BLOG TIDAK BISA DIAKSES KARENA SALAH SETTING SERVER DAN DNS

MULAI

BERSIH-BERSIH SETTINGAN CPANEL

Pada suatu hari saya melakukan maintenan Cpanel saya. Maintenance kali ini saya mencoba untuk men Delete file file yag tidak diperlukan seperti file gambar, dan settingan pada DNS Zone.

Setelah saya lakukan setting ini, saya tidak lakukan cek lagi hasil settingan saya. Saya menganggap bahwa ini tidak akan ada effeknya.

BLOG TIDAK BISA DIAKSES

Seorang kawan bercerita kepada saya bahwa webnya tidak bisa diakses. Wah. Masak sih? akhirnya saya mencoba membuktikan sendiri.

Dan memang web blog saya tidak bisa diakses. Setelah saya cek, windows mengatakan bahwa ternyata ada masalah pada setting DNS.

BERTANYA KEPADA CUSTOMER SERVIS

Karena sudah mentok dengan settingan yang saya bisa, maka kali ini saya coba menghubungi Customer servis tempat web saya menyewa.

Dalam percakapan ini, CS mengatakan bahwa rupanya saya salah meletakkan server atau salah dalam mengalihkan server yang dipakai untuk melayani keperluan membuka web ini.

MEMINDAHKAN SERVER

Selanjutnya arah server saya alihkan ke defaultnya, yakni server nomer 6 dan nomer 7. selanjutnya saya beritahu jika setting telah saya ubah.

Setelah itu saya cek lagi menggunakan browser. masih belum bisa membukan index halaman blog saya. Wah ada apa ini?

Setelah saya tanyakan kembali , dikatakan jika harus menunggu masa propagasi sekitar 6 hingga 7 jam kerja. Oke lah saya tunggu.

<KEMBALI>

HARI KE 2 MASIH MACET

Setelah menunggu hari ke 2 ini, saya cek kembali kenapa hal ini masih terjadi.

Customer servis mengatakan jika saya tidak mendaftarkan alamat DNS untuk domain saya. Lho kok bisa?

Setelah saya cek, memang alamat www.anu.com saya tidak terdaftar dalam record DNS Zone pada CPANEL saya. Wah wah wah. Mungkin tidak sengaja saya telah menghapus rekord nya.

DNS WEB SAYA TERHAPUS

Setelah saya mengetahui dari Customer Service Hosting kalau record DNS terhapus, maka saya coba mendaftarkan alamat untuk domain saya, yakni (contoh) www.anu.com dan saya tambahkan alamat IP dimana saya sewa hostingnya menyamakan dengan setting pada list DNS ZONEmilik CPANEL saya.

Dan benar, setelah saya tambahkan record baru, tiba-tiba blog saya sudah bisa dibuka.

Terima kasih CS IDWEBHOST, info anda sangat membantu saya , seorang blogger pemula untuk mempelajari soal per DNS an dan pelajaran lainnya.

<BACA LAGI>

(Visited 1 times, 1 visits today)

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment