AMPLI GITAR RICKENBACKER RG7

Ampli Gitar RICKENBACKER dengan seri RG7 adalah ampli gitar dengan daya lumayan kecil untuk ukuran panggung, yakni 24Watt.

Pertama nemu ampli ini adalah saat kelayapan di internet dan mencoba mencari apa saja sih varian dari RG series milik Rickenbacker ini. Salah satunya ya RG7 ini.

AMpli ini rupanya masih menggunakan metoda OTL amplifier, yakni ampli denga menggunakan elco untuk kopling output ke Spiker. Supplay yang dipakai adalah dari travo 42VAC ( atau 21 VAC terhadap CT ) dan selanjutnya di searahkan oleh 2 Dioda saja, sehingga hanya ada 1 tegangan supplay saja.

Berikut ini adalah hasil pangkasan dari ampli gitar ini.

PREAMP GITAR

PANEL DEPAN SOKET INPUT RG7

Pada gambar diatas ada disebutkan ada 2 soket input, yakni High dan Low. Setelah diteliti maka skema nya adalah seperti dibawah ini:

preamp rickenbacker rg7
KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR

Yang membikin beda hanya resistor yang disambung seri dengan soket inputnya! Pada saat 2 soket tidak terpakai, maka pin + nya terhubung ke ground. Ini berarti jika ketika soket LO diberi jack input, maka tegangan input menjadi berkurang karena sebagian dibuang ke Ground lewat R2.Demikian sebaliknya, jika menggunakan inputan HI, maka yang dibuang ke ground via R1 hanya sebagian saja.

R4, R5 dan R11,R12 adalah resistor untuk biasing ke OPAMP. Kenapa demikian? ya. Karena OPAMP tidak memakai tegangan simetris untuk supplainya. sebagai gantinya, ya harus dibuatkan sebuah seri resistor sebagai ganti tegangan biasnya. Itulah kenapa setiap OPAMP yag menggunakan tegangan asimetris selalu melibatkan elco untuk block DC seperti pada C2,C3 dan C6,C9.

TONE KONTROL

Berikut ini adalah potongan foto dari Ampli Gitar RICKENBACKER RG7 ini:

Tone control pada Rickenbacker RG7

Selanjutnya berikut ini adalah skema dari 3 potensio tersebut:

TONE KONTROL RICKENBACKER RG7
KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR

Tone control pada ampli gitar ini sepertinya masih menggunakan metoda Gain dengan ditambahi komponen filter tiap kanal frekwensinya. Pada kanal bass, menggunakan metoda filter RC dengan R17,C11, dan R22. Pada kanal middle menggunakan R18, C12, C13, dan R21. Pada kanal treble memakai C14 dan C20.

POWER AMPLIFIER

Selanjutnya adalah skema Power Amplifier. Berikut ini adalah skema Power amplifiernya:

POWER AMPLIFIER RICKENBACKER RG7
GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR

Power Amplifier ini masinh menggunakan metoda OTL ( Output Transformer Less, yakni dimana amplifier ini menggunakan kopling output sebuah kapasitor dengan nilai besar untuk meloloskan arus aac dan memblokir arus DC.

Transistor Final menggunakan pasangan nomer 2N4918 dan 2N4921 yang menurut datasheetsnya adalah cuman 30Watt. Sangat kecil untuk ukuran panggung.

yohan Indrawijaya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment