PLC dengan settingan hardware PLC nya tidak sama. Inilah yang harus kita teliti dan pelajari supaya PLC bisa bekerja kembali.

MODUL YANG LAIN IKUT TERDAMPAK KARENA ADA MODUL BARU

Karena kita baru saja menambahkan sebuah modul baru, maka modul sebelahnya juga ikutan terpengaruh. Pada indikator modul akan menyala merah pertanda ada error dalam settingannya

Modul Analog bermasalah gara – gara ada modul baru yang terpasang

Bagaimana cara mengatasi permasalahan ini? Cara mengatasinya adalah dengan cara kita harus online dengan PLC ini via USB.

Online dengan PLC OMRON type CJ2M yang sedang error via LAN menurut pengalaman penulis adalah agak sulit. Harus dilakukan online dengan PLC via USB.

ONLINE VIA USB

Untuk memulai Online dengan PLC via USB, kita buka Aplikasi CX Programmer dan pilih jalur online dengan metode Direct Online USB.

Selanjutnya jangan lupa untuk memberi tanda centang pada kotak kecil bertuliskan Transfer IO table and Special Unit Setup dan lanjutkan dengan klik YES.

MASUK KE IO TABLE

Setelah masuk ke program, maka kita langsung menuju ke area I/O table pada program ini.

Settingkanlah alamat IP dari CPU ini dengan meng klik icon Built In Port/Inner Board

Note: Pastikan PLC dalam posisi Program Mode untuk mempermudah perubahan setting. karena terkadang akan menemui informasi seperti dibawah ini:

Setelah kita melakukan perubahan setting menjadi Program Mode, maka kita akan melakukan setting ulang pada I/O table dari PLC ini.

Perhatikan tanda lingkaran

Perhatikan pada settingan diatas. Modul yang baru saja terpasang tidak ada dalam daftar I/O table. Karena itu harus kita daftarkan modul ini.

DAFTARKAN MODUL BARUNYA

Pada kasus kali ini, modul yang baru saja terpasang adalah modul dengan type CJ1W-DA08V.

Setelah kita mendaftarkan modul ini, maka kita daftarkan pula nomer unitnya. Nomer unit adalah posisi nomer pada saklar selektor yang berada pada modul analog yang terpasang.

Biasakanlah mensetting nomer unit dengan berurutan untuk mempemudah pengalamatan. Pada kasus ini ceritanya modul kita setting pada posisi nomer 3. Karena nomer 1 sudah kita daftarkan untuk modul analog input, nomer 2 untuk modul analog Output type Arus. Tentu saja modul yang kita pasang ini ( CJ1W-DA08V ) kita setting saklar selekornya dan kita beri nomer 3.

Setelah Unit Number kita setting, maka kita lakukan transfer setting ke PLC ini. Untuk setting ini, pastikan setting parameter dan spesial parameter juga tersetting dengan benar.

Setelah settingan ini ter transfer, maka kita bisa pindah menjadi Mode RUN maupun Mode MONITOR.

Jika tidak ada permasalahan, maka ladder akan kembali online dan warna lampu indikator pada semua modul analog akan menghijau dan CPU PLC akan menampilkan angka alamat node ( ip address paling kanan ) serta lampu RUN akan menyala.

Demikian tutorial ini dan silahkan mencoba

(Visited 1 times, 1 visits today)

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment